Ciri – Ciri Kelelawar

Posted on

Ciri – Ciri Kelelawar – Merupakan jenis mamalia yang bisa terbang serta berasal dari tatanan Chiroptera, dalam kedua kaki depan yang dapat berkembang dengan sayap.

Kelelawar sering ditemukan di dalam gua yang begitu sangat gelap. Kelelawar, termasuk binatang yang menyusui anak-anak mereka dan cara berkembang biak dengan melahirkan.

Lalu, bagaimanakah ciri-ciri terhadap hewan kelelawar ini? Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai kelelawar. Untuk ulasan selengkapnya, yuk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Hewan Kelelawar ?

Kelelawar merupakan hewan yang bisa terbang dalam waktu malam hari dan gelap. Meskipun kelelawar beraktifitas pada malam hari, hewan tersebut tidak menabrak ketika saat terbang.

Saat terbang kelelawar hanya mengandalkan organ telinga untuk mendengar. Kelelawar dapat mengeluarkan suara dari dalam mulut tersebut. Getaran dalam suara frekuensi sangat tinggi hingga menghantam objek di depan.

Hewan-Kelelawar

Refleksi suara tersebut kemudian diterima oleh telinga hewan tersebut. Karena itu, kelelawar bisa menentukan dalam jenis arah dan jarak objek di depannya. Kelelawar menggunakan indra penciumannya yang sensitif sebagai mendapatkan sebuah makanan. Makanan kelelawar terdiri dari serangga kecil dan buah. Dari kejauhan, hewan ini bisa mencium aroma buah-buahan matang melalui indra penciuman.

Kelelawar yakni merupakan vertebrata yang berkembang biak melalui melahirkan. Kelelawar seperti apartemen gelap seperti loteng, gua, dan langit-langit. Terdapat kelelawar yang tergantung di dahan atau ranting pohon. Kelelawar dapat keluar di waktu malam hari sebagai mencari makanan.

Baca Juga :  Daur Hidup Jangkrik

Ciri – Ciri Kelelawar

Terdapat beberapa ciri-ciri terhadap hewan jenis mamalia atau hewan kelelawar, yang akan dijelaskan sebagai berikut:

  • Mempunyai sebuah kemampuan dengan cara ekolokasi, yang dapat menggunakan sebuah gelombang suara sebagai menentukan adanya sebuah posisi terhadap mangsanya.
  • Termasuk hewan mamaila yang bisa terbang.
  • Jenisnya terdiri dari: kelelawar buah (pemakan buah), kelelawar ikan (pemakan ikan), kelelawar katak (pemakan katak), kelelawar lidah panjang (pemakan nektar) serta kelelawar vampir (pengisap darah).
  • Tinggal di dalam gua yang gelap, lembap atau di pohon yang jaraknya sangat tinggi.
  • Waktu kelelawar terbang, akan menghasilkan sebuah bunyi yang sangat tinggi atau ultrasonik, beserta menyebabkan sebuah pantulan yang berdampak pada suatu objek.
  • Di malam hari akan mencari sebuah makan (nokturnal).
  • Mempunyai pendengaran yang begitu sangat tajam.
  • Tidur terbalik jika dalam siang hari.

Jenis – Jenis Kelelawar

Kelelawar dari segala ukuran dan bentuk adalah makhluk yang sangat unik dan menarik. Terdapat beberapa jenis-jenis hewan kelelawar, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Kelelawar Bermuka Hantu

Kelelawar berwajah hantu yakni tersebar secara luas di Dunia Baru, dari negara Amerika Serikat bagian selatan hingga Peru, dengan hidung kecil, lipatan kulit yang aneh dan keras yakni berada dalam wajah hewan ini, dan dahi yang sangat menonjol yang memberi kelelawar tampilan yang sangat aneh. Mereka merupakan pemakam serangga nokturnal.

2. Kelelawar Hantu

Kelelawar berambut putih tersebut, yakni dapat ditemukan di dalam hutan hujan tropis dari negara Meksiko ke negara Brasil dan di dalam sebuah pulau Karibia Trinidad. Yakni merupakan sebuah hewan individu yang dapat bersarang di siang hari di bawah daun palem, terbang dengan tinggi di malam hari, mencari serangga terbang yang lainnya.

Baca Juga :  Akar Tunggang

3. Kelelawar Pisang

Kelelawar pisang adalah spesies yang hanya ditemukan di Meksiko barat. Mereka terkenal dengan moncongnya yang begitu sangat panjang, kelelawar tersebut ialah terpanjang dari semua kelelawar dan diukur berdasarkan ukurannya.

Hewan ini memakan nektar yang termasuk dalam penyerbuk penting di habitat hutan tropis dan mendapatkan namanya karena umum di dalam perkebunan pohon buah pisang.

4. Kelelawar Chapin’s

Kelelawar tersebut, memiliki rambut yang begitu aneh dan kelelawar jantan dapat memancarkan bau aneh yang akan menarik perhatian terhadap kelelawar betina selama dalam musim kawin. Mereka merupakan hewan yang memakan serangga serta dapat hidup di dalam hutan hujan Afrika bagian Tengah.

5. Kelelawar Pemancing

Kelelawar besar tersebut merupakan hidup di negara Meksiko, Amerika bagian Tengah Selatan dan terutama memakan hewan ikan. Dia menggunakan kaki cakar panjang sebagai menangkap ikan di dalam permukaan air dan lalu akan memakannya dengan sayapnya. Ini relatif lebih kecil dari pada jenis kelelawar pemancing yang cara makanannya ialah dengan serangga air.

6. Kelelawar Bertelinga Besar

Kelelawar terbang tersebut merupakan memakan serangga yang dapat terbang seperti kelelawar yang lainnya dan akan mencari mangsanya dengan menggunakan ekolokasi. Telinga mereka termasuk besar dan memberi mereka pendengaran yang lebih baik dari pada kelelawar dengan telinga kecil. Mereka mempunyai sebuah genera yang berbeda dan terjadi di banyak dalam dunia.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara jelas dan lengkap yakni mengenai Ciri-Ciri Kelelawar. Semoga ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.