Candi Ratu Boko

Posted on

Candi Ratu Boko – Situs Ratu Boko termasuk peninggalan dalam agama Buddha. Karena Rakai Panangkaran dikenal sebagai seorang Buddhis. Ini dikenal dengan kehadiran patung Buddha Dyani.

Ratu Boko mempunyai sebuah keindahan yang tidak dimiliki tempat lain di wilayah Yogyakarta, dimulai dengan gerbang masuk yang ikonik, hamparan rumput hijau yang luas, gua, paseban, dan bekas pendomo.

Dalam pembahasan ini, kami akan menjelaskan yakni mengenai Condi Ratu Boko, beserta sejarah dan bentuknya. Untuk ulasan selengkapnya, yukk… Simak secara bersama-sama.

Bagaimanakah Sejarah Ratu Boko ?

Dalam sebuah abad ke-17 terdapat seorang warga negara Eropa yang mengunjungi Jawa di daerah Bokoharjo. Hanya saja orang tersebut tidak dapat menemukan situs yang telah dimaksud. Suku Eropa yaknimasih penasaran terhadap situs ini juga menceritakan kisahnya terhadap H.J. De Graff si Belanda, yang kemudian akan melakukan penelitian oleh FDX Bosch yang akhirnya menemukan reruntuhan tersebut.

Candi-Ratu-Boko

Menurut sebuah Prasati Abhayagiri, candi yang bernomor 792 M, Situs Ratu Baka ialah adanya sebuah situs Rakai Panangkaran, yang dapat mengundurkan diri dari seorang Raja Mataram karena ia butuh istirahat. Kemudian Rakai Panangkaran membangun sebuah kuil, yang dapat disebut sebagai Kuil Abhayagiri.

Terdapat juga cerita bahwa adanya seorang Ratu Boko yakni telah berasal dari nama yang juga merujuk pada bapak legenda Roro Jonggrang. Kisah ini berkembang pesat di masyarakat sekitar. Sebuah istana dari seorang Ratu Boko digunakan selama Dinasti Syailendra.

Situs Ratu Boko adalah termasuk dalam sebuah peninggalan agama Buddha. Karena Rakai Panangkaran dikenal sebagai seorang Buddhis. Ini diketahui dari keberadaan patung Buddha Dyani, tetapi juga dapat disebut sebagai situs peninggalan Hindu sejak Yoni, Arcah Durga, dan patung Ganesha ditemukan.

Baca Juga :  Sejarah Mumi

Banyak orang salah mengira bahwa Ratu Boko merupakan sebuah candi seperti kebanyakan candi di wilayah Yogyakarta, akan tetapi pada kenyataannya ini tidak benar, pada kenyataannya Ratu Boko adalah kompleks kerajaan atau istana, beberapa orang menyebutnya Istana Ratu Boko.

Ratu Boko memiliki sebuah letak di wilayah bukit yang cukup tinggi, yaitu sekitar 195,97 meter di atas permukaan laut. Kompleks Ratu Boko memiliki keindahan yang sangat menarik dan rahasia ketika Anda melihat peninggalan yang ada menurut sumber yang berbeda. Ratu Boko merupakan salah satu sebuah peradaban dalam kerajaan sebelumnya yang sangat maju pada masanya.

Ini bisa dilihat dari sebuah bentuk dalam bangunan di Ratu Boko. Ratu Boko yakni termasuk salah satu sebuah tempat wisata paling populer karena adanya sebuah eksotisme dan suatu keindahan.

Arsitektur Candi Ratu Boko

Terdapat beberapa arsitektur dalam candi ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Gerbang Utama Candi Ratu Boko

Gerbang Utama Candi Ratu Boko merupakan sebuah pintu masuk ke Candi Ratu Boko berada di wilayah barat kompleks candi tersebut. Gerbang masuk itu sendiri terdiri dari dua jenis gerbang, yaitu gerbang luar dan gerbang dalam. Gerbang luar lebih kecil, sedangkan gerbang bagian dalam adalah gerbang utama candi yang lebih besar.

Contoh-Candi-Ratu-Buko

Ada gerbang eksternal yang diatur dengan 3 gerbang Paduraksa yang diatur satu di belakang yang lain. Di dalam candi adalah gerbang utama dengan 5 buah Paduraksa Hapura. Di gerbang dalam ini atau gerbang utama adalah sebuah prasasti Panabwara. Panabwara tersebut telah merujuk dalam Rakai Panabwara, yang termasuk dalam sebuah keturunan Raja yang bernama Raja Rakai Panangkaran.

2. Candi Batu Kapur, Candi Pembakaran dan Sumur Suci

Candi ini yakni merupakan sebuah keramat. Ada beberapa sebuah candi di kompleks Istana Ratu Boko tersebut. Ada Kuil Batu Kapur atau Kuil Batu Putih di area timur laut halaman ini. Candi tersebut disebut sebagai candi kapur karena didasarkan pada fondasi batu kapur. Bagian atas candi ini telah menghilang.

Baca Juga :  Penemu Benua Australia

Sejarawan telah berpendapat bahwa adanya sebuah bagian atas candi terbuat dari kayu yang dapat dengan mudah dihancurkan, sehingga tidak ada yang tersisa sekarang. Selain candi kapur, Kuil Bakar dan Sumur Suci terletak di Istana Ratu Boko.

Candi Pembakaran merupakan sebuah bangunan di area depan sebuah situs web ini sehingga dapat melihat Kuil Burning ketika Anda pertama kali memasuki sebuah gerbangyang bernama Candi Ratu Boko.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Candi Ratu Boko beserta sejarah dan bentuk arsitekturnya. Semoga ulasan ini, dpat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.