Contoh Surat Keterangan Pengalaman Kerja, Lengkap Dengan Format dan Struktur Surat

Posted on

Anda sedang mencari sumber referensi contoh surat keterangan pengalaman kerja yang baik dan benar, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan contoh surat dan poin-poin penting yang harus dimiliki surat keterangan pengalaman kerja.

Bagi anda yang sedang mencari loker atau melamar pekerjaan, maka anda harus mengetahui pentingnya surat keterangan pengalaman kerja sebagai pelengkap berkas lamaran kerja agar lamaran anda mudah dilirik oleh perusahaan mengingat betapa sengitnya persaingan dunia kerja saat ini dimana ratusan atau ribuan orang mungkin sedang mengajukan lamaran di perusahaan yang anda tuju.

Begitu pentingnya peran surat keterangan pengalaman kerja yang menjadi poin plus dalam penilaian perusahaan dalam menerima pekerja, maka tidak heran beragam desain curriculum vitae (CV) yang menarik sangat mudah anda temukan di internet. Namun perlu anda ingat bahwa dalam surat ini, tidak hanya dibutuhkan desain CV yang menarik tetapi isi dari surat yang menginformasikan dengan jelas kemampuan dan pengalaman anda untuk menjadi nilai tambah mengapa perusahaan harus memilih anda.

Contoh Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Format dan Struktur Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Dalam membuat surat keterangan pengalaman kerja tentu tidak bisa asal-asalan, sebab terdapat beberapa poin penting yang harus ada dalam surat ini agar dapat dikatakan sebagai Surat Keterangan Pengalaman Kerja yang baik dan tidak kehilangan esensi untuk “menjual” diri anda kepada perusahaan.

Berikut format dan struktur surat yang bisa anda terapkan dibawah ini.

Baca Juga :  Plat BA Daerah Mana? Cek Informasi Kode Kendaraan Bermotor

Bagian Kepala Surat

Kepala surat merupakan bagian utama dalam pembuatan surat pengalaman kerja. Pada bagian ini, berisi informasi perusahaan atau organisasi tempat Anda bekerja, seperti nama perusahaan, logo, nomer telepon, alamat surel, dan alamat kantor.

Bagian Isi Surat

Ada beberapa informasi yang wajib ada pada bagian isi atau badan surat. Informasi tersebut yaitu nomor dan judul surat, identitas pembuat surat, identitas karyawan pemohon surat, dan pengalaman serta kemampuan kerja karyawan tersebut.

Bagian Penutup Surat

Dan terakhir pada bagian penutup, terdapat nama pihak yang bertanggung jawab atas penerbitan surat tersebut. Biasanya yang bertanggung jawab atas surat ini adalah pemimpin bagian HRD atau manajer karyawan tersebut. Selain itu, disertakan tanda tangan dan stempel.

Contoh Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Setelah memahami fungsi, tujuan, serta format surat keterangan pengalaman kerja, berikut contoh surat untuk menjadi gambaran anda untuk membuat surat keterangan pengalaman kerja sebagai berikut.

Surat Pengalaman Kerja Umum

PT Maju Mundur
Jln. Pangeran Diponegoro No. 52, Jakarta Utara
Telepon: (021) 567638
SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Nomor: SKPK-01-/ABC123/2022

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Budi Sholihin
Jabatan: Kepala Bagian HRD
Alamat :Jln. Pangeran Diponegoro No. 52, Jakarta Utara

Menerangkan dengan sebenarnya bahwa:
Nama : Vera Yuni
Jabatan : Staff Purchasing
NIK : 6373449948577575

Telah bekerja untuk PT Maju Mundur dimulai tanggal 16 Mei 2019 hingga 12 Oktober 2022 dengan jabatan terakhir sebagai Staff Purchasing.

Selama bekerja menjadi karyawan kami, Saudari Vera Yuni telah menunjukkan kemampuan terhadap pekerjaan dan berhasil mencapai target yang telah ditentukan.

Demikian surat ini dibuat dengan sebenarnya agar dapat digunakan dengan semestinya.

Jakarta Utara, 12 Januari 2023

Baca Juga :  Pengertian Opini Audit Serta Jenis-Jenis dan Tahap Opini Audit

Kepala Bagian HRD PT Maju Mundur

Budi Sholihin

Surat Pengalaman Kerja Bahasa Inggris

PT Maju Mundur
Pangeran Diponegoro St. 52, Jakarta Utara
Phone: (021) 567890
Work Experience Letter
Number: SKPK-01-/ABC123/2023

Date of issuance: 2023, 17 Januari

To Whom It May Concern,

This letter certifies that Hani Maryani was an employee in the role of purchasing staff with PT ABC321 during the period beginning 16 may 2019 and ending 12 October 2022.

During this time with PT Maju Mundur, Miss Vera Yuni has remained dedicated to her work and responsibility. She has done an excellent job on every project we’ve given to her. Miss Hani Maryani has always maintained a professional and courteous attitude with our company.

Her decision to end her employment is solely her own decision, we wish her all the best in her future endeavor. Please contact us for any additional information

Sincerely,

Head of HR Departement PT Maju Mundur

PT Maju Mundur

Sekian informasi mengenai contoh surat keterangan pengalaman kerja yang baik dan benar, semoga berguna dan bermanfaat bagi anda yang sedang melamar pekerjaan untuk semakin melengkapi berkas lamaran anda agar mudah dilirik oleh perusahaan.