Analis Keuangan Adalah, Ketahui Defisini Dan Tugasnya

Posted on

Peran analis keuangan adalah sebagai pemantau kondisi keuangan yang berguna untuk mengantisipasi risiko kerugian di dalam perusahaan. Tentu saja posisi ini sangat dibutuhkan dalam sektor keuangan perusahaan. Artikel ini akan membahas tentang peran analis keuangan yang akan membuat wawasan kamu bertambah.

Kedudukan Analis Keuangan Berperan Penting dalam Memantau Keuangan

Posisi analis keuangan di sebuah perusahaan sangat penting terutama di dalam sektor keuangan. Hal itu disebabkan karena analis keuangan memiliki tujuan untuk memantau kondisi keuangan sehingga dapat berguna menghindari perusahaan akan risiko kerugian. Berikut adalah penjelasan alur lengkap mengenai tanggung jawab analis keuangan adalah.

Bertugas Mengumpulkan Seluruh Informasi dan Data

Fungsi atau tugas yang pertama adalah mengumpulkan seluruh informasi dan data yang dibutuhkan. Contohnya laporan historis keuangan, harga saham statistic, akuntansi buku besar, data ekonomi makro dan riset industri serta semua data kuantitatif lainnya.

Mengatur Data Informasi

Setelah seorang analis keuangan mengumpulkan seluruh data dan menginputnya ke excel atau database lainnya, selanjutnya data tersebut dibersihkan dan dimasukkan ke dalam format tertentu supaya mudah untuk dipahami.

Hal ini dilakukan supaya dapat mengurutkan angka berdasarkan data, kategori, penambahan rumus atau fungsi, serta memastikan format laporan tersebut dilakukan konsisten agar mudah untuk dipahami dan dibaca.

Baca Juga :  Berapa Gaji Supervisor dan Tunjangan-nya?

Mengetahui Hasil Analisis Keuangan

Setelah data pada excel telah rapi, selanjutnya adalah mulai menganalisis informasi data historis yang telah lalu. Contohnya adalah analisis keuangan rasio margin kotor, margin bersih, biaya tetap atau variabel, tingkat pertumbuhan laba atas ekuitas, asset, rasio utang atau ekuitas dan saham Earning Per Share (EPS).

Lalu selanjutnya yaitu memprediksi informasi historis yang sudah dianalisis dan memperkirakan hasil kinerja perusahaan di masa mendatang. Perlu diketahui bahwa metode prediksi ini meliputi kegiatan analisis regresi dan tingkat pertumbuhan laba.

Memberikan Hasil Rekomendasi dan Membuat Hasil Model Excel

Posisi sebagai analis keuangan ini tidak hanya harus ahli di angka saja, tetapi juga memiliki wawasan yang luas dan memiliki solusi untuk meningkatkan perusahaan. Contoh tugasnya adalah dengan merekomendasikan solusi agar bisa memotong atau memangkas biaya.

Analis keuangan juga harus jeli untuk melihat peluang guna meningkatkan pendapatan, meningkatkan produk di pangsa pasar dan menambah efisiensi kepuasan pelanggan. Demi membuat hasil analisis keuangan menjadi bentuk excel keuangan adalah bagian yang sangat penting.

Contohnya adalah model perencanaan internal (budget management), memberikan diskon analisis arus kas (model DCF) dan model LBO (Leveraged buyout) serta model M&A (mergers and acquisitions)

Membuat Presensi dan Menghasilkan Laporan untuk Internal

Analis keuangan yang telah selesai dan menghasilkan laporan dan analisis yang sudah dilakukan, selanjutnya menginput data tersebut ke dalam bentuk power point. Hal itu bertujuan untuk dijadikan grafik supaya dapat dipresentasikan di depan manajemen perusahaan.

Hal yang paling penting bagi seorang analis keuangan ini adalah hasil laporan internal, diharapkan dapat melacak analisis secara aktual serta anggaran perusahaan. Tentu saja ini juga bermanfaat bagi perusahaan serta klien yang ingin mengetahui informasi tersebut, mudah dimengerti, tepat waktu, akurat dan berwawasan luas.

Baca Juga :  Berapa Gaji Karyawan PT Elnusa?

Kemampuan yang Dibutuhkan Sebagai Analis Keuangan Adalah Melalui Hard Skill dan Soft Skill

Ketika Anda sudah mengetahui tugas analis keuangan, maka sebaiknya Anda memiliki skill sebagai profesi analis keuangan di perusahaan. Perlu diketahui, posisi ini membutuhkan hard skill dan soft skill agar menjadi lebih professional. Berikut adalah ulasan mengenai kebutuhan skill yang dibutuhkan oleh analis keuangan.

