Candi Sewu

Posted on

Candi Sewu – Candi Budha, dibangun dengan abad ke-8 dan terletak di dekat Candi Prambanan, sekitar 800 meter di utara Candi Prambanan.

Secara historis, nama asli dari candi ini ialah “Prasada Vajrasana Manjusrigha”. Candi Sewu ialah sebuah kompleks pada candi Budha yang memiliki keindahan dengan sebuah Candi Prambanan.

Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas dengan jelas dan singkat mengenai candi sewu. Bagaimanakah sejarah dan penjelasan lainnya? Yuukk… Simak ulasan sebagai berikut.

Bagaimanakah Sejarah Candi Sewu ?

Candi Sewu memiliki letak di bagian Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, tepat di kabupaten Prambanan. Dan hanya 800 meter dari Candi Prambanan, salah satu candi Hindu di wilayah Indonesia. Jika pintu masuk ke dalam Candi Prambanan menghadap ke sebelah bagian selatan, Candi Sewu sebaliknya, menunjuk ke utara. Jadi, ketika Anda mengunjungi situs bersejarah di Candi Prambanan, luangkan waktu untuk menjelajahi keindahan Candi Sewu.

Candi Sewu adalah karena ada sejumlah candi yang tampaknya menjadi nomor satu. Karena kata “sewu” berarti seribu dalam bahasa Jawa. Namun, jumlah candi di kompleks Candi ini sebenarnya bukan seribu, candi di kompleks candi ini hanya 249 candi. Dan penamaan ini terkait dengan legenda kisah cinta antara Bandung Bondowoso dan Loro Jonggrang.

Candi-Sewu

Meski beredar mitos di masyarakat. Candi ini diperkirakan telah didirikan pada masa Dinasti Syailendra pada abad ke-8, ketika Candi ini dapat dibangun hampir persis seperti Candi Borobudur di wilayah Magelang. Hal ini dapat didasarkan pada penemuan prasasti pada 1960-an, di mana prasasti Kelurak 782 M dan prasasti Manjusringrha 792 M dicatat.

Baca Juga :  Teks Cerita Sejarah

Hingga 2006, gempa bumi besar mengguncang Yogya dan sekitarnya, dengan gempa bumi merusak beberapa bangunan candi Sewu. Bagian yang paling terkena dampak gempa adalah bagian utama dari candi, di mana beberapa batu jatuh dari bangunan ke tanah dan beberapa air mata terlihat di Candi.

Lokasi Candi Sewu

Candi ini yakni memiliki letak di perbatasan antara provinsi dalam Yogyakarta dan provinsi Jawa Tengah, tepatnya di desa Bugisan, Klaten, Prambanan, Jawa Tengah. Candi ini memiliki letak tidak jauh dari dalam Candi Prambanan, yakni tempat ibadah agama Hindu. Sekarang, Candi tersebut merupakan bagian dari kompleks pariwisata Candi Prambanan.

Contoh-Candi-Sewu

Hal ini juga terkait erat dengan sejarah Candi ini bahwa orang Indonesia saling menghormati di antara komunitas agama. Selain itu, ada beberapa candi di sekitar Candi Prambanan dan Kompleks Candi, yakni diantaranya ialah:

  • Candi Bubrah, merupakan candi Budha yang masih merupakan sebuah candi yang kompleks dengan beberapa pariwisata Candi Prambanan.
  • Candi Lumbung, candi ini memiliki letak di bagian sebelah selatan Candi Bubrah, Candi Sewu, dan di utara Candi Prambanan.
  • Candi Gana, terletak di sebelah timur Kompleks Candi ini, hanya 300 meter jauhnya.
  • Candi Lor, tepat di utara Kompleks Candi Sewi dan hanya 200 meter dari Candi tersebut.
  • Candi Kulon, candi ini memiliki letak di sebelah barat Kompleks Candi dan berjarak sekitar 300 meter.

Kompleks Candi Sewu

1. Candi Pengapit

Di tepi garis terluar Candi Perwara adalah 8 Kuil Pengapit. Di mana Temple of the Clamming adalah pintu gerbang ke candi utama. Candi penjepit juga terletak di 4 sisi kompas, yaitu ke timur, selatan, barat dan utara. Dan mempunyai ketinggian sekitar 1 meter.

Baca Juga :  Sejarah Google

2. Candi Utama

Candi Utama atau Candi ini adalah candi terbesar di wilayah Kompleks Candi ini, di mana candi ini memiliki letak di tengah candi yang menyertainya di sekitar candi ini. Dan candi ini mempunyai suatu ketinggian sekitar 30 meter dengan dimensi bangunan sekitar 29 meter. Semua bangunan candi utama dibangun dari batu andesit.

3. Candi Perwara

Candi Perwara adalah candi yang mengelilingi candi utama. Sebanyak 240 candi memiliki bentuk yang hampir mirip dengan candi utama, tetapi lebih kecil. Pada dasarnya, candi Perwara terdiri dari 4 garis dalam sebuah konsentris, termasuk:

  • Di baris pertama adalah 28 kuil Perwara.
  • Di baris kedua ada 44 candi Perwara.
  • Di baris ketiga ada 80 candi Perwara.
  • Di baris keempat ada 88 candi Perwara.

Candi Sewu memiliki letak di bagian Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, tepat di kabupaten Prambanan. Dibangun dengan abad ke-8 dan terletak di dekat Candi Prambanan.

Baca Juga :

Demikian pembahasan kali ini, yang dapat kami sampaikan untuk Anda, mengenai Candi Sewu. Semoga ulasan kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.