Contoh gambar Kegiatan Produksi

Posted on

GuruAkuntansi.co.id – Artikel makalah tentang Contoh gambar kegiatan produksi, meliputi dari pengertian kegiatan produksi, konsumsi, serta distribusi. Berikut penjelasannya. . .

Pengertian Kegiatan Produksi

Kegiatan produksi merupakan kegiatan ekonomi yang dikerjakan oleh manusia untuk menghasilan suatu barang dan jasa guna mencapai keinginan dalam hidupnya.

Kegitan produksi juga dapat diartikan sebagai suatu kegiatan untuk meningkatkan kegunaan barang dan manfaat dalam memenuhi kebutuhan sehari – hari.

Contoh Kegiatan Produksi

Ada beberapa contoh kegiatan produksi yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari seperti dibawah ini :

1. Petani mengelola sawah untuk menghasilkan padi, jagung dan singkong

Dari kegiatan yang di lakukan oleh petani ini termasuk kedalam kegiatan produksi, yaitu disebut produksi pengelolaan sawah atau ladang untuk menghasilkan padi, singkong dan jagung yang digunakan untuk makan kita sehari – hari.

Guruakuntansi.co.id

2. Petani menggiling padi menjadi beras

Setelah selesai memanen sawah atau ladangnya, lalu petani akan melakukan penggilingan padi guna untuk mendapatkan beras yang sehari -hari kita makan.

Guruakuntansi.co.id

3. Pabrik baju membuat baju

Pabrik garmen atau pabrik pembuatan baju awalnya menggunakan bahan baku, kemudian mengubahnya menjadi produk setengah jadi dan kemudian menjadi bahan jadi seperti pakaian dan siap untuk dipasarkan di seluruh wilayah.

Guruakuntansi.co.id

4. Membuat tahu

Di sebuah pabrik, tahu kedelai difermentasi menjadi tahu, dan tahu digunakan sebagai lauk yang dimakan setiap hari.

Guruakuntansi.co.id

5. Membuat telivisi dan hp

Sebuah pabrik memproduksi benda-benda elektronik dalam bentuk televisi dan ponsel, yang dari kedua benda tersebut dapat kita digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Guruakuntansi.co.id

Pengertian kegiatan konsumsi

Kegiatan konsumsi merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk menghabiskan atau juga memakai barang dan jasa guna mencapai kemakmuran hidupnya.

Baca Juga :  Preferensi Konsumen & Proses Pengambilan Keputusannya

Seseorang yang melaksanakan kegiatan konsumsi ini disebut dengan konsumen, sedangkan barang dan jasa yang dikonsumsi disebut sebagai barang konsumsi.

Dalam kehidupan sehari – hari, kegiatan konsumsi sering disebut dengan makanan dan minuman, namun selain makanan dan minuman, ada juga kegiatan untuk mengunakan celana, pakaian, jilbab, sepatu, mengemudi dan bersepeda motor.

Contoh Kegiatan Konsumsi

Terdapat dua pola penggunaan dalam kegiatan konsumsi antara lain :

1. Pola penggunaan langsung

Dalam pola penggunaan langsung, barang atau jasa yang dikonsumsi dapat membawa manfaat langsung bagi konsumen untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Contoh : mengkonsumsi minuman dan makanan, menggunakan pakaian, mengendarai kendaraan dan lain-lain.

2. Pola penggunaan tidak langsung

Dalam pola penggunaan tidak langsung, barang atau jasa yang dikonsumsi tidak dapat memberikan manfaat secara langsung.

Contoh : jika kita membeli sebuah setrika, setrika tersebut bukan untuk dipakai langsung ke tubuh kita, melainkan untuk menyetrika pakaian yang akan kita pakai.

Pengertian Kegiatan Distribusi

Kegiatan distribusi merupakan suatu kegiatan ekonomi yang dilakukan manusia untuk menyalurkan barang dari produsen ke konsumen.

Orang atau unit bisnis yang menempatkan barang-barang ini di tangan konsumen disebut sebagai dealer. Tanpa dealer, barang dari pabrikan tidak dapat menjangkau konsumen yang jauh dari pabrikan.

Produsen akan merasa kesulitan untuk menjual barang-barang mereka dan konsumen akan merasa kesulitan untuk menemukan barang-barang yang mereka inginkan, maka satu sama lain ini masih berhubungannya.

Contoh Kegiatan Distribusi

Terdapat dua pola kegiatan distribusi barang dari produsen sampai ke tangan konsumen yang dilakukan dengan dua cara, yaitu sebagai berikut :

1. Distribusi langsung

Dalam distribusi secara langsung, hasil produksi dapat disalurkan ke tangan konsumen tanpa melalui suatu perantara apapun.

Baca Juga :  Pengertian Persediaan

Contohnya : Penjual mie ayam menjual langsung mie ayamnya kepada konsumen dengan cara berkeliling kampung, sebuah warung yang menjual makanan dan minuman di suatu kampung.

2. Distribusi tidak langsung

Dalam distribusi secara tidak langsung, hasil produksi dapat disalurkan ke tangan konsumen dengan menggunakan sebuah perintah, seperti agen, pedagang besar, dan pedagang eceran.

Contohnya Sebuah pabrik mengekspor kayu ke negara lain seperti Thailand, Singapura, dan lain-lainya memakai jasa pengiriman tertentu, atau yang lainya seperti pabrik sepatu menjual hasil produksinya kepada para pedagang keliling.

Demikianlah pembahasan Artikel makalah tentang Contoh gambar kegiatan produksi, meliputi dari pengertian kegiatan produksi, konsumsi, serta distribusi. Semoga bermanfaat, dan Terima kasih.

Baca Juga :