Contoh Kebutuhan Primer

Posted on

Kebutuhan manusia dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Ketiga kebutuhan ini harus dipenuhi agar hidup Kalian nyaman dan sejahtera, bagaimana Kalian mengaturnya agar semuanya bisa berjalan seiring?

Sayangnya masih banyak orang yang belum memahami ketiga kebutuhan penting dalam hidup tersebut. Akibatnya pengelolaan keuangan tidak dapat diatur dengan baik dan bijak. Hal ini lambat laun membuat keuangan Kalian berantakan, yang jika dibiarkan akan menjauhkan Kalian dari kebebasan finansial yang diimpikan banyak orang.

Oleh karena itu, penting bagi Kalian untuk memahami apa itu kebutuhan primer yang akan kita bahas di artikel ini.

Pengertian Kebutuhan Primer

pengertian dan contoh kebutuhan primer

Kebutuhan primer adalah kebutuhan dasar, dasar dan juga kebutuhan terpenting yang harus dipenuhi setiap orang. Kebutuhan ini juga yang harus kalian penuhi terlebih dahulu. Sekalipun kebutuhan primer kalian belum terpenuhi, maka kalian tidak dapat memenuhi kebutuhan lainnya.

Tidak hanya itu, seseorang juga akan kesulitan untuk bertahan hidup jika kebutuhan primernya tidak terpenuhi.

Apa saja yang termasuk kebutuhan primer?

Contoh kebutuhan primer mencakup pakaian, pakaian, makanan, makanan dan minuman dan papan untuk “rumah atau tempat tinggal”, di bawah ini kalian dapat memahami gambaran umum dari masing-masing kebutuhan ini.

1. Kebutuhan Sandang (Pakaian)

Dalam hal ini pakaian merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi karena selain digunakan sebagai penutup alat kelamin, pakaian juga digunakan untuk menutupi tubuh dari berbagai penyakit, menjaga suhu tubuh agar tetap stabil, dan sebagai penunjang penampilan.

Maka tanpa busana tentunya kita akan mudah terserang penyakit dan penampilan kita pun akan terlihat kurang sopan.

2. Kebutuhan Pangan (Makan & Minum)

Kebutuhan ini merupakan kebutuhan nomor satu dan pemenuhannya wajib bagi semua makhluk hidup di muka bumi ini, termasuk manusia, karena setiap makhluk hidup di muka bumi ini membutuhkan asupan gizi dan gizi dari makan dan minum.

Baca Juga :  Istilah Ekonomi Bisnis dan Keuangan

Tanpa makan dan minum, makhluk hidup akan mati, karena setiap makhluk hidup pasti makan dan minum untuk kelangsungan hidupnya.

3. Kebutuhan Papan (Tempat Tinggal)

Tempat tinggal atau rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang dijadikan tempat berteduh dari sinar matahari langsung, hujan, binatang buas, dan bahaya lainnya.

Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan dasar atau primer manusia semakin meningkat seiring dengan kebutuhan akan pendidikan dan kesehatan.

Contoh Kebutuhan Primer

1. Informasi

Informasi sangat dibutuhkan seseorang untuk mengetahui peristiwa yang terjadi di luar jangkauan seseorang. Misal adanya pandemi virus Corona yang menyebar sangat pesat di dunia termasuk di Indonesia, kita membutuhkan informasi untuk mengetahuinya dengan lebih cepat dan efisien.

Hal yang satu ini bisa didapatkan dari berbagai sumber mulai dari handphone, televisi dan radio.

2. Kemampuan atau Keterampilan

Keterampilan dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Jika seseorang tidak memiliki keahlian maka akan sulit menjalani profesi yang dijalani.

Kemampuan atau ketrampilan yang dimaksud pada bagian ini seperti berhitung, menulis atau membaca.

4. Kesehatan

Semua contoh kebutuhan dasar yang dibahas dalam artikel ini tidak akan berguna untuk dibahas jika Kalian mengalami sakit. Oleh karena itu kesehatan merupakan faktor vital yang harus dipenuhi oleh seseorang dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Agar tidak terbebani biaya pengobatan yang mahal di rumah sakit, Kalian bisa mengambil langkah preventif dengan menggunakan asuransi kesehatan.

Tidak tanggung-tanggung, tagihan yang dijamin oleh perusahaan asuransi mencapai puluhan bahkan ratusan juta. Alhasil, tabungan Kalian aman dari pengeluaran berlebihan.

5. Privasi

Anda masing-masing pasti memiliki privasi atau hal-hal yang tidak dapat dikatakan kepada orang lain. Meski sifatnya tidak terlalu vital, setiap orang pasti membutuhkan ruang privasinya sendiri untuk menjalani kehidupan.

