Pengertian Anggaran Biaya

Posted on

GuruAkuntansi.co.id Kali ini akan membahas tentang pengertian anggaran biaya, tujuan, manfaat dan juga macam-macam anggaran. Berikut penjelasannya…

Pengertian Anggaran

Yang dimaksud dengan Bussines Budget atau anggaran (budget) adalah rencana yang disusun secara sistematis, yang mencakup semua kegiatan perusahaan, yang dinyatakan dalam satuan moneter dan berlaku untuk periode tertentu ( periode) yang akan datang. Munandar (2000: 1)

Anggaran yang fleksibel merupakan bentuk anggaran yang dirancang untuk mencakup berbagai kegiatan dan dapat digunakan untuk membuat anggaran untuk beberapa tingkat biaya dalam kisaran yang dapat dibandingkan dengan biaya aktual yang dikeluarkan. Samryn (2001: 226)

pengertian anggaran, tujuan anggaran, manfaat anggaran, dan macam-macam anggaran

Tujuan Anggaran

  1. Untuk Menyatakan Harapan / Tujuan Perusahaan Dengan Jelas Dan Formal, Sehingga Mencegah Kebingungan Dan Memberikan Arahan Terhadap Apa Yang Ingin Dicapai Manajemen.
  2. Untuk Mengkomunikasikan Harapan Manajemen Kepada Pihak Terkait Sehingga Anggaran Dipahami, Didukung, Dan Diimplementasikan.
  3. Untuk Memberikan Rencana Kegiatan Yang Terinci Dengan Tujuan Mengurangi Ketidakpastian Dan Memberikan Arah Yang Jelas Kepada Individu Dan Kelompok Dalam Upaya Untuk Mencapai Tujuan Perusahaan.
  4. Untuk Mengkoordinasikan Cara / Metode Yang Akan Diambil Untuk Memaksimalkan Sumber Daya.
  5. Untuk Memberikan Pengukuran Dan Pengendalian Kinerja Individu Dan Kelompok, Dan Memberikan Informasi Yang Mendasari Kebutuhan Tindakan Korektif.

Manfaat Anggaran

Menurut Marconi Dan Siegel (1983) Dalam Hehanusa (2003, P.406-407) Manfaat Anggaran Yaitu;

  1. Anggaran Adalah Hasil Dari Proses Perencanaan, Berarti Anggaran Merupakan Perjanjian Negosiasi antara Peserta Dominan Dalam Suatu Organisasi Mengenai Tujuan Kegiatan Di Masa Depan.
  2. Anggaran Adalah Gambar Prioritas Alokasi Sumber Daya Yang Dimiliki Karena Dapat Berperan Sebagai Perusahaan Cetak Biru Kegiatan.
  3. Anggaran Adalah Alat Komunikasi Internal Yang Menghubungkan Departemen (Divisi) Yang Bersatu Dengan Departemen Lainnya (Divisi) Dalam Organisasi Dan Dengan Manajemen Top.
  4. Anggaran Memberikan Informasi Tentang Hasil Aktual Kegiatan Dibandingkan dengan Standar yang Telah Ditetapkan.
  5. Anggaran Sebagai Alat Kontrol Yang Mengarahkan Manajemen Untuk Menentukan Bagian Organisasi Yang Kuat Dan Lemah, Ini Akan Mampu Mengarahkan Manajemen Untuk Menentukan Tindakan Korektif Yang Harus Diambil.
  6. Anggaran Mempengaruhi Dan Memotivasi Manajer Dan Karyawan Untuk Bekerja Secara Konsisten, Efektif, dan Efisien Dalam Kondisi Kesesuaian Sasaran Antara Tujuan Perusahaan Dan Tujuan Karyawan.
Baca Juga :  Pengertian Kredit

Macam-Macam Anggaran

Anggaran Produksi

Anggaran produksi menurut Halim dan Supomo (1990: 153) berisi rencana untuk unit yang diproduksi selama periode anggaran. Estimasi produksi ditentukan berdasarkan perkiraan penjualan dan rencana inventaris.

Anggaran Produksi adalah dasar penganggaran untuk biaya produksi, yaitu anggaran untuk biaya bahan baku, anggaran untuk biaya tenaga kerja langsung, dan anggaran overhead pabrik.

Anggaran Biaya Bahan Baku

Merencanakan secara rinci tentang biaya bahan baku untuk produksi selama periode yang akan datang, yang mencakup rencana tentang jenis (kualitas) bahan baku yang diproses, jumlah ( kuantitas) bahan baku bahan yang diproses, dan waktu (kapan) bahan baku diproses dalam proses produksi. Munandar (2000: 134) 

Anggaran Tenaga Kerja Langsung

Anggaran tenaga kerja langsung adalah anggaran yang merencanakan secara lebih rinci tentang upah yang akan dibayarkan langsung kepada tenaga kerja selama periode mendatang.

Yang mencakup rencana tentang jumlah waktu yang dibutuhkan oleh tenaga kerja secara langsung untuk menyelesaikan unit yang akan diproduksi,

tingkat upah yang akan dibayarkan kepada pekerja langsung dan waktu (ketika) pekerja langsung melakukan kegiatan proses produksi.

Yang masing-masing terkait dengan jenis barang jadi (produk) yang akan diproduksi, dan tempat (departemen) di mana para pekerja langsung akan bekerja.

Anggaran Overhead Pabrik

Anggaran overhead pabrik adalah anggaran yang merencanakan lebih rinci tentang biaya pabrik tidak langsung selama periode mendatang.

Yang mencakup rencana biaya pabrik tidak langsung, biaya pabrik tidak langsung, dan waktu (kapan) biaya pabrik tidak langsung dibebankan, yang masing-masing ditugaskan untuk tempat (departemen) di mana biaya pabrik tidak langsung terjadi.

Baca Juga :

Demikianlah tentang pengertian anggaran biaya, tujuan, manfaat dan juga macam-macam anggaran. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Manfaat Perdagangan Internasional
Pengertian Anggaran Biaya
5 (100%) 2 vote[s]