Pengertian Analisis SWOT

Posted on

GuruAkuntansi.co.id Kali ini akan membahas tentang analisis SWOT yang merupakan singkatan dari (Strength, Weaknes, Opportunities, dan Threats) beserta unsur-unsur apa saja yang membentuk SWOT, faktor-faktor yang mempengaruhi analisis SWOT, dan juga Contohnya. Mari kita simak penjelasanya.

Pengertian Swot

SWOT merupakan singkatan dari Strength (Kekuatan), Weaknes (Kelemahan), Opportunities (Peluang) dan Threats (Ancaman).

Yang artinya suatu teknik perencanaan strategi yang bermanfaat untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang,

dan juga ancaman dalam sebuah proyek, baik itu proyek baru yang sedang dalam tahap perencanaan ataupun proyek yang sedang berjalan.

Analisis SWOT ini selain dapat digunakan alam bisnis, bisa juga digunakan dalam hal pengembangan karir diri pribadi kita sendiri.

Albert S Humphrey pertama kali memperkanalkan Analisis SWOT ini pada tahun 1960-an, dalam rangka memimpin proyek riset di Stanford Research Institute yang menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Unsur-unsur Swot

pengertian analisis swot

Seperti namanya analisis SWOT mengandung empat unsur yaitu Strength (Kekuatan), Weaknes (Kelemahan), Opportunities (Peluang) dan Threats (Ancaman). Penjelasannya sebagai berikut:

1. Strength (Kekuatan)

Unsur ini menganalisis kekuatan yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Seperti menganalisis tentang kelebihan apa saja yang dimiliki perusahaan dilihat dari segi lokasi strategis,

kualitas hasil produksi, teknologi yang digunakan, atau kelebihan lainnya yang menekankan pada keunggulan perusahaan tersebut.

Dalam analisis SWOT biasanya perusahaan akan membuat daftrar kekuatan sebanyak mungkin untuk upaya kompetisi.

2. Weakness (Kelemahan)

Kelemahan yang dimiliki perusahaan juga sangat penting untuk diketahui. Untuk mengetahinya perusahaan dapat melakukan perbandingan dengan para pesaingnya seperti apa yang dimiliki perusahaan lain tetapi tidak dimiliki perusahaan sendiri.

Baca Juga :  Pemasaran (Marketing Concept) Menurut Para Ahli

Untuk membuat daftar kelemahan perusahaan agar lebih obyektif bisa dilakukan dengan cara melakukan testimoni konsumen, biasanya konsomen lebih mengetahui kekurangan dari suatu perusahaan.

3. Opportunities (Peluang)

Pada saat awal membangun sebuah bisnis perusahaan biasanya membuat unsur peluang terlebih dahulu. Karena pada dasarnya sebuah bisnis dibangun karena adanya peluang atau kesempatan untuk menghasilkan keungtungan.

Unsur peluang ini termasuk daftar apa saja yang memungkinkan bisnis mampu bertahan dan diterima oleh masyarakat, baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang.

4. Threats (Ancaman)

Sangat penting untuk melakukan analisis terhadap unsur ancaman, dikarenakan unsur ini menentukan apakah sebuah bisnis dapat bertahan lama atau tidak.

Hal yang termasuk dalam unsur ancaman ini yaitu, ketersediaan sumber daya, jangka waktu minat konsumen, banyaknya pesaing, dan sebagainya.

Faktor Yang Mempengaruhi Analisis SWOT

Faktor-faktor pokok yang mempengaruhi dalam analisis SWOT ada 2, diantaranya:

1. Faktor Internal (Strength dan Wakness)

Terdapat 2 poin di dalam faktor internal ini yaitu kekuatan (stength) dan kelemahan (weakness).

Keduanya berdampak lebih baik apabila dalam sebuah penelitian kekuatan lebih besar dari kelemahannya. Dengan begitu kekuatan internal yang maksimal akan memberikan hasil penelitian yang lebih baik.

Bagian-bagian dari faktor internal itu sendiri yaitu:

  • Keungan/Finansial
  • Sumber daya
  • Kelebihan atau kelemahan internal organisasi
  • Pengalaman-pengalaman organisasi sebelumnya (baik itu gagal maupun yang berhasil)

2. Faktor Eksternal (Opportunities dan Threats)

Faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar entitas yang tidak secara langsung terlibat dalam penelitian yang terdiri dari 2 poin yaitu, peluang (opportunities) dan ancaman (threats).

Peluang dan ancaman tentu akan memberikan data yang harus dimasukkan dalam jurnal penelitian sehingga akan menghasilkan strategi untuk mengadapinya. Berikut ini beberapa poin yang termasuk dalam faktor eksternal:

  • Sumber-sumber permodalan
  • Peraturan pemerintah
  • Tren
  • Perkembangan teknologi
  • Sosial politik, ideologi, budaya, dan perekonomian
  • Persitiwa yang terjadi
  • Lingkungan
Baca Juga :  Contoh Surat Kuasa

Contoh Analisis SWOT

Berikut ini merupakan salah satu contoh analisa SWOT dalam sebuah rencana bisnis ekspor dari perusahaan Indochemical Agrotech terkait ekspor produk pupuk ke negara Malaysia.

Indochemical Agrotech Technology adalah usaha kecil dan menengah (IUKM) yang bergerak dalam bidang produksi pupuk dengan target pasar ekspor.

Analisis berdasarkan Faktor Internal Perusahaan:

Kekuatan (Strength):

  • Visi perusahaan didukung oleh latar belakang keilmuan
  • Perusahaan memiliki nilai sosial yang kuat
  • Kapasitas produksi cukup untuk memenuhi kebutuhan ekspor
  • Produksi bebas dari penggunaan bahan-bahan kimia
  • Berpotensi untuk mengembangkan produk hasil pertanian lainnya

Kelemahan (Weakness)

  • Belum mempunyai sertifikasi organik
  • perlu perbaikan dalam workshop permanen
  • Belum mempunyai pengalaman yang cukup dalam hal ekspor-impor berskala besar

Analisis berdasarkan Faktor Eksternal Perusahaan:

Peluang (Opportunities) :

  • Bahan baku dan sumber daya melimpah
  • Meningkatnya kebutuhan pupuk organik
  • Regulasi pupuk organik tidak begitu rumit untuk dapat masuk ke negara Malaysia

Ancaman (Threat) :

  • Negara China, Thailand, dan Belanda telah mendominasi pasar pupuk di Malaysia.
  • Pupuk vermikompos belum cukup dikenal pada level industri.

Baca juga :

Demikianlah pembahasan kali ini yang membahas tentang analisis SWOT (Strength, Weaknes, Opportunities, dan Threats) beserta unsur-unsur apa saja yang membentuk SWOT, faktor-faktor yang mempengaruhi analisis SWOT, dan juga Contohnya. Semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Pengertian Analisis SWOT
5 (100%) 1 vote[s]