Baca Juga :  Faktor Pendukung Pertumbuhan Ekonomi

6. Identitas diri

Setiap individu pasti memiliki nama yang diberikan oleh orang tuanya. Identitas diri dibutuhkan sebagai pengakuan atas keberadaan seseorang.

Jadi, identitas diri bisa dikatakan sebagai sesuatu yang tidak bisa dilepaskan oleh seseorang sejak ia hidup hingga meninggal.

7. Keamanan

Contoh kebutuhan primer berikutnya adalah keamanan. Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari di luar rumah, secara langsung maupun tidak langsung kita akan dihadapkan pada berbagai macam risiko mulai dari penyakit kritis hingga kecelakaan saat bekerja.

Penanganan yang tepat tentunya dapat menyelamatkan nyawa seseorang dari kematian.

8. Damai

Depresi dan stres yang dialami pekerja kantoran dapat berdampak pada persalinan bagi kesehatan khususnya kesehatan mental. Kedamaian bisa menjadi obat yang ampuh untuk mengatasi masalah ini.

9. Pendidikan

Di era yang serba modern seperti saat ini, pendidikan sudah menjadi kebutuhan dasar yang tidak bisa ditolerir lagi. Tingkat pendidikan mulai dari kelompok bermain, taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas hingga perguruan tinggi.

10. Keluarga

Keluarga merupakan salah satu faktor penunjang kehidupan yang sentral dalam kehidupan seseorang. Karena dari sanalah kita berasal dan tumbuh menjadi pribadi yang lebih dewasa sehingga kita bisa hidup mandiri.

Keluarga tidak hanya berasal dari orang yang sedarah dengan kita, tetapi bisa juga berasal dari orang lain yang memiliki hubungan sosial dengan seseorang.

11. Keamanan

Keamanan merupakan kebutuhan yang penting dalam kehidupan manusia, karena jika nyawa seseorang tidak aman maka resikonya adalah nyawa.

12. Hubungan yang baik

Sudah mempunyai teman bukan berarti semua masalah bisa terselesaikan, manusia juga butuh relasi yang baik dengan teman dan lingkungan terdekatnya untuk bersosialisasi. Percuma jika Kalian memiliki banyak rekan kerja atau teman, tetapi tidak memiliki hubungan yang baik.

Baca Juga :  Pengertian Lembaga Keuangan (Bank)

13. Kasih sayang

Setiap orang butuh kasih sayang, oke? Kasus kasih sayang menumbuhkan rasa saling pengertian antar sesama manusia. Itu juga yang diyakini oleh setiap kepercayaan yang ada di dunia hingga saat ini.

14. Menghargai

Kebersamaan sesama manusia merupakan hal utama yang tidak lepas dari kehidupan sehari-hari.

15. Uang / Penghasilan

Kebutuhan utama terakhir adalah uang. Untuk hidup seseorang pasti membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Meski sudah memiliki penghasilan besar, bukan berarti seseorang bisa hidup layak.

Ini tergantung pada manajemen keuangan yang benar atau tidak akurat. Jika Kalian salah satu orang yang masih mengalami kesulitan dalam pembinaan keuangan, Kalian bisa menyimak poin-poin berikut agar kebutuhan uang Kalian dapat tercukupi.

16. Bekerja

Bagi masyarakat yang telah memasuki usia produktif, pekerjaan merupakan salah satu kebutuhan terpenting untuk menunjang kehidupan.

Ketika seseorang bekerja, tentunya dia akan mendapatkan hasil dari usahanya yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar lainnya. Jadi bisa dibayangkan betapa sulitnya bagi orang yang tidak punya pekerjaan.

Lain halnya dengan pengusaha, kebutuhan utama dari pengusaha itu sendiri adalah kegiatan usaha yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan primer dirinya dan keluarganya.

17. Hubungan

Sejak SD kita sudah diajarkan bahwa manusia adalah makhluk sosial, artinya mereka membutuhkan orang lain untuk hidup. Oleh karena itu, relasi sangat penting untuk menunjang kebutuhan.

Mulai dari membeli sandang, papan, makanan dan lain-lain.

18. Teman

Masih berkaitan dengan contoh kebutuhan primer nomor 7 yaitu relasi, manusia juga membutuhkan teman untuk bercerita atau sekedar untuk menghilangkan rasa bosan dalam bekerja. Rasanya di dunia ini tidak ada satu orang pun yang tidak memiliki teman dalam hidupnya. Betul sekali?

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang pengertian kebutuhan primer, macam-macam dan contoh kebutuhan primer bagi manusia. Semoga artikel ini bermanfaat. Termiakasih sudah berkunjung.