Aplikasi Generator Nilai Ulangan Harian Excel

Posted on

Aplikasi Generator Nilai Ulangan – Sekolah merupakan lembaga pendidikan. Ketika seseorang menempuh pendidikan baik itu di sekolah atau pun bukan akan melalui masa yang dinamakan “ulangan”. Ulangan sendiri terdiri dari berbagai macam. Di sekolah, setiap murid akan melalui tugas yang dikerjakan di sekolah atau pun pekerjaan rumah (PR), ulangan harian, ulangan MID atau Tengah Semester, dan Ulangan Akhir Semester. Banyak sekali ujian yang harus dihadapi. Nilai yang diberikan pun memiliki beban soal yang berbeda. Pada soal latihan atau pun PR memang nilai yang diperoleh akan memiliki bobot nilai yang sama. Sehingga, tidak terlalu sulit dalam memberikan nilai. Sedangkan, pada ulangan MID semester dan ulangan akhir semester memiliki bobot nilai yang berbeda.

Beberapa guru merasa kesulitan jika memerikan nilai dengan bobot nilai yang berbeda-beda. Ditambah lagi murid yang mereka didik bisa berjumlah puluhan orang. Tentunya kesulitan yang dihadapi tidaklah menjadi beban bagi seorang guru. Karena hal tersebut merupakan tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh seorang guru. Meskipun begitu terdapat aplikasi yang dapat memudahkan pekerjaan guru yang terasa berat menjadi lebih ringan yaitu dengan menggunakan Aplikasi Generator Nilai Ulangan Harian Excel. Tahukah Anda apakah aplikasi itu? Bagaimana cara penggunaan dan kegunaannya?

Kali ini guruakuntansi.co.id akan memaparkan mengenai apa itu Aplikasi Generator Nilai Ulangan Harian Excel secara jelas. Simak dengan seksama yuk.

Pengertian Aplikasi Generator Nilai Ulangan Harian Excel

Guru berkewajiban memberikan nilai kepada murid-murid yang Beliau didik. Nilai yang diberikan pun harus sesuai dan adil. Setiap guru biasanya memiliki banyak murid didik, terutama bagi guru kelas. Hal inilah yang membuat lebih repot karena akan memakan banyak waktu. Oleh karena itu, dengan menggunakan Aplikasi Generator Nilai Ulangan Harian Excel akan membantu pekerjaan para guru.

Aplikasi Generator Nilai Ulangan Harian Excel

Aplikasi Generator Nilai Ulangan Harian Excel merupakan aplikasi yang digunakan untuk menghitung nilai yang didapatkan oleh seorang siswa menggunakan Microsoft Excel.

Tata Cara Penggunaan Aplikasi

Terkadang nilai yang diberikan guru memiliki bobot nilai yang berbeda-beda tiap soalnya. Hal inilah yang menjadikan guru akan kerepotan dalam memberikan soal. Dengan bobot nilai yang sama, para guru tidak akan kesulitan. Karena nilai tersebut juga akan memiliki jumlah yang sama.

Baca Juga :  Kode Alam Burung Cabai 2D 3D 4D Nomor Keluaran Tafsir Shio Burung

Dengan bantuan aplikasi ini, Anda hanya perlu memasukkan nilai dan nilai akhir akan keluar. Berikut ini cara menggunakan Aplikasi Generator Nilai Ulangan Harian Excel:

  1. Masukkan nilai total dari seluruh soal pada cell A1
  2. Kemudian masukkan nilai yang diperoleh siswa tersebut di cell A2
  3. Nilai akhir akan muncul pada cell B2

Bagaimana cara menggunakan aplikasi ini mudah, bukan? Aplikasi ini akan membantu pekerjaan guru karena akan menghemat waktu pengerjaan. Karena aplikasi ini sudah di-setting atau diatur sehingga tidak akan memberikan hasil yang keliru. Yuk kita coba menggunakan aplikasi ini.

Contoh Kasus

Untuk lebih jelasnya cara menggunakan aplikasi ini akan diberikan contoh kasus seperti berikut ini:

Misalkan Anda memberikan nilai bobot total seluruh soal yang Anda buat mencapai nilai 140. Sedangkan nilai yang diperoleh siswa Anda berjumlah 80. Maka, nilai yang diperoleh murid Anda sebesar 57. Adapun berikut ini langkah-langkah menggunakan aplikasi ini:

a. Pada cell A1, ketikkan bobot nilai total seluruh soal yaitu 140.
b. Kemudian pada cell A2, masukkan nilai yang diperoleh siswa yaitu sebesar 80.
c. Maka nilai akan muncul secara otomatis pada cell B2 sebesar 57.

Adapun berikut ini hasilnya yaitu:

Contoh
Bagi nilai dengan total bobot berjumlah 100, memanglah tidak terlalu sulit untuk menentukan hasilnya. Tetapi tidak ada salahnya jika Anda mencoba dengan aplikasi ini. Aplikasi ini tentunya dibuat dengan tujuan membantu para guru yang kesulitan dalam memberikan nilai kepada muridnya. Selain itu juga untuk membantu mempermudah pekerjaan guru agar lebih bisa menyisakan waktunya untuk pekerjaan lain.

Baca Juga:

Baca Juga :  Passing Grade ITERA 2020/2021 : Jurusan dan Sejarah

Bagaimana, bukankah aplikasi ini sangat membantu? Silakan Anda coba sendiri dan rasakan keuntungan dari menggunakan aplikasi ini. Demikianlah penjelasan mengenai Aplikasi Generator Nilai Ulangan Harian Excel yang telah dijelaskan secara jelas. Semoga membantu. Terima kasih.