Akar Tunggang

Posted on

Akar Tunggang – Salah satu dalam sebuah organ tanaman yang biasanya dapat berkembang di bawah permukaan tanah dan merupakan dasar utama untuk tanaman yang berasal dengan biji.

Berdasarkan adanya sebuah jenis dan bentuk percabangan, akar keran dapat dibagi menjadi dua kategori, yakni akar tunggang dan akar keran bercabang yang tidak bercabang.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Akar Tunggang. Untuk ulasan selengkapnya, yyuukk… Simak sebagai berikut.

Apa yang di maksud dengan Akar Tunggang ?

Akar Tunggang adalah adanya sebuah akar utama atau akar primer yang telah berasal dari suatu biji. Benih-benih itu telah berkecambah dan membentuk akar lembaga, yang kemudian tumbuh menjadi akar primer.

Tanaman yang berkembangbiak melalui biji harus memiliki akar tunggang. Jenis akar yang satu ini adalah akar tanaman yang memiliki akar primer atau akar utama yang tersangkut di tanah. Akar utama juga tumbuh dan memiliki cabang yang ukurannya yakni begitu sangat berbeda dari cabang akar.

Akar-Tunggang

Akar tunggang merupakan salah satu organ tanaman yang biasanya telah berkembang di bawah suatu permukaan tanah dan termasuk dalam suatu dasar utama bagi tanaman yang berasal dari suatu biji. Bibit tanaman yang berakar pertama kali berkecambah dan telah membentuk sebuah akar lembaga.

Setelah melalui sebuah fase pertumbuhan dan perkembangan yang cukup, akar lembaga yakni menjadi akar utama atau primer. Taproot ini juga sering disebut sebagai akar besar.

Baca Juga :  Hormon Giberelin

Ciri – Ciri Akar Tunggang

Akat tersebut yakni mempunyai beberapa karakteristik sehingga kita dapat dengan mudah mengenalinya. Sifat-sifat akar tersebut diantaranya ialah:

  • Ditemukan dalam sebuah tanaman dikotil (biji bengkok).
  • Akar cukup kuat untuk mendukung struktur tanaman sehingga stabil meskipun ada angin kencang.
  • Mempunyai sebuah akar primer (Akar primer ialah akar yang terus tumbuh dan tumbuh memanjang, akar ini adalah akar utama yang mendukung. Akar primer sering disebut sebagai akar tap atau akar institusional. Akar sekunder ialah akar yang berasal dari atau dapat tumbuh dari akar lain akar cabang.)
Contoh-Akar-Tunggang

Contoh Tumbuhan Berakar Tunggang

Terdapat beberapa contoh dalam sebuah tumbuhan akar ini, daiantaranya ialah sebagai berikut:

1. Akasia

Pohon akasia ini memiliki batang besar dan juga banyak digunakan dalam industri kerajinan dan mebel. Akar tanaman akasia ini meruncing, memutih ke akar kecoklatan dengan panjang 5 hingga 10 meter atau lebih dan juga bisa mencapai kedalaman 3 hingga 5 meter.

Batang pohon memanjang dengan diameter 10 hingga 20 cm atau lebih, dengan adanya sebuah permukaan kasar dan duri yang tajam. Batang akasia dapat mencapai ketinggian sekitar 15 hingga 20 m.

2. Pohon Jeruk

Pohon jeruk tersebut ialah semak atau semak besar dan memiliki ketinggian kira-kira 2 hingga 15 m. Batang atau cabang berduri panjang, namun tidak keras atau rapat. Daunnya adalah daun tunggal yang bundar berwarna hijau dengan tepi rata, permukaan halus dan agak berminyak. Jeruk tersebut yakni bisa berada di ketinggian sekitar 0 hingga 400 m di atas permukaan laut. tumbuh baik dengan suhu antara 25 °C hingga 30 °C.

3. Jambu Biji

Pohon jambu tersebut adalah adanya sebuah tumbuhan pohon tropis dengan batang bercabang. Daunnya yakni sederhana dan juga menyirip hijau. Buahnya berdaging putih atau merah dan memiliki banyak biji. Pohon jambu biji memiliki ketinggian kira-kira 5-6 meter.

Baca Juga :  Kingdom Plantae

4. Pohon Asam

Pohon asam tumbuh tinggi dan besar. Biji sering digunakan sebagai bumbu atau obat. Daunnya juga bisa digunakan sebagai tanaman obat. Pohon ini memiliki sistem akar tunggang, dengan akar perangkat (radicula) tumbuh terus menerus. Ini menjadi akar utama, yang bercabang yakni telah menjadi akar yang lebih kecil.

5. Pohon Beringin

Pohon beringin besar dan tinggi dan bisa mencapai 15-20 meter. Mempunyai batang besar dengan akar keran yang sangat kuat dan daun yang rimbun. Diameter batang tersebut yakni bisa 2 m lebih banyak di ketinggian hingga sekitar 25 m.

Pohon beringin tersebut yakni bisa berkembang biak dengan biji dan juga mempunyai akar gantung yang mempunyai fungsi seperti akar bakau, yaitu untuk alat menghirup tanaman.

Baca Juga :

Demikian pembahasan kali ini, kami telah menjelaskan yakni mengenai Akar Tunggang. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.