Akuntansi Pemerintahan

Posted on

GuruAkuntansi.co.id Kali ini akan membahas mengenai apasih yang dimaksud dengan Akuntansi Pemerintahan dan Apa contoh dari Akuntansi Pemerintahan? Ketika suatu pemerintahan ingin menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance),

Pemerintah membutuhkan informasi yang memadai atas pengolaan aset dan sumber daya keuangan yang mampu menunjang transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolahannya.

Berikut penjelasan seputar pengertian dari akuntansi pemerintahan, serta peranan dari akuntansi pemerintahan dan karakteristik akuntansi pemerintah.

Manfaat akuntansi pemerintahan biasanya lebih di tekankan dalam pencatatan, pelaksanaan anggaran Negara dan  pelaporan realisasinya. Karena fungsinya yang sedemikian rupa maka dapat disebut juga akuntansi anggaran.

Pengertian Akuntansi Pemerintahan

Akuntansi Pemerintahan

Akuntansi pemerintahan merupakan suatu jenis akuntansi yang di laksanakan oleh unit organisasi pemerintah. Dan Pengertian akuntansi pemerintahan menurut Arifin Sabeni dan Imam Ghazali yaitu sebagai berikut:

Dalam dunia akuntansi pemerintahan, data di gunakan untuk dapat memberikan informasi mengenai transaksi ekonomi dan keuangan.

Menurut Baswir

Pengertian Akuntansi Pemerintahan adalah “Akuntansi Pemerintahan (termasuk di dalamnya akuntansi untuk lembaga-lembaga yang tidak bertujuan untuk mencari laba lainnya)”.

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2005 Mengenai Standar Akuntansi Pemerintahan Pasal 1 ayat 5 mendefinisikan SAP yaitu sebagai berikut :

Sistem Akuntansi Pemerintahan yaitu suatu kegiatan prosedur manual ataupun komputerisasi mulai dari proses pengumpulan data, pencatatan, pengikhtisaran dan pelaporan posisi keuangan dan badan operasi keuangan pemerintah.

Menurut Robert J. Freeman

“integral branch of the accounting discipline. which was founded on the basic concepts and corvention that underlie overall accounting disciplines and share much about the characteristics of commercial accounting”.

Akuntansi yang melengkapi disiplin ilmu akuntansi yang berkonsep yang bisa mendasari disiplin akuntansi sebagai suatu keutuhan dan dapat memisahkan berbagai karateristik dengan akuntansi bisnis.

Baca Juga :  Pengertian Kurva Permintaan & Penawaran

Peranan Akuntansi Pemerintahan

  • Akuntabilitas Mempertanggung jawabkan pengelolahan sumber daya serta pelaksanaan kebijakan yang dipercayakan kepada entitas pelaporan untuk sampai pada tujuan yang telah ditetapkan secara periodik.
  • Manajemen Membantu para nasabah untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan suatu entitas pelaporan dalam periode pelaporan sehingga dapat memudahkan dalam fungsi perencanaan, pengelolaan dan pengendalian atas seluruh aktifa, kewajiban, dan ekuitas dana pemerintah untuk kepentingan masyarakat banyak.
  • Transparansi, Memberikan suatu informasi keuangan yang terbuka dan jujur kepada masyarakat berdasarkan pertimbangan bahwa masyarakat memiliki hak untuk dapat mengetahui secara terbuka dan menyeluruh atas pertanggung jawaban pemerintah dalam pengelolaan sumber daya yang sudah dipercayakan kepadanya dan ketaatannya pada peraturan perundang-undangan.
  • Keseimbangan Antargenerasi (Intergenerational Equity) Membantu para nasabah untuk mengetahui kecukupan penerimaan pemerintah pada periode pelaporan untuk bisa membiayai seluruh pengeluaran yang dialokasikan dan apakah generasi yang akan datang diasumsikan akan ikut dalam menanggung beban pengeluaran tersebut.

Karakteristik Akuntansi Pemerintah

  • Pemerintah tidak berorientasi pada laba sehingga didalam akuntansi pemerntah tidak ada laporan laba (income statement) dan treatment akuntansi yang berkaitan.
  • Pemerintah membukukan anggaran ketika anggaran tersebut dibukukan. Anggaran adalah hal yang penting bagi pemerintah karena menjadi dasar dalam pelaksanaan kegiatan.
  • Didalam akuntansi pemerintah dimungkinkan dapat mempergunakan lebih dari satu jenis dana. Volume transaksi dari setiap jenis dana dalam akuntansi pemerintah sangat lumayan banyak sehingga perlu dibentuk satu dana tersendiri.
  • Akuntansi pemerintah akan membukukan pengeluaran modal seperti untuk membangun gedung atau mengadakan kendaraan dalam perkiraan neraca dan hasil operasional.
  • Akuntansi pemerintah bersifat sangat kaku karena hanya bergantung pada peraturan perundang- undangan.
  • Akuntansi pemerintah tidak kenal tentang perkiraan modal dan laba ditahan di neraca”.
Baca Juga :  Pengertian Jurnal Penutup

Demikian pembahasan dari kami mengenai pengertian akuntansi pemerintahan serta contohnya, semoga pemahasan kali ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.

Baca Juga :

Akuntansi Pemerintahan
5 (100%) 1 vote[s]