Cara Mencari Akar Kuadrat Pangkat 2 dan 3 dengan Excel

Posted on

Cara Mencari Akar Kuadrat Pangkat Dua dan Tiga dengan Excel – Perpangkatan merupakan salah satu materi yang tidak asing. Dari SD hingga kuliah pun materi ini tetap ada. Pangkat dua pun sudah umum dan ketika ditanya langsung menjawab, sedangkan pangkat tiga harus masih ada yang sedikit bingung dan tidak bisa langsung menjawab. Apalagi jika angka yang dipangkatkan tiga tersebut merupakan angka yang besar. Begitu pula pada saat mencari akar kuadrat. Pada saat akar kuadrat pangkat dua, banyak yang bisa menjawab. saat akar kuadrat pangkat tiga tentunya berbeda. Angka yang tidak besar juga membuat bingung.

Mencari akar kuadrat pangkat dua dan tiga memang tidaklah mudah. Apalagi soal yang diberikan merupakan angka yang besar. Dalam ilmu matematika pun kita diajarkan bagaimana cara mencari akar kuadrat baik itu pangkat dua atau pun pangkat tiga.

Tapi tahukah kamu bahwa dalam microsoft excel terdapat rumus formula fungsi excel yang dapat membantu Anda dalam mencari akar kuadrat? Ya, pada microsoft excel terdapat rumus formula fungsi excel yang disediakan. Dengan begitu Anda akan dengan mudah menemukan hasil dari akar kuadrat tersebut. Pada guruakuntansi.co.id kali ini akan membahas mengenai Cara Mencari Akar Kuadrat Pangkat Dua dan Tiga dengan Excel yang dilengkapi dengan contohnya. Simak kuy artikel ini ya.

Akar Kuadrat

Akar kuadrat merupakan kebalikan dari pangkat. Misalkan a2 = x, maka akar kuadrat pangkat dua dari x yaitu a. Karena jika a dikuadratkan maka akan menghasilkan x.

Cara Mencari Akar Kuadrat Pangkat Dua dan Tiga dengan Excel

Untuk itu kita harus tahu angka yang dipangkatkan akan menghasilkan berapa. Misalkan:

Baca Juga :  Rumus Formula dalam Excel
12 = 262 = 36
22 = 472 = 49
32 = 982 = 64
42 = 1692 = 81
52 = 25102 = 100
Kuadrat

Perpangkatan tersebut membantu Anda dalam mengerjakan soal akar kuadrat.

Cara yang digunakan dalam matematika untuk mencari akar kuadrat memang sedikit membingungkan. Kita akan mencari seperti mengerjakan pembagian. Tetapi kita harus menggunakan angka dalam kuadrat. Misalkan 4 berarti angka pembaginya yaitu 2. Karena 2 x 2 = 4.

Cara Mencari Akar Kuadrat Excel

Dalam mencari akar kuadrat memang tidaklah mudah, untuk angka kecil kita masih bisa mengerjakannya. Tetapi bagaimana jika akar kuadrat tersebut sudah menggunakan angka yang besar. Apalagi yang ditanya adalah akar kuadrat pangkat tiga.

Dengan bantuan microsoft exel kita dapat mengerjakan soal akar kuadrat tersebut. Fungsi excel yang digunakan untuk mencari akar kuadrat yaitu:

Dengan tanda pangkat yaitu (^), fungsi ABS, POWER, dan SQRT.

Cara Pertama

Berikut ini cara yang digunakan untuk mencari hasil dari akar kuadrat dengan pangkat dua dan tiga dengan rumus formula pada excel yaitu:

Misalkan Anda akan menghitung angka pada cell A1, maka pilih cell C1 untuk menuliskan rumus formula akar kuadrat tersebut:

  • Untuk mencari akar kuadrat pangkat dua yaitu ketikkan =A1^(1/2)
  • Sedangkan untuk mencari akar kuadrat pangkat tiga yaitu ketikkan =A1^(1/3)
Ingat. an = x, sehingga x1/n = a.

Sehingga, rumus akar kuadrat pangkat n pada microsoft excel yaitu:

=number^(1/n)

Untuk menghindari bilangan tersebut menjadi negatif, Anda bisa menambahan fungsi Absolute. Berikut ini rumus formulanya:

=ABS(number^(1/n))

Cara Kedua

Selain cara tersebut Anda juga dapat menggunakan fungsi excel POWER yaitu sebagai berikut:

=POWER(number;power)

Misalkan Anda ingin mencari akar kuadrat pangkat tiga dari 512. Maka,

  1. Pada cell A2 diketikkan angka 512.
  2. Kemudian pada cell B2 ketikkan =POWER (A2; 1/3)
  3. 1/3 merupakan akar kuadrat pangkat tiga. Jika ingin mencari akar kuadrat pangkat dua maka ketikkan ½.
  4. Maka Anda akan mendapatkan hasil 8.
Baca Juga :  Rumus Frekuensi Statistik Excel Disertai Contoh Soal

Cara Ketiga

Selain cara yang telah disebutkan di atas, Anda dapat menggunakan fungsi excel berikut ini:

=SQRT(number)

Note:
Fungsi SQRT ini merupakan akar kuadrat pangkat dua. Jadi, fungsi tersebut tidak bisa digunakan untuk mencari akar kuadrat pangkat tiga dan seterusnya.

Bagaimana apakah Anda sudah mengerti cara mencari akar kuadrat pangkat dua dan tiga dengan cara yang telah disebutkan di atas?

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai cara mencari akar kuadrat pangkat dua dan tiga dengan excel yang telah dijelaskan dengan berbagai cara. Semoga artikel ini membantu Anda dalam mengatasi masalah akar kuadrat, tetapi tetap mengerti dan tahu cara mengerjakannya ya. Jangan terlalu terfokus pada alat bantu. Terima kasih.