Anatomi Jantung

Posted on

Anatomi Jantung – Memiliki tugas sebagai memompa dan menerima darah ke bagian seluruh tubuh. Organ ini sedikit lebih besar dari bsgisn kepalan tangan dan berat kira-kira 200 hingga 425 gram.

Lokasi pada sebuah jantung berada di antara paru-paru, di tengah dada, tepatnya di belakang kiri tulang dada. Jantung terletak dengan rongga berisi cairan yang disebut sebagai rongga perikardial.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menyampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Anatomi Jantung beserta fungsi-fungsinya. Untuk ulasan selengkapnya, yukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Jantung ?

Pengertian Jantung ialah adanya sebuah rongga organ berotot, yang dapat memompa darah melalui pembuluh darah melalui kontraksi berirama secara berulang.

Contoh-Jantung

Darah tersebut menyediakan sebuah oksigen dan nutrisi bagi tubuh dan membantu untuk menghilangkan sisa dalam metabolisme. Istilah hati berarti terkait dengan hati, dari kata Yunani Kardia sebagai jantung. Jantung termasuk salah satu organ manusia yang berperan dengan adanya sirkulasi. Letaknya agak ke kiri di bagian rongga dada.

Pada manusia, burung, dan mamalia, jantung yakni dapat dibagi menjadi empat segmen, yakni ventrikel kanan kiri serta atrium kanan kiri. Secara umum, ventrikel kanan dan atrium kanan dapat disebut sebagai jantung kanan dan sisanya disebut sebagai jantung kiri. Ikan dapat mempunyai dua segmen, yakni ventrikel dan atrium, sedangkan pada reptil mempunyai tiga segmen atau ruas.

Dengan jantung yang sehat, darah akan mengalir dalam satu arah dengan melalui pembuluh darah. Ada penutup pelindung yang melindungi perikardium, jantung, yang telah mengandung sejumlah kecil cairan di dalamnya. Dinding jantung yakni terdiri dari tiga lapisan, yakni epicardium, endokardium, dan miokardium.

Baca Juga :  Jaringan Epitel Pipih Selapis

Fungsi Jantung Bagi Manusia

Anatomi-Jantung

Jantung adalah sebuah organ penting dalam manusia. Berikut adalah fungsi jantung untuk manusia pada umumnya, ialah:

  • Ambil darah dari seluruh tubuh.
  • Membantu untuk mengukur jumlah darah yang telah dipompa dengan cara menghitung jumlah dalam detak jantung per menitnya.
  • Memompa darah dengan melalui pembuluh darah.
  • Ambil darah kaya oksigen dari paru-paru.
  • Mencegah darah miskin oksigen yang telah bercampur terhadap darah kaya oksigen.
    Memompa darah ke paru-paru sebagai mengambil sebuah oksigen.
  • Membantu untuk menghilangkan sisa dalam metabolisme.

Ketika dielaborasi lagi, setiap bagian hati mempunyai peran dan fungsinya tersendiri. Berikut ini menjelaskan fungsi jantung pada setiap bagian dan anatominya.

Proses Jantung

Jantung tersebut akan memompa darah melalui dua sistem peredaran darah. Darah yang berasal dari sebuah sistem sirkulasi besar yang telah mengandung sedikit oksigen dan melewati vena cava atas dan bawah ke kanan di ventrikel atrium kanan.

Dari sini, darah dapat dipompa ke sebuah paru-paru, di mana darah menerima oksigen dan meninggalkan karbon dioksida. Darah teroksigenasi kembali ke atrium kiri, melewati ventrikel kiri dan dipompa ke seluruh tubuh melalui aorta – tempat oksigen digunakan dan melalui metabolisme dengan menjadi sebuah karbon dioksida.

Selain itu, darah mengangkut nutrisi dari hati ke berbagai organ dalam tubuh, sementara itu mengangkut limbah ke hati dan ginjal. Biasanya, jumlah darah yang dipompa ke paru-paru sesuai dengan jumlah darah yang dipompa ke seluruh tubuh.

Vena memompa darah ke jantung dan mengangkut darah yang kaya karbon dioksida – terkecuali vena dan vena paru dalam sistem pencernaan. Arteri membawa darah dari jantung dan membawa oksigen selain dari arteri pulmonalis. Jarak dari jantung berarti bahwa vena mempunyai sebuah tekanan lebih sedikit dari pada arteri.

Baca Juga :  Pengertian Mollusca

Saat istirahat, jantung berdetak kira-kira dalam 72 kali per menit. Olahraga biasanya meningkatkan jumlahnya, tetapi jumlah itu melambat seiring berjalannya waktu, yang bagus sebagai jantung.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Anatomi Jantung, fungsi, proses terhadap jantung. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat.