Apa itu Akuntansi dan Penerapannya? Penjelasannya Disini

Posted on

Dalam mengelola keuangan dibutuhkan pencatatan dan laporan untuk mengetahui laba dan rugi serta jumlah pemasukan dan pengeluaran. Agar lebih memahami perhitungan dalam akuntansi penting untuk kita untuk mengenal apa itu akuntansi?

Pencatatan akuntansi sudah sejak lama dilakukan oleh manusia  mulai pada zaman Mesir Kuno dalam kegiatan perdagangan. Saat itu mereka menghitung laba dan rugi melalui jumlah barang dagangan yang terjual yang dicatat pada helaian daun.

Pada perkembangannya pengetahuan akuntansi digunakan untuk berbagai sektor kehidupan baik pendidikan, bisnis, hingga kebijakan fiskal. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai akuntansi dan penerapan dalam kehidupan manusia.

Apa itu Akuntansi Menurut Para Ahli

Akuntansi merupakan teknik pencatatan keuangan yang digunakan untuk mengetahui perolehan laba maupun rugi dengan metode pembukuan tertentu. Pada dasarnya akuntansi merupakan proses pencatatan transaksi yang berkaitan dengan keuangan.

Lantas bagaimana pandangan para ahli mengenai akuntansi? Berikut ini pengertian akuntansi berdasarkan beberapa tokoh.

1. Sunyanto

Menurut Suyanto akuntansi merupakan tahapan pencatatan pada proses pembukuan dengan melakukan pengumpulan dan identifikasi transaksi. Disajikan dalam bentuk laporan beserta penjelasan hasil perhitungannya sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan keputusan.

Dalam proses pencatatan tersebut dilakukan beberapa cara mulai dari penggolongan, peringkasan terhadap berbagai transaksi yang terjadi. Kemudian hasilnya dirangkum dalam bentuk laporan untuk mengetahui perolehan akhir sebagai gambaran pada kondisi keuangan.

2. Soemarsono

Sedangkan Soemarsono berpendapat bahwa akuntansi merupakan proses pencatatan keuangan yang dilakukan dengan hasil identifikasi dan pengukuran. Hasil dari catatan tersebut kemudian dilaporkan sebagai informasi untuk menilai serta menentukan keputusan.

Baca Juga :  Akuntansi Ekspor Impor: Pengertian, Manfaat & Implementasinya

Hasil pelaporan tersebut sangat berguna dalam menentukan kebijakan yang ditentukan oleh suatu lembaga, otoritas, maupun sebuah perusahaan dalam hal finansial. Sehingga pencatatan atau pembukuan sangatlah penting untuk mengetahui laju keuangan.

3. Suparwoto

Suparwoto juga menjelaskan apa itu akuntansi secara jelas sebagai sistem pengelolaan transaksi keuangan yang dilakukan untuk memperoleh informasi ekonomi. Hasil laporan tersebut kemudian dijadikan bahan pertimbangan bagi pihak terkait mulai baik internal maupun eksternal perusahaan.

Suparwoto menjelaskan bahwa pihak eksternal merupakan investor, kreditur, pemerintahan, dan lain-lainya. Sehingga laporan tersebut dapat menjadi acuan maupun gambaran laju bisnis perusahaan tersebut untuk mengambil keputusan tertentu.

4. Sofyan Harahap

Sofyan Harahap menjelaskan bahwa akuntansi merupakan proses dari identifikasi transaksi secara terukur yang disampaikan dalam bentuk pelaporan. Hasilnya digunakan sebagai bahan pertimbangan dengan banyaknya pilihan ketika membuat kesimpulan bagi pihak-pihak yang terkait di dalamnya.

Pada saat membuat keputusan tentunya sebuah perusahaan membutuhkan gambaran jelas mengenai kondisi finansial terbaru. Hal ini umumnya dirangkum dalam laporan catatan keuangan dengan metode tertentu.

5. S. Munawir

Pengertian akuntansi menurut S. Munawir adalah seni pencatatan keuangan yang dilakukan dengan melakukan penggolongan serta meringkas setiap transaksi secara efisien. Hasil dari pencatatan tersebut digunakan sebagai petunjuk maupun informasi dalam menentukan keputusan.

6. Winarno

Adapun Winarno menjelaskan bahwa akuntansi merupakan proses dalam mencatat transaksi keuangan dengan cara mengolah data dari transaksi yang dilakukan. Hasilnya kemudian disajikan dalam sebuah laporan sebagai informasi yang berguna untuk pihak tertentu.

Sehingga sangat penting untuk mencatat setiap transaksi yang dilakukan baik pengeluaran maupun pemasukan yang diperoleh. Hal ini bertujuan untuk mengukur profit serta kemampuan suatu perusahaan atau lembaga tertentu dalam kegiatannya operasionalnya.

7. Bastian dan Suharjono

Dalam buku karya Bastian dan Suharjono menjelaskan bahwa akuntansi merupakan seni dalam mencatat, memperkirakan serta menggolongkan berbagai transaksi yang bersifat keuangan dengan cara yang sesuai dan dicatat dengan nilai uang yang diinvestasikan.

Baca Juga :  Akuntan Publik Adalah: Pengertian, Syarat, Jenis, dll

8. Paul Grady

Paul Grady mengartikan akuntansi sebagai ilmu pengetahuan dan digunakan sebagai fungsi organisasi yang tersistematis dengan mencatat transaksi secara autentik dan memprosesnya dengan mengklasifikasikan, menganalisis, serta menjelaskan seluruh transaksi keuangan operasional.

