Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli

Posted on

GuruAkuntansi.co.id Pada kesempatan kali ini akan membagikan rangkuman tentang pengertian akuntansi biaya menuru para ahli sampai dengan tujuan dari akuntansi biaya itu sendiri, selamat membaca semoga diberikan kemudahan dalam memahami bahasan kali ini …

Pengertian Akuntansi Biaya

Akuntansi Biaya adalah suatu proses mengumpulkan, mencatat, mengelompokkan, menganalisis, mengikhtisarkan, mengalokasi, dan mengevaluasi berbagai alternatif tindakan dan pengendalian biaya.

Fungsi akuntansi biaya adalah memberi saran kepada manajer tentang tindakan yang paling efisien dalam hal biaya untuk memproduksi suatu barang atau jasa.

Akuntansi biaya memberikan informasi biaya yang lebih mendetail yang diperlukan oleh manajer untuk mengendalikan operasional saat ini dan rencana di masa depan. Untuk lebih memahami tentang konsep akuntansi biaya.

akuntansi biaya menurut para ahli
akuntansi biaya menurut para ahli

Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli:

Menurut Abdul Halim

Akuntansi biaya adalah akuntansi yang membicarakan tentang penentukan harga pokok (cost) dari suatu produk yang diproduksi (atau dijual di pasar) baik untuk memenuhi pesanan dan pemesan maupun untuk menjadi persediaan barang dagangan yang akan dijual.

Menurut Kholmi dan Yuningsih (2009:1)

Akuntansi biaya adalah proses pelacakan, pencatatan, pengalokasian, pelaporan, dan analisis terhadap berbagai macam biaya yang berhubungan dengan aktivitas atau kegiatan suatu perusahaan atau organisasi untuk menghasilkan barang dan jasa.

Menurut Mulyadi ( 1999 ; 6 )

Akuntansi biaya adalah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk atau jasa, dengan cara – cara tertentu, serta penafsiran terhadapnya.

Menurut R.A Supriyono ( 2000 ; 21 )

Akuntansi biaya adalah salah satu cabang akuntasi yang merupakan alat manajemen dalam memonitor dan menekan transaksi biaya secara sistematis, serta menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya.

Menurut Schaum

Akuntansi biaya adalah suatu prosedur untuk mencatat dan melaporkan hasil pengukuran dari biaya pembuatan barang atau jasa. Fungsi utama dari Akuntansi Biaya: Melakukan akumulasi biaya untuk penilaian persediaan dan penentuan pendapatan.

Menurut Carter dan Usry

Akuntansi biaya adalah penghitungan biaya dengan tujuan untuk aktivitas perencanaan dan pengendalian, perbaikkan kualitas dan efisiensi, serta pembuatan keputusan yang bersifat rutin strategis.

Akuntansi biaya adalah suatu bidang akuntansi yang diperuntukkan bagi proses pelacakan,pencatatan,dan analisis terhadap biaya-biaya yang berhubungan dengan aktivitas suatu organisasi untuk menghasilkan barang atau jasa.

Baca Juga :  Biaya Mutu (the cost of quality)

Biaya didefinisikan sebagai waktu dan sumber daya yang dibutuhkan dan menurut konvensi diukur dengan satuan mata uang.pengunaan kata beban adalah pada saat biaya sudah habis terpakai.

Adapun akuntansi yang membicarakan tentang penentuan harga pokok (cost) dari suatu produk yang diproduksi atau dijual dipasar baik untuk memenuhi pesan dari pemesan maupun untuk menjadi persediaan barang dagangan yang akan dijual.

Rayburn yang diterjemahkan oleh Sugyarto (1999)

Akuntansi biaya adalah mengidentifikasikan, mendefinisikan, mengukur, melaporkan, dan menganalisis berbagai unsur biaya langsung dan tidak langsung yang berkaitan dengan produksi serta pemasaran barang dan jasa (h.3).

Bastian dan Nurlela (2006)

Akuntansi biaya adalah suatu bidang akuntansi yang mempelajari bagaimana cara mencatat, mengukur, dan melaporkan tentang informasi biaya yang digunakan (h.2).

Horngren,Desi Adhariani (2005)

Akuntansi Biaya menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan.

Akuntansi biaya mengukur dan melaporkan setiap informasi keuangan dan non keuangan yang terkait dengan biaya perolehan atau pemanfaatan sumber daya dalam suatu organisasi (h.3).

Tujuan Akuntansi Biaya

Menurut Bastian dan Nurlela (2009), tujuan dari adanya akuntansi biaya adalah untuk menyajikan informasi keuangan yang akurat dan tepat yang dibutuhkan oleh pihak manajemen yang mengelola sebuah perusahaan secara efektif.

Oleh sebab itu, diperlukan pengelompokan dari tujuan tersebut apakah sudah sesuai dengan informasi yang digunakan sehingga pengelompokan biaya dapat menggunakan konsep different course different cost.

Baca Juga :

Demikian pendapat para ahli yang bisa kami rangkum dan bagikan smoga dapat bermanfaat

Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli
5 (100%) 1 vote[s]