Bunga Matahari

Posted on

Haii Teman-Teman kembali lagi dengan kami GuruAkuntansi.co.id. Kali ini kita akan membahas tentang Bunga Matahari. Oke langsung saja kita bahas …….

Apa kalian tahu Bunga Matahari?

Bunga Matahari

Bunga matahari atau nama latinnya Helianthus annuus L. Ialah suatu tumbuhan yang semusim berasal dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang sangat populer, akan tanaman hias ataupun tanaman penghasil minyaknya.

Bunga matahari sangat khas: besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala yang cukup besar diameter bisa mencapai 30 cm loh. Bunga ini sebenarnya merupakan bunga majemuk, yang tersusun dari ratusan bahkan ribuan bunga kecil pada satu bongkol.

Orang Prancis menyebutnya denagan tournesol atau disebut dengan “pengelana Matahari”. Tetapi, sifat ini disingkirkan pada berbagai kultivar baru untuk produksi minyak karena memakan banyak energi dan mengurangi hasil. Bunga matahari ialah nasional Ukraina dan juga merupakan bunga resmi negara dibagian Kansas, Amerika Serikat.

Baca Juga : Kerajaan Kutai

Apa itu Bunga Matahari

Kenapa diberi nama Bunga Matahari? Karena diketahui tumbuh ke arah matahari. Perilaku ini diketahui juga dengan istilah ‘heliotropik’. Dan sebaliknya, jika pada malam hari, bunga ini akan tertunduk ke bawah.

Kelompok budidaya

Ada 4 kelompok budidaya dalam bunga matahari yang dapat dibedakan berdasarkan kegunaannya sebagai berikut :

  1. Kelompok penghasil minyak, digunakan minyak bijinya saja. Biji kelompok ini mempunyai cangkang biji yang sangat tipis. Kandungan minyaknya sekitar 48% sampai 52%. Untuk mendapatkan satu liter minyak maka diperlukan biji dari kira-kira 60 tandan bunga majemuk.
  2. Kelompok pakan ternak, akan dipanen daunnya sebagai pupuk hijau atau pakan.
  3. Kelompok tanaman hias, yang mempunyai warna kelopak yang bervariasi dan juga mempunyai banyak cabang berbunga,
  4. Kelompok kuaci, yaitu untuk dipanen bijinya saja sebagai bahan pangan.

Manfaat Biji

Manfaat Biji Bunga Matahari

Baca Juga : Konjungsi Kronologis

Berikut beberapa manfaat dari biji bunga matahari :

1. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi merupakan faktor utama penyebab dari stroke dan penyakit jantung. Biji bunga matahari mempunyai senyawa magnesium, kalium dan kalsium. Ketiga senyawa ini mempunyai fungsi untuk menjaga tekanan darah dalam kisaran normal.

2. Menurunkan kadar gula darah

Biji bunga matahari mengandung magnesium yang fungsinya untuk meningkatkan sensitivitas insulin. Insulin memiliki peran penting dalam mengelolah gula dalam darah menjadi energi. Orang-orang yang sedang melakukan diet dan mengkonsumsi biji juga dapat menurunkan kadar diabetes.

3. Menurunkan kolesterol

Kacang-kacangan ialah sumber lemak tidak jenuh yang kaya, begitu juga pada bijinya. Asam lemak tidak jenuh ganda yang terdapat pada biji mampu mengurangi kadar LDL (Low-density lipoprotein) atau yang biasa dikenal dengan kolesterol jahat.

4. Meningkatkan kesehatan tulang

Seperti pada bagian tubuh yang lainnya, tulang juga memerlukan asupan-asupan khusus untuk mempertahankan kekuatannya. Biji mempunyai magnesium yang juga dibutuhkan oleh tulang. Magnesium berfungsi untuk mengatur kalsium yang akan masuk. Selain meningkatkan kesehatan tulang, biji juga bisa membantu mempercepat penyembuhan pada patah tulang.

5. Mencerahkan kulit

Biji ini sangat kaya akan vitamin E loh. Vitamin E memiliki fungsi untuk mengurangi kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet (UV). Vitamin E juga bisa menjaga kesehatan kulit untuk mencerahkan kulit dan dapat membuat terlihat lebih awet muda.

6. Menangkal kanker

Biji ini juga mengandung mineral yang bernama selenium. Mineral ini dibutuhkan tubuh dengan jumlah yang relatif sedikit. Meskipun jumlah yang dibutuhkan sedikit, mineral ini mempunyai manfaat yang penting dalam tubuh. Apabila selenium berjumpa dengan vitamin E maka akan menghasilkan antioksidan yang berperan cukup penting untuk menghalau terjadinya radikal bebas. Radikal bebas inilah yang menyebabkan kerusakan sel dan memicu kanker.

7. Merilekskan tubuh

Biji ini kaya akan prekursor dopamine,asam amino dan triptofan yang bisa membantu merilekskan tubuh dan membantu menghasilkan tidur yang nyenyak. Magnesium juga bisa membantu untuk meningkatkan kadar serotonin otak yang mampu menentukan suasana hati. Magnesium juga bisa mengurangi hormon stres kortisol yang tidak baik untuk suasana hati.

Baca Juga : Nama Planet Tata Surya

7 Langkah Mudah Menanam Bunga Matahari

Siapa sih yang tidak terpukau ketika melihat indahnya bunga matahari bermekaran? Tanaman hias yang satu ini banyak digemari karena kelopaknya yang begitu besar dan juga cantic yang menyerupai matahari. Tertarik untuk menanamnya? Maka berikutlah 7 langkah mudah menanam bunga matahari.

1. Siapkan benih bunga matahari yang akan kita tanam. Caranya, yaitu ambil biji yang telah layu dan sudah mengering.

2. Kemudian siapkan media tanam berupa polybag atau pot, kemudian diisi dengan campuran tanah dan juga pupuk kandang dengan perbandingan 70% tanah dan 30% pupuk kandang.

3. Lalu semai benih bunga matahari pada media tanam yang sudah disiapkan, jangan lupa untuk disiram dengan air sedikit lalu letakkan pada tempat yang teduh agar cepat muncul tunasnya.

4, Biji lalu akan mulai berkecambah setelah 7 hari sejak disemaikan. Tunggulah kecambah tumbuh hingga 7-10 cm dalam 2 hingga 3 minggu. Jangan lupa pelihara dengan baik dan disiram tiap hari ya.

5. Setelah itu siapkan lubang tanam sedalam 5 cm lalu pindahkan bibit ke dalam pot atau lahan akhir. Dan jangan lupa siram tiap hari, ya!

6. Bersihkan gulma secara berkala dan lakukan pemupukan susulan pada 1 sampai 2 bulan umur tanaman. Butuh waktu sekitar 2 bulan bagi bunga matahari untuk mulai tumbuh kuncup, kemudian tunggu hingga mekar.

7. Tunggu bunga matahari mekar dalam 45-60 hari setelah ditanam atau 90-105 hari sejak disemai. Taraaa! mekar dan siap dinikmati keindahannya.

Baca Juga : Pengertian Pajak Tangguhan

Sayangnya, bunga matahari ini termasuk jenis tanaman yang semusim, jadi setelah masa berbunganya berakhir, tanaman ini akan mati. Tapi jangan berkecil hati ya, bunga yang telah tua dan kering akan menghasilkan ratusan biji yang bisa disemai untuk menghasilakn tanaman baru. Jadi, kamu bisa menanam lagi dan lagi.

Demikianlah pembahasan kita tentang Bunga Matahari,Smoga kalian mengerti dan menjadi penegetahuan yang berguna, Terimakasih sudah berkunjung di artikel kami.