Pengertian Barang Ekonomi

Posted on

GuruAkuntansi.co.id Kali ini akan membahas tentang pengertian barang ekonomi, barang bebas dan barang illith beserta contohnya.Untuk memenuhi kebutuhan, manusia membutuhkan alat yang memuaskan yang berupa barang atau jasa.

Dalam hal ini, ada beberapa item yang digunakan sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan ini.Distribusi barang berdasarkan pada bagaimana mereka diperoleh dibagi menjadi barang ekonomi, barang bebas, dan barang Illith.

Pengertian Barang Ekonomi

Barang ekonomi adalah barang yang memenuhi kebutuhan manusia, yang jumlahnya terbatas dan tidak sebanding dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Karena sangat terbatas, pengorbanan diperlukan untuk mendapatkannya.

Singkatnya, dapat diartikan bahwa barang ekonomi adalah barang yang memuaskan untuk kebutuhan manusia,

yang lebih sedikit dari jumlah kebutuhan manusia itu sendiri, dan pengorbanan tertentu diperlukan untuk mendapatkannya. Pengorbanan ini biasanya dalam bentuk uang.

Contoh Barang Ekonomi

Contoh barang ekonomi adalah sebagai berikut:

1. Baju-baju baru

Mengapa pakaian baru termasuk contoh barang ekonomi? Karena, cara kita mendapatkan pakaian baru ini adalah membelinya di toko, tidak bisa begitu saja. Kesediaan kita untuk membelinya adalah suatu pengorbanan.

2. Rumah

Rumah adalah contoh barang ekonomi karena untuk mendapatkan rumah ini kita beli atau ada yang dibangun sehingga membutuhkan uang.

3. Makanan dan minuman

Begitu juga dengan makanan dan minuman, kedua benda ini diperoleh dengan mengeluarkan biaya terlebih dahulu.

4. Emas

Untuk mendapatkan emas ini, manusia harus berkorban dengan menggali tanah sampai akhirnya mendirikan perusahaan besar.

pengertian barang ekonomi

5. Sayuran segar

Pengorbanan dalam hal ini sebagian besar dilakukan oleh petani, mereka menghabiskan waktu, energi dan pikiran untuk bertani sehingga mereka menghasilkan sayuran segar yang sering kita makan sehari-hari.

Baca Juga :  Pengertian Perdagangan Internasional

6. Kendaraan

Kendaraan diperoleh dengan menggunakan biaya, dan cara membuat kendaraan ini seperti mobil, sepeda motor membutuhkan pengorbanan dalam bentuk pikiran, waktu dan keahlian otomotif.

7. Perabot rumah tangga

Perabot rumah tangga umumnya dibuat sebagian besar oleh pengrajin seperti lemari, pengrajin ini harus berkorban dalam bentuk keahlian, biaya, dan waktu untuk membuatnya.

Pengertian Barang Bebas

Barang bebas adalah barang tanpa batas yang memuaskan kebutuhan manusia, sehingga untuk mendapatkannya tidak diperlukan biaya atau pengorbanan. Barang ini tersedia dalam jumlah yang melebihi dan merupakan hadiah dari alam.

Singkatnya, dapat diartikan bahwa barang gratis adalah barang yang memuaskan untuk kebutuhan manusia, yang jumlahnya besar,

sehingga pengorbanan tertentu tidak diperlukan dan bagaimana cara mendapatkannya dapat diambil dengan bebas.

Contoh Barang Bebas

Contoh barang bebas yang diperoleh dari alam adalah sinar matahari, oksigen, air laut, pasir di ladang pasir, es di daerah kutub.

Ada kalanya barang gratis berubah status menjadi barang ekonomi. Misalnya, jika seseorang tinggal di daerah yang memiliki air yang berlimpah, jernih, dan bersih, maka air tersebut adalah barang gratis.

Padahal, bagi warga yang tinggal di kota besar, air bersih biasanya diperoleh dari layanan Perusahaan Air Minum atau penjual air keliling. Dalam hal ini, air telah berubah status menjadi barang ekonomi.

Pengertian Barang Illith

Barang ilith adalah barang yang, jika jumlahnya terbatas, dapat memenuhi kebutuhan manusia, sedangkan ketika jumlahnya sangat banyak akan menyebabkan bencana bagi manusia itu sendiri. Karena itu, kita perlu membatasi penggunaannya hanya sesuai dengan kebutuhan manusia.

Singkatnya, dapat diartikan bahwa barang ilith adalah barang yang memuaskan untuk kebutuhan manusia yang begitu melimpah sehingga memiliki dampak negatif pada kehidupan manusia.

Baca Juga :  Pengertian Wanprestasi

Contoh Barang Illith

Contoh-contoh barang illith adalah sebagai berikut:

1. Api

Jika api berkobar terlalu banyak maka akan menimbulkan bencana, yaitu kebakaran. Karena itu penggunaan api harus dibatasi dan sesuai dengan kebutuhan manusia.

2. Air

Jika jumlah airnya sangat banyak maka akan menyebabkan banjir yang dapat membahayakan kehidupan manusia.

Baca Juga :

Demikian pembahasan tentang tentang pengertian barang ekonomi, barang bebas dan barang illith beserta contohnya. Semoga bermanfaat.

Pengertian Barang Ekonomi
5 (100%) 1 vote[s]