Apa itu Bokeh?

Posted on

Guruakuntansi.co.id Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang pengertian bokeh, tips dan trik, beserta rekomendasi aplikasi foto dan video bokeh yang bisa menghasilkan kualitas full HD dalam format Mp4 dan juga JPG. Berikut ulasan lengkapnya…

bokeh

Pengertian Apa itu Bokeh?

Pada dasarnya, bokeh adalah kualitas bagian gambar yang out-of-focus atau “blur” yang dirender oleh lensa kamera – ini BUKAN blur itu sendiri atau jumlah blur di latar depan atau latar belakang subjek.

Blur yang biasa Anda lihat dalam fotografi yang memisahkan subjek dari background adalah hasil dari “depth of field” yang dangkal dan secara umum disebut “background blur“.

Kualitas dan nuansa background blur / foreground dan titik pantulan cahaya itulah yang disebut fotografer sebagai Bokeh. Masih bingung? Perhatikan gambar berikut:

burung greja
Sumber gambar: Freepik

Burung gereja dalam fokus dan tajam (yang berarti berada di dalam bidang depth of field), sedangkan latar belakang tidak fokus (yang berarti bahwa background berada di luar depth of field).

Depth of field yang kecil atau “dangkal” adalah hasil dari posisi berdiri yang relatif dekat dengan subjek, saat menggunakan aperture yang besar. Lihat lingkaran bundar kecil-kecil pada latar belakang? (teliti dengan baik)

Itu adalah pantulan cahaya dan melingkar, karena begitulah cara lensa merendernya. Dalam kasus ini, “rasa” lembut dari area melingkar itulah yang oleh para fotografer disebut sebagai “bokeh yang baik”.

Sementara beberapa fotografer berpendapat bahwa bokeh hanyalah tentang kualitas pantulan cahaya melingkar, ada juga banyak fotografer lainnya percaya bahwa bokeh adalah tentang kualitas keseluruhan area di luar fokus (out-of-focus), bukan hanya pantulan dan sorotan.

Tips & Trik Membuat Bokeh

Sekarang Anda sudah mengerti apa itu bokeh dan cara kerjanya. Selanjutnya untuk menghasilkan kualitas foto atau video bokeh yang bagus ikuti tips trik berikut ini.

Bokeh yang Bagus dan Jelek

Ingat, bokeh dirender oleh lensa, bukan kamera. Lensa yang berbeda menghasilkan bokeh secara berbeda karena desain optik yang unik.

Baca Juga :  Pengertian Shareholder dan Stockholder

Umumnya, lensa potret dan telefoto dengan apertur maksimum yang besar menghasilkan bokeh yang tampak lebih menyenangkan daripada lensa zoom biasa yang lebih murah.

Misalnya, lensa Nikon 85mm f / 1.4D menghasilkan bokeh yang sangat bagus, sedangkan lensa Nikon 18-135mm f / 3.5-5.6G DX menghasilkan bokeh yang kurang bagus pada focal length dan aperture yang sama, semua karena perbedaan desain optik dari kedua lensa.

Sekali lagi, kami tidak hanya berbicara tentang background blur, semua lensa mampu menghasilkan blur di luar fokus, tetapi tidak semua lensa mampu menghasilkan bokeh yang indah.

Lantas, apakah bokeh yang bagus atau indah itu? Bokeh yang bagus dapat memanjakan mata kita dan persepsi kita terhadap gambar tersebut.

Dan oleh karena itu, background blur harus tampak lembut dengan efek cahaya bundar yang halus tanpa tepi yang kaku seperti contoh pada gamber berikut:

bokeh yang bagus
Sumber gambar: Freepik

Perhatikan latar belakang halus di balik wanita itu. Area di luar fokus terlihat creamy ​​dan lingkarannya bulat dan lembut dengan transisi indah di antara area blur.

Bagaimana dengan bokeh yang kurang bagus atau jelek? Meskipun banyak orang berpendapat bahwa tidak ada yang namanya bokeh jelek, namun mari kita sebut saja kurang berhasil (tidak menghasilkan lingkaran cahaya yang halus). Lihat gambar di bawah ini:

bokeh yang jelek
Sumber gambar: Freepik

Pada gambar tidak ditemukan lingkaran cahaya yang halus, hanya terlihat satu atau dua saja. Dan itu menurut kami belum bisa dibilang bokeh, hanya foto dengan background blur.

Cara Mendapatkan Bokeh yang Bagus

Jadi, bagaimana cara mendapatkan bokeh yang bagus? Seperti yang telah kami tunjukkan di atas, bokeh bergantung pada jenis lensa yang Anda gunakan.

Sementara lensa zoom biasa akan menghasilkan bokeh yang tidak optimal, lensa yang (prima) dan sebagian besar lensa zoom profesional dengan apertur cepat akan menghasilkan bokeh yang terlihat bagus.

Lalu bagaimana cara mengetahui jika lensa menghasilkan bokeh yang bagus atau tidak? Coba ini:

Fokuslah pada sebuah objek dari jarak yang sangat dekat (sedekat mungkin yang dimungkinkan oleh lensa, dengan menjaga objek tetap fokus), pastikan tidak ada objek setidaknya 5-6 meter di belakangnya.

Pastikan untuk berada di level yang sama dengan objek. Jangan gunakan objek polos seperti dinding sebagai latar belakang, cobalah untuk menemukan background yang berwarna-warni (lampu lebih kami sarankan).

Baca Juga :  Distribusi Adalah

Setelah Anda menemukan subjek uji coba yang bagus dengan background yang sesuai, setel kamera Anda ke mode “Aperture Priority” dan setel apertur ke angka terendah.