Hard Skill

Kemampuan hard skill yang dibutuhkan sebagai analis, antara lain adalah dapat menganalisis data dan menghasilkan Model Excel Keuangan. Selain itu kemampuan menganalisis statistik, memahami akuntansi biaya, memiliki perencanaan keuangan, menganalisa kebutuhan perusahaan, memahami matematika dan menggunakan software keuangan.

Lebih dari itu, masih ada hard skill lain yang dapat memenuhi syarat menjadi analis keuangan. Diantaranya adalah menganalisis peramalan dan memprediksi sektor keuangan, memberikan hasil laporan data keuangan, menganalisis tren dan identifikasi pola masa depan dan menjaga rahasia keuangan perusahaan.

Soft Skill

Selain memiliki hard skill, penting pula memiliki soft skill yang dapat menunjang kinerja kamu. Yaitu memiliki kemampuan komunikasi yang handal, mempunyai pola pikir analitis, berpikir secara kritis, mampu bekerja sama dalam tim yang menghasilkan kemampuan berorganisasi. Selanjutnya adalah memiliki ketepatan waktu atau pekerjaan, lebih berorientasi pada detil serta tujuan, hingga memahami akuntabilitas.

Kunci Sukses Analis Keuangan Adalah Hal yang Penting Diperhatikan.

Seorang dengan kriteria tertentu akan bisa menunjukkan kelayakannya di suatu tempat maupun organisasi. Ada tiga hal yang perlu diperhatikan sebagai seorang analis keuangan adalah sebagai berikut.

Memiliki Keahlian Analisis serta Mempunyai Sertifikasi

Salah satu tugas penting pekerjaan itu adalah menganalisis keuangan dan memiliki beberapa keahlian dan sertifikasi keahlian yang dapat menambah daya tarik perusahaan. Sementara keahlian lainnya adalah mahir menggunakan komputer dan internet, serta memiliki keahlian berbahasa asing terutama bahasa Inggris.

Baca Juga :  Berapa Gaji Karyawan PT Cheil Jedang Indonesia?

Dapat Melakukan Tugas Secara Cepat dan Tepat

Kemampuan lainnya yang tak kalah penting adalah dapat melakukan tugas dengan cepat dan tepat. Hal ini bertujuan agar pekerjaan tersebut dapat menghasilkan laporan yang diinginkan oleh perusahaan secara efektif dan efisien.

Memiliki Ketelitian dan Cermat

Selain kemampuan di atas, seorang analis keuangan juga dituntut untuk teliti dan cermat. Bahkan itu menjadi syarat penting, karena data keuangan sangat berkaitan dengan kondisi perusahaan saat itu. maka dibutuhkan keahlian analis untuk menelurkan saran dan solusi yang tepat dan cepat bagi perusahaan

Poin Penting

Analis keuangan adalah profesi yang memiliki peran yang sangat penting bagi perusahaan. Karena kehadirannya begitu berguna untuk melakukan pekerjaan berupa analisis data keuangan.

Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk melakukan perencanaan keuangan perusahaan agar laporan tersebut menjadi lebih rapi dan mudah untuk dipahami. Peran sebagai analis keuangan secara tidak langsung dapat membantu perusahaan agar lebih mudah menentukan kondisi finansial perusahaan secara menyeluruh.

Menjadi seorang analisis keuangan sangat penting memperhatikan kebutuhan kemampuan kamu untuk bisa menjalankan pekerjaan semaksimal mungkin. Selain kemampuan itu, analis keuangan harus memiliki keahlian penelitian kuantitatif, kemampuan problem solving atau memecahkan masalah, kemampuan public speaking terutama bahasa Inggris dan memiliki wawasan yang luas.

Penutup

Seorang analis keuangan memiliki tugas yang besar dan penting. Yaitu memonitoring, menganalisis hingga mengevaluasi hasil laporan keuangan secara detail. Tentunya hal itu akan membantu dalam pengambilan keputusan keuangan perusahaan.

Bersama dengan membaca artikel ini, kamu dapat memahami tugas profesi analis keuangan adalah sebagai pemantau kondisi keuangan yang berguna untuk mengantisipasi risiko kerugian di dalam perusahaan.

Beberapa bagian juga menjelaskan tentang kemampuan wajib yang harus dimiliki oleh analis keuangan yang meliputi hard skill dan soft skill, serta kunci sukses menjadi seorang analis keuangan. Demikianlah penjelasan yang sedikit banyak akan membuat kamu memahami tentang profesi analis keuangan.