Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham

Posted on

GuruAkuntansi.co.id Kali ini akan membahas tentang analisis dan juga faktor-faktor yang dapat mempengaruhi harga saham. Berikut penjelasannya…

Analisis Harga Saham

Harga saham di bursa efek akan ditentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran. Ketika permintaan untuk saham meningkat, maka harga saham akan cenderung meningkat.

Sebaliknya, ketika lebih banyak orang menjual saham ini dibandingkan dengan orang yang tertarik untuk membelinya, maka harga saham cenderung menurun.

analisis harga saham

Analisis harga saham secara umum dapat dilakukan oleh investor dengan memperhatikan dua pendekatan dasar, yaitu:

1. Analisis Teknikal

Analisis teknikal merupakan upaya untuk memperkirakan harga saham dengan cara mengamati perubahan yang terjadi pada harga saham di masa lalu (Husnan, 2005: 349).

Menurut Sutrisno (2005: 330)

Analisis teknikal adalah pendekatan investasi dengan mempelajari data historis dari harga saham dan menghubungkannya dengan volume perdagangan yang terjadi dan kondisi ekonomi pada waktu itu.

Analisis ini hanya mempertimbangkan pergerakan harga tanpa memperhatikan kinerja perusahaan yang menerbitkan saham.

Pergerakan harga dikaitkan dengan peristiwa pada waktu itu seperti adanya pengaruh ekonomi, pengaruh politik, pengaruh laporan perdagangan, pengaruh psikologis dan pengaruh masalah lain

Analisis teknikal juga merupakan upaya untuk menentukan kapan investor harus membeli, menjual atau mempertahankan saham mereka dengan menggunakan indikator teknis atau menggunakan analisis grafik.

Indikator teknis yang digunakan adalah moving average (tren yang mengikuti pasar), volume perdagangan,  dan shortinterest ratio.

Sementara analisis grafik diharapkan dapat mengidentifikasi berbagai pola seperti key reservalhead and shoulders dan sebagainya.

Baca Juga :  Pengelompokan Jenis Pajak

Analisis ini menggunakan data pasar dari saham, seperti harga dan volume transaksi penjualan saham untuk menentukan nilai saham.

2. Analisis Fundamental

Analisis fundamental adalah faktor yang berkaitan erat dengan kondisi perusahaan, yaitu kondisi manajemen organisasi sumber daya manusia dan kondisi keuangan perusahaan yang tercermin dalam kinerja keuangan perusahaan.

Menurut Husnan (2005: 315)

Analisis fundamental mencoba untuk memperkirakan harga saham di masa depan dengan memperkirakan nilai faktor fundamental yang mempengaruhi harga saham di masa depan dan menentukan hubungan variabel-variabel ini sehingga estimasi harga saham diperoleh.

Analisis ini sering disebut sebagai share price forecasting dan sering digunakan dalam berbagai pelatihan analisis efek. Langkah paling penting dalam analisis ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor fundamental yang diharapkan mempengaruhi harga saham.

Faktor yang dianalisis adalah yang berhubungan dengan kondisi perusahaan, yang meliputi kondisi manajemen, organisasi, sumber daya manusia, dan keuangan perusahaan yang tercermin dalam kinerja perusahaan.

Menurut Sutrisno (2005: 331)

Analisis fundamental adalah pendekatan analisis harga saham yang berfokus pada kinerja perusahaan yang menerbitkan saham dan analisis ekonomi yang akan mempengaruhi masa depan perusahaan.

Analisis fundamental berfokus pada rasio keuangan dan peristiwa yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan.

Beberapa ahli berpikir teknik analisis fundamental lebih cocok untuk membuat keputusan dalam memilih saham perusahaan yang dibeli untuk jangka panjang.

Beberapa faktor utama atau fundamental yang mempengaruhi harga saham adalah penjualan, pertumbuhan penjualan, operasi perusahaan, laba, dividen, Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), perubahan manajemen, dan pernyataan yang dibuat oleh manajemen perusahaan.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Saham

Faktor-faktor yang mempengaruhi fluktuasi harga saham dapat berasal dari internal dan eksternal. Harga saham yang terjadi pada bursa efek selalu berfluktuasi dari waktu ke waktu.

Baca Juga :  Pengertian Baitul Maal Wat Tamwil (BMT)

Fluktuasi harga saham akan ditentukan oleh kekuatan penawaran dan permintaan. Jika jumlah tawaran lebih besar dari jumlah permintaan, secara umum harga saham akan turun.

Sebaliknya, jika jumlah permintaan lebih besar dari jumlah penawaran untuk suatu efek, harga saham cenderung naik. Faktor-faktor yang mempengaruhi fluktuasi harga saham dapat berasal dari perusahaan internal dan eksternal.

Menurut Alwi (2008: 87), faktor-faktor yang mempengaruhi pergerakan harga saham adalah:

1. Faktor Internal

  • Pengumuman tentang pemasaran, produksi, penjualan seperti iklan, perincian kontrak, perubahan harga, penarikan produk baru, laporan produksi, laporan keamanan produk, dan laporan penjualan.
  • Pengumuman pembiayaan (financing announcements), seperti pengumuman yang berhubungan dengan ekuitas dan hutang.
  • Pengumuman direktur manajemen (management board of director announcements) seperti perubahan dan perubahan direksi, manajemen, dan struktur organisasi.
  • Pengumuman pengambilalihan yang terdiversifikasi, seperti laporan merger, investasi ekuitas, mengambil alih laporan dengan akuisisi dan akuisisi.
  • Pengumuman investasi(investment announcements), seperti memperluas pabrik, mengembangkan penelitian dan menutup bisnis lain.
  • Pengumuman tenaga kerja (labour announcements), seperti negosiasi baru, kontrak baru, pemogokan dan banyak lagi.
  • Pengumuman laporan keuangan perusahaan, seperti perkiraan laba sebelum akhir tahun fiskal dan setelah akhir tahun fiskal, Laba Per Saham (EPS), Dividen Per Saham (DPS), rasio penghasilan harga, margin laba bersih, laba atas aset (ROA), dll. lainnya.

2. Faktor Eksternal

  • Pengumuman dari pemerintah seperti perubahan suku bunga pada tabungan dan deposito, nilai tukar mata uang asing, inflasi, dan berbagai peraturan ekonomi dan deregulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah.
  • Pengumuman hukum (legal announcements), seperti tuntutan karyawan untuk perusahaan atau manajer mereka dan tuntutan perusahaan terhadap manajer mereka.
  • Pengumuman industri sekuritas (securities announcements), seperti laporan pertemuan tahunan, perdagangan orang dalam, volume atau harga saham perdagangan, pembatasan/penundaan perdagangan.
  • Gejolak politik domestik dan fluktuasi nilai tukar juga merupakan faktor yang memiliki pengaruh signifikan terhadap terjadinya pergerakan harga saham di bursa saham suatu negara.
  • Berbagai masalah baik dari dalam maupun luar negeri.
Baca Juga :  Pengertian Kebijakan Fiskal

Baca dulu :

Demikianlah pembahasan tentang analisis dan juga faktor-faktor yang dapat mempengaruhi harga saham. Semoga bermanfaat.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham
5 (100%) 2 vote[s]