Barang Ekonomi: Pengertian dan Contoh

Posted on

Anda mungkin tahu bahwa barang dan jasa adalah tulang punggung perekonomian tradisional mana pun. Tapi jenis barang dan jasa apa yang Kalian lihat setiap hari? Baca terus untuk mengetahui berbagai contoh barang ekonomi berikut ini.

Definisi Barang Ekonomi

Barang Ekonomi Pengertian, Contoh dan Perbedaan dengan Jasa

Barang ekonomi adalah barang atau jasa yang memiliki manfaat (kegunaan) bagi masyarakat. Selain itu, barang-barang ekonomi memiliki tingkat kelangkaan dan oleh karena itu biaya peluang.

Ini berbeda dengan barang gratis (seperti udara, laut, air) di mana tidak ada biaya peluang – tetapi berlimpah. Barang-barang gratis tidak dapat diperdagangkan karena tak seorang pun yang tinggal di tepi laut akan membeli air laut – tidak ada gunanya.

Namun, dengan barang-barang ekonomi di mana ada kelangkaan dan nilai, orang akan bersedia membayarnya (dalam beberapa bentuk).

Ciri lain dari barang ekonomi adalah bahwa jika dapat memiliki nilai yang ditempatkan pada barang tersebut, barang tersebut dapat diperdagangkan di pasar dan dinilai menggunakan bentuk uang.

Suatu barang ekonomi akan memiliki tingkat kelangkaan tertentu dalam kaitannya dengan permintaan. Kelangkaan itulah yang menciptakan nilai yang mau dibayar orang.

Kelangkaan inilah yang menciptakan biaya peluang. Misalnya jika kita memetik apel dari pohon, artinya orang lain tidak akan bisa menikmatinya. Jika kita mencurahkan sumber daya untuk menambang emas, biaya peluangnya adalah kita tidak dapat mencurahkan waktu dan upaya ini untuk menanam jagung.

Dapatkah spesies tumbuhan / hewan yang terancam punah menjadi barang ekonomi? Jika ya, mengapa?

Apakah Tumbuhan / Spesies Hewan yang Terancam Punah Memiliki Nilai Bagi Banusia?

  • Banyak tumbuhan dan spesies yang terancam punah memiliki manfaat bagi kemanusiaan, bahkan jika kita tidak menyadarinya. Misalnya, tumbuhan langka mungkin memegang kunci untuk membuat vaksin untuk suatu penyakit. Jika kita membiarkan tanaman punah, maka kita kehilangan keanekaragaman hayati dan potensi masa depan untuk mengobati penyakit manusia. Ini adalah contoh nyata bagaimana tumbuhan yang terancam punah dapat memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi.
  • Mungkin lebih sulit untuk menjelaskan kasus spesies yang terancam punah. Kalian dapat berargumen bahwa beberapa reptilia yang berada di ambang kepunahan memiliki sedikit atau tidak ada nilai sama sekali bagi manusia, oleh karena itu beberapa mungkin tidak mengklasifikasikannya sebagai barang ekonomi.
  • Namun, orang lain mungkin tidak setuju, mereka berpendapat bahwa ketika mempertimbangkan nilai ekonomi, kita tidak boleh hanya mempertimbangkan kepentingan manusia yang sempit. Kami dapat berargumen bahwa kami harus melihat masalah dari perspektif yang tidak terlalu spesifik manusiawi. Kita harus melihat semua kehidupan memiliki nilai intrinsik.
  • Lebih jauh, ahli ekologi mungkin berpendapat bahwa melindungi keanekaragaman hayati planet harus memberikan kegembiraan bagi manusia, kita harus mendapatkan manfaat dan kepuasan dengan menjadi penjaga planet daripada perusak kehidupan. Oleh karena itu, melindungi apa yang disebut spesies ‘tidak berguna’ sebenarnya dapat memberikan manfaat bagi manusia karena kita dapat merasa ‘senang’ menjadi warga planet yang bertanggung jawab.
  • Kesulitannya adalah bahwa definisi barang ekonomi yang ketat mengatakan bahwa nilai barang tersebut harus memiliki nilai pasar dan diperdagangkan. Sulit untuk menilai manfaat menyelamatkan spesies langka dari kepunahan. Namun setidaknya, sebagian orang akan mengeluarkan uang untuk menyelamatkan suatu spesies dari kepunahan karena merasa itu tindakan yang bermanfaat. Sebab, spesies langka memang memiliki nilai ekonomi.
Baca Juga :  Prinsip Ekonomi

Apakah virus cacar merupakan barang ekonomi?

Jika Kalian ingin menyulitkan hidup, kami dapat mempertimbangkan apakah virus yang dibiarkan hidup hanya di laboratorium adalah barang ekonomi. Sulit untuk membantah bahwa virus cacar memiliki kemungkinan manfaat bagi manusia atau planet ini, tetapi sebagai alat penderitaan, lebih baik kita memusnahkannya.

Apakah barang publik barang ekonomi?

Barang publik memiliki karakteristik non-rivalry dan non-excludability, misalnya penerangan jalan, dan hukum dan ketertiban. Mereka adalah barang ekonomi karena ada kelangkaan dan biaya kesempatan dalam menyediakan kebutuhan mereka. Mereka gratis saat digunakan.