Tujuan dari pencatatan tersebut yaitu untuk memberikan informasi yang berguna bagi manajemen untuk laporan pertanggungjawaban.

9. KBBI

Berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia, akuntansi diartikan sebagai praktik pencatatan keuangan yang dibuat dalam akun. Dalam pembuatannya digunakan standar, prinsip, tanggung jawab, kebiasaan serta seluruh aktivitas yang berkaitan dengan keuangan.

Akuntansi juga diartikan sebagai ikhtisar dari berbagai transaksi keuangan yang ditafsirkan sebagai akibat transaksi sebagai bagian dari sistem ekonomi tertentu.

10. Warren dkk

Warren dkk menjelaskan akuntansi sebagai sebuah sistem yang memberikan infommrasi mengenai laporan keuangan bagi pihak-pihak tertentu. Tujuannya tidak lain adalah untuk mengetahui kondisi dari perusahaan maupun kegiatan oprasional yang dilakukan.

11. Wilopo

Wilopo menjelaskan apa itu akuntansi secara gamblang sebagai proses dalam identifikasi transaksi yang dituangkan dalam sebuah laporan keuangan. Hasilnya dijadikan sebagai informasi yang penting sebagai penilaian untuk membuat keputusan bagi pihak yang berkepentingan.

12. Zaki Baridwan

Zaki Baridwan menyebutkan akuntansi sebagai aktivitas berupa jasa yang dalam memberikan informasi data secara kuantitatif. Dicatat dalam sebuah laporan keuangan dan digunakan sebagai penilaian untuk mengambil keputusan dalam mencari solusi tertentu sesuai kondisi yang dihasilkan.

13. Sophar Lumbantoruan

Sophar Lumbantoruan menganalogikan akuntansi sebagai bahasa dari mekanisme perhitungan. Dimana akuntansi merupakan alat yang dijadikan sarana untuk memberikan informasi penting. Dimana hasilnya hanya akan dipahami jika menggunakan metode perhitungan yang dimengerti.

14. FASB

Financial Accounting Standard Board menjelaskan mengenai apa itu akuntansi sebagai kegiatan berupa jasa yang memberikan informasi secara kuantitatif. Hasilnya dapat digunakan sebagai penilaian untuk mengambil keputusan.

Apa Itu Penerapan Akuntansi dalam Kehidupan

Jika selama ini kita keliru mengira akuntansi hanya digunakan dalam kegiatan  bisnis saja. Pada kenyataanya metode pembukuan dan laporan keuangan telah banyak digunakan dalam berbagai kegiatan operasional. Berikut ini beberapa bukti penerapan akuntansi dalam kehidupan.

Baca Juga :  Tujuan AFTA

1. Apa itu Akuntansi Pemerintah?

Sektor paling vital yaitu penerapan akuntansi di ranah pemerintahan. Dimana proses pencatatan, pengukuran, identifikasi dari setiap transaksi yang dilaporkan dalam bentuk keuangan sebagai entitas dari pemerintahan.

Informasi ini digunakan untuk mengambil keputusan secara ekonomi yang dilakukan pihak yang berkepentingan ( dari eksternal pemerintah) yang membutuhkannya.

2. Apa itu Akuntansi Agrikultur?

Dalam bidang agrikultur akuntansi dijadikan sebagai alat yang mengatur cara perlakuan teknik akuntansi dalam mengungkapkan informasi yang berkaitan dengan kegiatan agrikultur itu sendiri.

3. Apa itu Akuntansi Perpajakan?

Dalam sektor perpajakan, akuntansi berguna dalam mencatat dan menyusun laporan transaksi keuangan sebagai informasi mengenai jumlah pajak yang akan dikeluarkan.

4. Sektor Publik

Di sektor publik, akuntansi berguna dalam mencatat dan mengumpulkan, mengklasifikasi, menganalisa serta dituangkan dalam bentuk laporan. Pencatatan ini berguna sebagai informasi penting bagi organisasi publik, khususnya untuk pihak yang berkepentingan di dalamnya.

5. Bidang Manajemen

Akuntansi Manajemen merupakan kegiatan pelaporan kegiatan ekonomi atau operasional yang dilakukan oleh pihak yang berkepentingan dalam menentukan keputusan di masa mendatang. Proses yang dilakukan yaitu dengan mengukur, mengidentifikasi serta menganalisis setiap transaksi.

Dari informasi di atas dapat kita ketahui apa itu akuntansi, mulai dari pengertian hingga penerapannya. Pada dasarnya akuntansi digunakan untuk mencatat setiap transaksi yang dilaporkan dalam pembukuan keuangan.

Proses yang dilakukan diantaranya identifikasi, pengelompokan, menganalisis, pencatatan, serta melaporkan seluruh aktivitas ekonomi dan operasional yang terjadi. Baik dalam sebuah lembaga maupun perusahaan.

Tujuannya tidak lain adalah untuk memberikan informasi mengenai kondisi keuangan yang dapat mempengaruhi pada pengambilan keputusan di masa mendatang. Sehingga akuntansi sangat penting dalam mengelola dan mengatur keuangan dalam suatu sistem tertentu.