Batas Wilayah Indonesia

Posted on

Batas Wilayah Indonesia – Indonesia terletak di lepas pantai Asia Tenggara di Laut India dan Pasifik dan merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia terdiri dari 13.000 pulau dengan total luas sekitar 0,735 juta mil persegi.

Seperti halnya negara lain di dunia, Indonesia memiliki batas negara. Indonesia berbatasan dengan laut (laut) dan benua (daratan). Batas-batas suatu wilayah membentuk kerangka negara dan tanda kekuasaan dan otoritas negara.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Batas Wilayah Indonesia. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Batas Wilayah Indonesia Secara Astronomis

Lokasi astronomi adalah lokasi di koordinat bumi, perhitungan dilakukan dari lintang dan bujur. Dan dari para astronom, Indonesia adalah 6˚LU – 11˚LS dan 95˚BT – 141˚BT.

Garis bujur merupakan adanya garis imajiner yang melintasi kutub utara dan selatan melintasi khatulistiwa. Garis-garis ini bertemu dan menentukan posisi timur laut tempat tersebut.

Bentuk-Batas-Wilayah-Indonesia

Sedangkan dalam garis lintang termasuk dalam garis imajiner (garis imajiner) sejajar dengan garis khatulistiwa. Garis lintang menentukan posisi barat daya dari lokasi alam semesta.

Lokasi di belahan bumi utara diketahui dari garis lintang utara dan memiliki ujung-N di utara. Belahan bumi selatan terletak di belahan bumi selatan dan ditandai dengan huruf S.

Setiap ruang di Bumi persis di persimpangan meridian dan paralel, dengan dua angka (koordinat) yang mewakili garis lintang dan garis bujur lokasi.

Baca Juga :  Pengertian Pelanggan

Setiap angka menunjukkan jumlah derajat utara atau selatan Ekuador (lintang) dan timur atau barat dari 0º meridian (bujur). Bujur dan lintang adalah sudut yang ditampilkan dalam menit, derajat, dan detik.

Batas Wilayah Indonesia Secara Geografis

Batas-batas geografis merupakan dalam sebuah garis-garis yang memisahkan dua negara bagian, departemen administrasi atau daerah lain. Batas geografis ditarik ke perbatasan entitas politik dan hukum, tetapi garis tersebut yakni sering tak terlihat.

Secara geografis, perbatasan utara Indonesia ialah benua Asia (benua terbesar di dunia). Perbatasan selatan dibatasi oleh benua Australia (benua terkecil di dunia).

Indonesia sendiri memasuki benua paling selatan di Asia. Batas geografis Indonesia bagian barat adalah Samudera Hindia dan perbatasan timur Samudra Pasifik.

Kedua samudera itu berukuran sama, tetapi memiliki karakter yang sangat berbeda. Indonesia adalah salah satu produk pesisir dan laut terbaik di dunia karena dikelilingi oleh dua lautan.

Memindahkan dua benua juga menjadikan Indonesia negara paling strategis di dunia.

Karena Indonesia berada di persimpangan lalu lintas dunia yang sangat sibuk pada waktu-waktu tertentu, Indonesia juga diarahkan untuk pasar dunia.

Setiap tahun, lebih dari 50.000 kapal melintasi jalur lalu lintas ini dan mengangkut sekitar 20 hingga 25%, yang merupakan bagian dari perdagangan dunia. Lokasi yang cocok di Indonesia tentu saja merupakan keuntungan ekonomi.

Batas-Batas Wilayah Indonesia

Batas-Wilayah-Indonesia

Batas berdasarkan titik kompas untuk wilayah Republik Indonesia meliputi:

1. Utara

Wilayah Utara Indonesia adalah negara yang berbatasan dengan Pulau Kalimantan. Negara-negara yang berbatasan dengan Pulau Kalimantan (Borneo) di Malaysia adalah Sarawak dan Sabah.

2. Timur

Perbatasan negara Indonesia Timur adalah perbatasan dengan Papua. Berbatasan dengan perairan Samudra Pasifik di perbatasan timur Papua Nugini.

Baca Juga :  Konjungsi Antar Kalimat

Untuk menghindari kebingungan antara kedua negara, Indonesia dan Papua Nugini menyepakati hubungan bilateral lintas batas laut dan darat. Hubungan bilateral ada di provinsi barat (Terbang) dan di Sepik Barat (Sandaun).

3. Atas

Indonesia yakni telah berbatasan dengan laut, ada lima negara masing-masing, yakni Malaysia, Vietnam, Thailand, Singapura dan Filipina. Perbatasan juga mencakup perairan Selat Malaka dan Laut Cina Selatan.

4. Selatan

Wilayah selatan Indonesia adalah negara atau wilayah yang berbatasan langsung dengan Indonesia selatan. Indonesia Selatan ditempati oleh tenggara. Negara dengan perbatasan langsung adalah Timor Timur

Timor Timur dulunya bagian dari Indonesia. Pada tahun 1999 Timor Leste dibebaskan ke negara asalnya. Timor Timur dulunya dikenal sebagai provinsi Timor Timur.

5. Barat

Perbatasan Indonesia Barat adalah wilayah yang berbatasan dengan pulau Indonesia Barat. Perbatasan Indonesia di barat adalah Samudera Hindia dan negara India.

Negara di Indonesia jauh dari daratan India. Namun, kedua negara memiliki perbatasan pulau. Pulau ini memiliki titik khusus di sekitar Samudra Hindia dan Laut Andaman. Pulau ini adalah pulau di putaran Kepulauan Aceh dan Nikobar di India.

Keuntungan Indonesia Akibat Letak Geografis

Keunggulan Indonesia terletak di antara dua benua, Asia dan Australia. Situasi ini mendorong Indonesia untuk mengembangkan hubungan baik dengan kedua negara.

Wilayah Indonesia yang berbatasan dengan Samudera Hindia dan Samudra Pasifik membawa Indonesia ke persimpangan internasional. Situasi ini menjadikan Indonesia sebagai titik transit jalur perdagangan dunia.

Namun ada beberapa kelemahan, yaitu Indonesia sebagai traffic internasional, seperti perdagangan anak dan obatan terlarang.

Keuntungan berikutnya adalah bahwa Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang membuat negara ini kaya akan budaya, etnis, bahasa, adat istiadat dan banyak lagi.

Baca Juga :  Pengertia Hewan

Tidak hanya itu, Indonesia juga menunjukkan beragam keindahan alam. Tidak masalah bahwa wisatawan asing memilih Indonesia sebagai tujuan liburan mereka.

Indonesia, yang memiliki garis pantai besar dengan pantai yang panjang, menjadikan negara ini sumber produk laut yang hebat.

Misalnya kerang, ikan, dan mineral. Ini dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan Indonesia.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan kali ini, yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Batas Wilayah Indonesia. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.