Tapi, ini tidak menjadikan mereka ‘barang gratis’ menurut definisi ekonomi yang ketat. Barang publik seperti penerangan jalan tidak gratis bagi masyarakat karena Kalian membayarnya secara tidak langsung dari pajak.

Apakah pendidikan merupakan barang ekonomi?

Pendidikan yang membutuhkan guru dan buku adalah barang ekonomi. Ada biaya peluang dalam membayar guru. Ada juga nilai bagi masyarakat dari menyediakan barang.

Contoh Barang Ekonomi

Ada banyak sekali contoh barang yang dapat diklasifikasikan sebagai barang ekonomi. Barang-barang tersebut dapat ditemukan dengan mudah di komunitas. Contoh barang yang dimaksud antara lain:

1. Pakaian

Pakaian merupakan salah satu bentuk barang yang tergolong barang yang dibutuhkan oleh masyarakat. Jumlahnya pun terbatas, dan untuk mendapatkannya juga membutuhkan pengorbanan. Sebab, sandang juga termasuk dalam kategori barang ekonomis.

Mungkin ada yang mempertanyakan kenapa baju digolongkan ke dalam barang-barang tersebut padahal jumlahnya masih banyak. Dalam ilmu ekonomi, banyak dan sedikit adalah hal yang relatif.

Namun yang perlu dipahami adalah, untuk dapat memperoleh sebuah pakaian, seseorang wajib melakukan pengorbanan baik berupa uang, waktu, tenaga, maupun materi. Bahan yang digunakan untuk membuat pakaian juga terbatas, sehingga pakaian tersebut tergolong barang yang ekonomis.

Baca Juga :  Sistem Ekonomi Campuran

2. Makanan atau Minuman

Makanan atau minuman juga bisa digolongkan sebagai barang ekonomis. Pasalnya, untuk mendapatkan makanan atau minuman, manusia membutuhkan upaya tertentu.

Diantaranya adalah orang yang harus membeli dan mengeluarkan uang untuk mendapatkan makanan atau minuman. Bentuk pengorbanan lainnya adalah manusia harus mengolah dan mencari bahan makanan atau minuman.

3. Tempat tinggal

Perumahan jelas merupakan barang yang ekonomis. Pasalnya, jumlah tempat tinggal yang layak huni sangat terbatas.

Hal ini terlihat dari manusia yang harus mengeluarkan uang untuk bisa mendapatkan tempat tinggal. Tempat tinggal yang dimaksud bisa berupa rumah permanen atau kost sementara.

Untuk mendapatkan rumah permanen, seseorang diwajibkan untuk membiayai persiapan material seperti kayu, semen, pasir, dan lain-lain.

Selain itu, ada juga biaya untuk membayar tenaga kerja atau upah pengrajin. Munculnya biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah atau menyewa rumah kost inilah yang menyebabkan sebuah hunian digolongkan sebagai barang ekonomis.

4. Pelayanan dokter

Tidak semua yang termasuk barang ekonomi berbentuk fisik seperti contoh di atas. Ada pula yang berupa pelayanan, misalnya pelayanan dokter. Terlihat bahwa jumlah dokter sangat terbatas sehingga setiap berkunjung ke kantor dokter harus mengantri terlebih dahulu. Untuk menjadi dokter juga banyak pengorbanannya.

Biaya yang dikeluarkan untuk berobat atau menggunakan jasa dokter mencakup banyak hal seperti pengalaman dokter dan waktu yang dibutuhkan seseorang untuk mendapatkan gelar doktor.

Perbedaan Barang Vs Jasa

Pikirkan membawa mobil ke montir. Ketika mekanik menemukan bahwa mobil Kalian membutuhkan ban baru, mereka akan menagih Kalian untuk ban itu sendiri dan tenaga kerja untuk memasangnya di mobil Kalian.

Ban itu bagus, dan memasangnya adalah servis. Kalian membutuhkan keduanya untuk menjaga mobil Kalian tetap berjalan.

Baca Juga :  Indikator Pembangunan Ekonomi

Hal yang sama berlaku untuk ekonomi. Baik Kalian membeli barang atau membayar seseorang untuk suatu layanan, keduanya dibutuhkan untuk menjaga perekonomian yang kuat tetap berjalan.

Orang menggunakan uang untuk membayar barang dan jasa dalam ekonomi pasar.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, saya merasa nilai ekonomi harus diperluas untuk mempertimbangkan lebih dari sekadar kegunaan materialistis manusia yang egois. Meskipun jenis burung langka tidak memiliki manfaat langsung bagi manusia, saya ingin orang-orang melihat nilai dalam melindungi spesies langka ini.

Bagi saya, definisi manfaat ekonomi cukup luas. Ada manfaat tak berwujud dari memelihara spesies langka. Manfaat tidak berwujud ini mungkin sulit untuk diukur dan diperdagangkan, tetapi masih ada nilai yang patut dilindungi. Jadi, secara pribadi, saya akan mengatakan spesies langka adalah barang ekonomi.

Sekian pembahasan tentang pengertian barang ekonomi beserta contoh dan perbedaannya dengan jasa. Semoba artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.