Bhineka Tunggal Ika

Posted on

Bhineka Tunggal Ika – Bangsa Indonesia adalah sebuah negara dengan berbagai beragam budaya yang berbeda, dari agama, bahasa, suku, hingga adat, yang sangat berbeda di setiap daerah.

Karya sastra ini mempunyai beberapa bait dengan toleransi beragama pada waktu itu. Sekarang moto ini digunakan untuk menyatukan perbedaan agama, bahasa dan budaya yang menjadi milik negara Indonesia.

Tentunya tidak asing bagi kalian mengenai istilah ini. Apa itu bhineka tunggal ika, dan apa sajakah manfaat dan tujuannya? Dalam pembahasan kali ini akan membahas secara jelas dan singkat mengenai bhineka. Yuukk… Simak ulasannya sebagai berikut.

Apa itu Bhineka Tunggal Ika ?

Secara harfiah, dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika mempunyai sebuah arti yakni “keragaman dalam satu,” tetapi secara umum, persatuan dalam keragaman juga dapat diartikan sebagai “berbeda, tetapi tetap satu”. Selama era kemerdekaan Indonesia, semboyan ini mempunyai sebuah makna yang lebih besar dan menjadi salah satu berdirinya NKRI.

Sekarang semboyan ini digunakan sebagai menyatukan dalam perbedaan agama, bahasa, suku, dan budaya yang menjadi milik negara Indonesia. Meskipun merupakan dalam kata yang begitu sederhana, dalam semboyan ini begitu sangat terkait erat dengan kepulauan itu sendiri, sehingga dapat dengan mudah menyatukan bangsa yang mempunyai sebuah wilayah yang begitu luas.

Bhineka-Tunggal-Ika

Makna Bhineka Tunggal Ika

Bhinneka Tunggal Ika adalah begitu sangat penting bagi masyarakat dan bangsa Indonesia, di mana semboyan ini dianggap sebagai negara pemersatu. Karena pada wilayah Indonesia mempunyai lebih dari 17.000 pulau, 60% laut memisahkan pulau dan ada berbagai suku daerah atau ras yang begitu berbeda-beda.

Baca Juga :  Bendera Indonesia

Dengan adanya sebuah perbedaan yang sangat besar antara daerah-daerah di wilayah Indonesia, Indonesia perlu dipersatukan dalam beberapa cara. Di mana dalam semboyan Indonesia ialah dapat menyatukan daerah dengan latar belakang dan cerita yang berbeda untuk masing-masing daerah.

Bukan hanya itu, tetapi semboyan tersebut begitu sangat penting sebagai tonggak pencapaian tujuan dalam bangsa, itulah semboyan yang dibawakan dengan burung garuda yang menyimbolkan dalam sebuah tujuan nasional dalam Pancasila.

Tujuan Bhineka Tunggal Ika

Tujuan-Bhineka-Tunggal-Ika

Adapun beberapa dujuan dalam semboyan ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Mempersatukan Bangsa Indonesia

Digunakan sebagai kesatuan dalam keanekaragaman sebagai dasar negara Indonesia bukan tanpa karena adanya alasan, tetapi semboyan ini mempunyai sebuah tujuan yang begitu sangat baik untuk semua orang di Indonesia.

Tujuan pertama merupakan sebagai menyatukan suatu bangsa. Ini tentu saja tidak asing, dalam mengingat bahwa tujuan utama nya pada Bhineka ini merupakan menyatukan orang Indonesia sejak kemerdekaan.

2. Mempertahankan Kesatuan Bangsa

Indonesia mempunyai sebuah wilayah yang begitu sangat luas dengan beragam budaya dan pemikiran pada individu, tetapi satu daerah atau daerah tentu banyak yang tidak disukai daerah lain.

Hal ini dapat mengakibatkan dalam Indonesia cenderung sangat banyak untuk terpecah belah. Di sini peran persatuan dalam keberagaman sangat penting, yaitu pelestarian persatuan nasional.

3. Meminimalisir Konflik Atas Kepentingan Pribadi atau Kelompok

Keberadaan adanya sebuah toleransi yang begitu sangat besar merupakan sebuah tujuan dari Bhinneka, sehingga dalam semboyan ini mempunyai sebuah tujuan yakni untuk mengurangi konflik dalam kepentingan pribadi maupun dalam kelompok.

Dengan melakukan sebuah konsultasi atau musyawarah, Indonesia akan mencegah adanya konflik, yang mengarah dalam diskusi untuk tidak melihat atau berkolaborasi dengan suatu kelompok. Tapi itu harus adil dan tidak mendorong kelompok. Dengan cara ini konflik dapat dikurangi dengan aman dan damai di antara kedua pihak.

Baca Juga :  Sejarah PNI

4. Mencapai Cita-cita Negara Indonesia

Persatuan dalam keanekaragaman biasanya ditulis pada pita yang telah dipegang denganGaruda, di Garuda berdiri simbol adanya sebuah tujuan dalam negara yakni Pancasila. Semboyan dalam bahasa kuno ini telah memainkan peran penting dalam mencapai sebuah tujuan negara dengan bentuk Pancasila.

Karena itu, satu-satunya motto Bhinneka yakni harus kuat dan diterapkan dengan semua orang Indonesia agar bangsa ini dapat mencapai cita-cita yang telah diharapkan di masa lalu dan terdaftar di Pancasila.

5. Mewujudkan Masyarakat Madani

Pada masyarakat madani merupakan sebuah masyarakat yang mempunyai suatu peradaban satu dengan sama lain. Masyarakat sosial dan damai merupakan sebuah ciri khas dalam masyarakat sipil. Menjadi masyarakat sipil merupakan salah satu sebuah tujuan utama dalam semboyan Bhinneka , di mana orang Indonesia dapat bersosialisasi terlepas dari ras, suku, maupun dengan perbedaan yang lainnya.

6. Menciptakan Perdamaian

Seseorang yang telah mempunyai sebuah pendapat berbeda harus sering mengalami terjadinya sebuah konflik, tidak hanya individu, tetapi juga organisasi, kelompok, dan bahkan bidang konflik. Di sini, Bhineka sangat begitu berguna sebagai membuat orang sadar bahwa pendapat tidak boleh ditegakkan.

Jika akan menjaga pentingnya makna dalam adanya semboyan ini, Indonesia akan dapat tetap damai. Tidak terdapat adanya sebuah konflik, bentrokan atau pergumulan di antara orang Indonesia lainnya. Sayangnya, ini belum sepenuhnya dilaksanakan di Indonesia, karena masih ada banyak konflik yang muncul hanya karena perbedaan pendapat.

Dalam semboyan ini merupakan negara dengan berbagai beragam budaya yang berbeda, dari agama, bahasa, suku, hingga adat, yang sangat berbeda di setiap daerah.

Baca Juga :

Baca Juga :  Demokrasi Pancasila

Demikian pembahasan yang dapat kami sampaikan dengan singkat dan jelas yakni mengenai Bhineka Tunggal Ika. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan dapat berguna bagi Anda semua.