Contoh Surat Izin Orang Tua Dan Cara Membuatnya

Posted on

Bagi anda yang ingin membuat surat izin orang tua dan tidak tahu harus memulai dari mana, maka berikut contoh surat izin orang tua dan cara membuatnya yang bisa anda simak dibawah ini.

Untuk anda yang masih termasuk dalam pengawasan orang tua atau wali yang masih duduk di bangku pendidikan, baik sekolah maupun perguruan tinggi, tentunya memiliki banyak kegiatan di luar aktivitas belajar yang kerap diadakan pihak kampus, sekolah maupun organisasi, dimana untuk beberapa kegiatan di luar pembelajaran kampus atau sekolah, surat izin orang tua wajib hukumnya untuk dipenuhi sebagai salah satu syarat mengikutinya.

Apa Itu Surat Izin Orang Tua? surat izin orang tua adalah surat persetujuan orang tua untuk “menyerahkan” tanggung jawabnya secara sementara akan anaknya terhadap pihak penanggung jawab sebuah kegiatan. Berhubung surat persetujuan ini biasanya dikeluarkan oleh lembaga pendidikan, baik sekolah maupun perguruan tinggi, maka tentu saja pihak penanggung jawabnya dapat berupa guru, dosen, atau kelompok yang memang dapat dipercaya.

Adapun contoh kegiatan yang di membutuhkan izin orang tua seperti sebagai berikut.

Penggunaan Surat Izin Orang Tua

Contoh Surat Izin Orang Tua Dan Cara Membuatnya

Kampus

Beberapa kegiatan yang membutuhkan surat izin orang tua seperti aktivitas magang alias KKL, penggalangan dana, KKN (Kuliah Kerja Nyata), BEM, kegiatan organisasi hingga mengikuti proyek bersama dosen.

Sekolah

Beberapa kegiatan yang membutuhkan surat izin orang tua seperti aktivitas pramuka, study tour, Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), klub/ ekstrakurikuler, Peringatan Hari Nasional, dan lainnya.

Baca Juga :  Contoh Surat Keterangan Ahli Waris untuk Anak dan Cara Membuatnya

Kegiatan medis

Beberapa perawatan medis, seperti operasi, mungkin memerlukan surat izin orang tua bagi anak-anak di bawah usia tertentu.

Kegiatan olahraga

Beberapa kegiatan olahraga, seperti latihan ekstrim atau pertandingan, mungkin memerlukan surat izin orang tua bagi anak-anak di bawah usia tertentu.

Perjalanan

Beberapa perjalanan, seperti perjalanan ke luar negeri, mungkin memerlukan surat izin orang tua bagi anak-anak di bawah usia tertentu.

Poin Penting Dalam Membuat Surat Izin Orang Tua

Mengingat pentingnya surat izin orang tua sebagai penyerahan hak dan tanggung jawab kepada penyelenggara kegiatan, maka surat ini memiliki beberapa poin penting yang harus dipenuhi agar bisa dikatakan surat yang baik dan benar. Berikut poin-poin penting dalam pembuatan surat izin orang tua sebagai berikut.

  • Tempat dan tanggal penulisan surat tersebut.
  • Perihal surat, berisikan keperluan atau kegiatan apa yang hendak diadakan.
  • Nama orang tua atau wali.
  • Alamat orang tua atau wali.
  • Nomor telepon orang tua atau wali.
  • Nama panjang anak yang hendak mengikuti keperluan atau kegiatan.
  • Tujuan dari kegiatan yang hendak diadakan tersebut.
  • Tanggal pelaksanaan kegiatan tersebut.
  • Keterangan untuk izin.
  • Tanda tangan dan nama terang orang tua atau wali.

Contoh surat izin orang tua

Bagi anda yang bingung bagaimana contoh surat izin orang tua, berikut contoh surat yang bisa anda simak sebagai berikut.

SURAT PERNYATAAN IZIN ORANG TUA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap :

Alamat :

Nomor HP :

Adalah orang tua atau wali dari:

Nama Anak :

Asal Sekolah/ Perguruan Tinggi :

Dengan ini mengizinkan/ tidak mengizinkan anak saya untuk mengikuti kegiatan……

Demikian surat pernyataan ini saya buat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Baca Juga :  Contoh Surat Keterangan Kerja

(Tempat penulisan, tanggal penulisan)

Hormat saya,

(Nama terang dan Tanda Tangan)

*sisipkan materai 6000 atau 10.000

Mudah dan simple bukan?

Demikian informasi mengenai contoh surat izin orang tua beserta tujuan dan peruntukannya. Semoga berguna dan bermanfaat bagi anda yang mencari referensi bagaimana contoh surat ini.