Ciri Khusus Tumbuhan

Posted on

Ciri Khusus Tumbuhan – Pada umumnya, dalam hutan bakau dapat didefinisikan untuk hutan yang tumbuh di rawa payau yang terletak di pantai dan dipengaruhi dengan pasang surut.

Fitur khusus dari suatu tanaman bakau ini di bagian pantai. Masing-masing pada daun dikumpulkan di atas kuncup tertutup di bagian ujung cabang.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas mengenai Ciri Khusus Tumbuhan. Untuk ulasan selengkapnya, yuk… Simak penjelasan nya sebagai berikut.

Apa itu Tumbuhan ?

Tumbuhan atau Tanaman merupakan sebuah organisme eukariotik multiseluler yang termasuk dalam sebuah Kerajaan Plantae. Ini terdiri dari beberapa jenis kerang, yaitu tanaman berbunga, Lycopodiopsida, tanaman benih terbuka dan gymnospermae, lumut, pakis, dan sejumlah ganggang hijau.

Ciri-Khusus-Tumbuhan

Dalam tumbuhan hijau mempunyai dinding sel yang kuat dan telah mengandung selulosa. Hampir semua dalam anggota tanaman yang bersifat autotrofik, yang berarti mereka yakni energi sendiri dengan mengubah energi sinar matahari melalui sebuah proses yang disebut sebagai fotosintesis terhadap organel sel yang disebut kloroplas.

Karena warna hijau yang dominan di dalam sebuah anggota kerajaan ini, nama Viridiplantae (Tanaman Hijau) digunakan. Nama lainnya ialah Metaphyta. Tetapi terdapat dalam tanaman yang memiliki sifat parasit dan yang terkadang tidak dapat melakukan proses tanpa klorofil dan fotosintesis dengan sedikit.

Tumbuhan juga dapat dicirikan dengan bagaimana mereka bereproduksi, bagaimana mereka tumbuh, dan bagaimana mereka dapat mematikan keturunan. Sekitar dalam 350.000 spesies terhadap organisme dalam dimasukkan, yang tidak termasuk ganggang hijau.

Baca Juga :  Kingdom Plantae

Ciri Khusus Tumbuhan

Dalam beberapa terhadap tanaman dengan karakteristik unik yang ditemukan di sekitarnya, tetapi ada juga tanaman yang hanya hidup di sebuah tempat-tempat tertentu hingga tidak dapat dijangkau oleh manusia, berikut adalah penjelasan nya:

a. Teratai

Ciri-ciri khusus dalam sebuah tanaman tersebut ialah daunnya yang tipis dan lebar serta akar dan batangnya yang berlubang, yang mempunyai fungsi sebagai mengangkut oksigen ke dalam batang dan akar serta untuk mempertahankan pernapasan, meskipun dalam teratai hidup di lumpur atau di air.

b. Kaktus

Tanaman tersebut yakni mempunyai sebuah daun yang telah ditumbuhi berbagai duri dan mempunyai sebuah fungsi dalam mengurangi terhadap penguapan. Ini memungkinkan kaktus tersebut dapat bertahan hidup di suatu daerah yang kering.

c. Bunga Bangkai

Bunga bangkai tersebut yakni tidak mempunyai suatu karakteristik khusus dalam bentuk yang unik, tetapi juga aroma yang sangat menyengat dan aromanya tidak sedap. Aroma tersebut mempunyai sebuah fungsi menjauhkan bahaya dari bunga ini dan digunakan sebagai merangsang terhadap serangga dan membantu dalam penyerbukan.

d. Anggrek

Tanaman ini dikenal dengan bunga-bunga yang begitu sangat indah, atau yang sering dibudidayakan dan akan ditanam di suatu rumah untuk hiasan. Anggrek sendiri adalah tanaman epifit yang hidup pada tanaman lain sampai mereka mendapatkan suatu sinar dari matahari.

e. Bunga Mawar

Mawar mempunyai sebuah batang yang dipenuhi duri tajam dan mempunyai fungsi melindungi mereka dari berbagai serangan bermusuhan, sedangkan bunga mempunyai sebuah fungsi menarik perhatian terhadap serangga sebagai membantu dalam adanya sebuah proses untuk penyerbukan.

f. Pohon Bakau

Tanaman ini tidak hanya mempunyai dalam bentuk yang unik dan tempat tinggal yang unik, tetapi juga cara hidup yang unik dengan produsen yang mempunyai sebuah fungsi melindungi dirinya sendiri ketika pasang dan ombak akan datang.

Baca Juga :  Pengertian Mollusca

Pohon bakau yakni mempunyai sebuah manfaat dalam kehidupan manusia karena tidak hanya menghasilkan sebuah oksigen tetapi juga dapat menahan dalam musibah tsunami.

g. Kantong Semar

Dalam kantong semar tersebut, yakni mempunyai suatu properti khusus dengan berisi suatu tas di mana ada cairan yang dapat ditangkap dengan serangga.

h. Bambu

Bambu yakni mempunyai sebuah rambut gatal dan halus yang telah melindunginya dari suatu musuh yang akan merusak terhadap tanaman tersebut.

i. Putri Malu

Putri malu ialah jenis tumbuhan yang istimewa, yakni dalam dedaunan tertutup ketika akan disentuh, dahannya bersifat halus, memiliki cabang dan memiliki duri yang tajam. Duri tersebut yakni mempunyai suatu fungsi untuk melindungi diri dari suatu hewan herbivora yang memakannya.

j. Bunga Matahari

Hal khusus tentang tanaman bunga matahari ialah bunga tersebut yang selalu mengikuti arah matahari, dan karenanya tanaman ini disebut sebagai bunga matahari.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara jelas dan lengkap yakni mengenai Ciri Khusus Tumbuhan. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.