Pada kebanyakan lensa zoom biasa, apertur terendah biasanya f / 3.5, sedangkan pada lensa zoom prima dan profesional, bisa di antara f / 1.2 dan f / 2.8.

Setelah apertur disetel ke nilai terendah, potret subjek Anda dan lihat LCD belakang kamera Anda. Subjek harus fokus, sedangkan background-nya blur.

Jika Anda memiliki lensa yang bagus, maka hasilnya pasti lembut dan jelas, terlihat enak dipandang mata seperti yang ditunjukkan pada contoh di atas. Pantulan melingkar bulat dan lembut, tanpa tepi yang kaku.

Lensa Apa yang Bagus Untuk Bokeh?

Ada banyak lensa yang menciptakan bokeh yang tampak bagus. Lensa prima paling cepat dengan bukaan round-blade seperti Nikon 85mm f / 1.4G atau Canon 85mm f / 1.2 II USM.

Versi lebih rendah dari lensa yang sama yaitu Nikon 85mm f / 1.8G dan Canon 85mm f / 1.8 USM juga menghasilkan bokeh yang indah.

Ada banyak sekali lensa untuk kami sebutkan, jadi kami sarankan untuk melakukan lebih banyak uji coba tentang lensa yang berbeda, sesuai berdasarkan kebutuhan fotografi Anda.

Tetapi, jika Anda adalah seorang fotografer mobile yang menggunakan smartphone Android ataupun iPhone, maka lensa tidak bisa diubah karena itu sudah bawaan.

Dan untuk menghasilkan bokeh yang bagus dan indah, Anda bisa memanfaatkan aplikasi editor foto dan video yang tersedia di PlayStore dan AppStore.

Aplikasi Foto Bokeh Android & iOS

Untuk Anda fotografer mobile yang ingin menghasilkan bokeh JPG dengan kualitas yang bagus dan indah, Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi editor foto untuk Android & iOS berikut ini.

1. AfterFocus

afterfocus android ios
Sumber gambar: MotionOne

Dengan AfterFocus, Anda dapat membuat foto dengan latar belakang blur yang tidak kalah dengan kamera DSLR. Cukup dengan menentukan area fokus.

Yang Anda butuhkan hanyalah menangkap satu objek dan memindahkannya sedikit ke samping untuk mengambil gambar lain dari objek yang sama.

Kemudian aplikasi ini akan menganalisis gambar dan mengidentifikasi objek terdekat.

Selain itu, efek keburaman latar belakang AfterFocus memberi foto Anda transisi bertahap antara tepi latar belakang dan area fokus untuk hasil yang lebih alami dan profesional.

Baca Juga :  Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

AfterFocus secara otomatis mengidentifikasi area fokus bahkan untuk objek dengan bentuk yang kompleks. Karena fungsi ini, efek blur aplikasi Android & iPhone berfungsi dengan baik bahkan pada layar kecil.

2. Bokeh Lens

bokeh lens
Sumber gambar: StudioTIMO

Aplikasi ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Tool magnifier sangat memungkinkan Anda untuk melihat area yang Anda sentuh. Anda juga dapat menyesuaikan level blur (aperture) untuk mengontrol area blur.

Aplikasi ini sangat luar biasa karena memungkinkan Anda membuat fotografi kelas atas yang bisa Anda nikmati dalam genggaman ponsel / mobile.

3. Portrait: Depth Mode Photos

Portrait Depth Mode Photos
Sumber gambar: Toto Ventures Inc.

Aplikasi mobile ini membantu Anda mengontrol level blur dengan mudah. Untuk fokus pada fotografi di area tertentu, gunakan saja mode potret.

Depth tool yang mudah digunakan, serta penyesuaian ketebalan mask. Anda akan memiliki kendali penuh untuk skala dan tingkat blur dalam pengeditan gambar.

Aplikasi Video Bokeh Android & iOS

Jika di atas adalah aplikasi foto untuk membantu fotografer mobile, untuk Anda videografer mobile jangan berkecil hati. Karena kami guruakuntansi juga memiliki rekomendasi aplikasi video bokeh untuk Anda.

Aplikasi-aplikasi ini mampu menghasilkan video blur yang indah dengan kualitas Full HD dalam format Mp4, dan juga format lainnya. Berikut daftar aplikasinya.

1. VideoShow: Video Editor

VideoShow Video Editor & Maker
Sumber gambar: Shanghai Enjoy Information Technology Co., Ltd

Aplikasi edit video ini cukup menarik karena Anda dapat menambahkan efek blur background, dan menerapkan 30 efek visual yang berbeda pada video Anda. Bisa juga untuk membuat efek slow motion.

Setelah selesai mengedit video, Anda dapat langsung mengekspornya dalam kualitas Full HD dalam format Mp4, dll.

2. InShot

inshot
Sumber gambar: InstaShot Inc.

Dengan aplikasi ini Anda dapat melakukan editing dengan fitur-fitur yang tersedia untuk meningkatkan kualitas video dan mendapatkan latar belakang blur yang sangat indah.

Anda juga dapat menambahkan lagu ke dalam video untuk membuatnya lebih hidup dan lebih menarik. Aplikasi ini tersedia untuk Android dan juga iPhone.

3. BlurEffect

BlurEffect Blur Photo & Video
Sumber gambar: KALEIDOSCOPE Inc.

BlurEffect memungkinkan Anda membuat video dengan latar belakang blur. Anda juga dapat menambahkan efek berikut ke dalam video.

  • Blur
  • Soft Focus
  • Pixelate
  • Hexagon Pixelate
  • Halftone
  • Motion blur
  • Polka dot
  • Prism
  • Zoom Blur

Akhir Kata

Sekian ulasan tentang tips & trik untuk membuat foto dan video bokeh beserta rekomendasi aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk HP Android dan iPhone. Semoga bermanfaat.