Pengertian Bauran Pemasaran

Posted on

Pengertian bauran pemasaran – Kali ini akan membahas tentang pengertian bauran pemasaran atau disebut juga Marketing Mix beserta Unsur-unsur dan juga konsep strategi pemasaran. Mari kita simak materi dibawah ini:

Pengertian Baruan Pemasaran

Secara umum bauran pemasaran (Marketing Mix) merupakan suatu perangkat yang mampu memberikan kepuasan kepada konsumen

dengan cara menggabungkan beberapa elemen didalam bauran pemasaran itu sendiri yang dilakukan secara terpadu. Sehingga dapat mempengaruhi kepetusuan pembelian yang akan dilakukan oleh konsumen.

Pengertian bauran pemasaran

Dan beberapa pengertian bauran pemasaran menurut para ahli sebagai berikut:

Menurut Kotler (2000: 18)

Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran pada perusahaan yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran. Bauran pemasaran adalah variabel-variabel terkendali yang dapat mempengaruhi konsumen dari segmen pasar tertentu yang dituju perusahaan.

Mc Carthy (Kotler 2000: 18)

Mc Carhty mempopulerkan tentang klasifikasi 4 unsur alat bauran pemasaran yang dikenal dengan 4P yaitu (Product, Price, Place dan Promotion).

Dalam dunia pemasaran orang-orang telah mengenal dengan istilah 7P dengan ditambahkannya sara fisik yaitu (Phsycal evidence, People dan Pocess). Variabel bauran pemasaran ini yang pada umumnya diterapkan dalam perusahaan.

Menurut Dhaimesta, dan Irwan (2000: 74)

Bauran pemasaran merupakan variabel-variebel yang dipakai perusahaan sebagai sarana untuk memenuhi atau melayani kebutuhan dan keinginan konsumen.

Unsur-unsur Bauran Pemasaran

Terdapat beberapa unsur bauran pemasaran diantaranya:

1. Produk

Produk merupakan segala sesuatu yang bisa ditawarkan kepada pasar untuk mendapatkan perhatian, dan kemudian dibeli lalu dapat dipergunakan atau dikonsumsi, yang mana produk ini dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen.

Baca Juga :  Pengertian Retur Pembelian

2. Harga

Harga iyalah nilai uang yang ditukarkan oleh konsumen untuk mempunyai atau menggunakan produk dan mendapatkan manfaat dari produk itu sendiri.

3. Distribusi

Distribusi adalah saluran/jalur distribusi yang produsen gunakan untuk menyalurkan barang sehingga dapat sampai kepada konsumen atau pemakai industri.

4. Promosi

Promosi merupakan suatu komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada pasar sasaran akan adanya produk dengan cara membujuk, mempengaruhi, dan meyakinkan target pembeli.

Penerapan Strategi Pemasaran

Sebelum melakukan langkah-langkah strategi pemasaran, perlu di perhatikan bahwa adanya faktor dasar yang membuat adanya perubahan pada strategi untuk pemasaran. Beberapa faktor tersebut sebagai berikut:

  • Keadaan Ekonomi – Strategi pemasaran disesuaikan dengan kadaan ekonomi, perusahaan harus mengembangkan strategi jangka panjang guna memenuhi kondisi yang sedang berubah dalam industri perusahaan dan memastikan kelangsungan hidup perusahaan jangka panjang.
  • Siklus daur hidup produk – Menyesuaikan strategi pemasaran dengan tahap-tahap daur hidup, contohnya tahap perkenalan, kedewasaan, pertumbuhan dan tahap kemunduran.
  • Tingkat persaingan pasar – Menyesuaikan strategi pemasaran dengan posisi perusahaan dalam tingkat persaingan, apakah perusahaan berada dalam kategori memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil saja dari ceruk pasar.

Setelah memahami faktor utama penyebab terjadinya perubahan dalam strategi pemasaran, maka selanjutnya dapat dilakukan langkah-langkah penerapan strategi pemasaran seperti di bawah ini:

  • Marketing Segmentation (Segmentasi Pasar) – yaitu tindakan pembagian pasar kedalam kelompok pembeli yang berbeda dengan karakteristik, kebutuhan, ataupun perilaku yang beda yang bisa saja membutuhkan produk ataupun bauran pemasaran yang terpisah
  • Market Targeting (Target Pasar) – merupakan proses evaluasi daya tarik masing-masing segmen pasar dan memilih salah satu atu lebih segmen yang akan dilayani, penetapan sasaran pasar terdiri dari merancang strategi untuk mambangun hubungan yang benar dengan pelanggan yang tepat, atau satu perusahaan besar mungkin untuk bisa menawarkan beragam macam produk yang lebih lengkap untuk memenuhi seluruh lapisan pasarnya, sebagian besar dari perusahaan masuk pasar baru dengan fokus ke segmen tunggal, dan apabila hal ini terbukti berhasil, maka mereka akan menambahkan segmen.
  • Diferentiation & Positioning (Diferensiasi dan Posisi Pasar) – Perusahaan harus bisa memutuskan bagaimana mendiferensiasikan penawaran pasarnya untuk setiap segmen sasaran dan posisi apa yang ingin ditempatinya dalam segmen tersebut, posisi produk adalah tempat yang diduduki produk yang relatif pada pesaingnya dalam pemikiran konsumen, pemasar mau mengembangkan posisi pasar unik untuk produk mereka. Jika sebuah produk dianggap sama persis dengan produk lainnya yang ada pada pasar, maka konsumen tidak mempunyai alasan lagi untuk membelinya.
Baca Juga :  Pengertian Statistik

Baca Juga :

Demikian pembahasan tentang secara umum bauran pemasaran. Semoga dapat bermanfaat.