Contoh Surat Keterangan Usaha (SKU) Dan Cara Membuatnya

Posted on

Bagi anda pengusaha atau pebisnis baik itu mikro hingga makro, tentu sudah tidak asing lagi dengan contoh surat keterangan usaha atau SKU, dimana surat ini termasuk surat legitimasi usaha yang penting dan dikeluarkan oleh aparat di lokasi tempat usaha yang bermohon untuk nantinya digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Sekedar informasi, SKU atau surat keterangan usaha adalah salah satu hal yang wajib dimiliki untuk pengembangan operasional usaha, dimana peraturan ini tercantum dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan. Jadi SKU ini berfungsi sekaligus sebagai tanda bukti legalitas dari usaha yang sedang dijalankan.

Contoh Surat Keterangan Usaha

Manfaat Membuat Surat Keterangan Usaha

Apa saja manfaat membuat surat keterangan usaha? Selain tertib mematuhi aturan administrasi yang telah ditetapkan pemerintah, SKU juga bisa sangat bermanfaat bagi pengusaha itu sendiri. Seperti apa manfaat dan kelebihannya, simak sebagai berikut.

Bukti Legalitas Perusahaan yang Sedang Dikelola

Manfaat pertama dari membuat SKU adalah sebagai dokumen asli untuk membuktikan bahwa bisnis yang sedang anda jalankan sah secara hukum. Dengan begitu, tidak mudah digugat dan terbebas dari segala bentuk tuduhan ilegal. Selain itu, dengan SKU akan bisa menambah kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan.

Sebagai Syarat Membuat NPWP

Manfaat selanjutnya adalah SKU merupakan syarat membuat nomor pokok wajib pajak (NPWP). Sebagaimana mengacu pada aturan umum wajib pajak, jika perusahaan telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Selain membawa SKU, jangan lupa untuk membawa persayaratan lainnya.

Baca Juga :  Contoh Surat Kuasa Khusus dan Penjelasan Hukumnya

Mengubah Golongan Tarif Listrik dari Rumah Tangga ke Bisnis

Perlu anda ketahui, bahwa terdapat perbedaan antara tarif listrik rumah tangga dengan bisnis. Kabar baiknya tariff listrik bisnis lebih murah dari rumah tangga. Biaya kelas daya khusus untuk UKM dikenal dengan B1 sedangkan rumah tangga yang paling umum dikenal RI 1. Adapun tarif murah ini karena adanya subisidi pemerintah untuk mendukung usaha kecil dalam kategori yang telah ditentukan.

Mengajukan Kredit

Dengan SKU, pemilik usaha atau binis juga mengajukan kredit ke perbankan untuk mendapatkan pinjaman modal karena SKU sebagai bukti bahwa Bank bisa mempercaya keberadaan usaha anda.

Contoh Surat Keterangan Usaha

Bagi anda yang ingin membuat SKU atau surat keterangan usaha tetapi bingung bagaimana memulainya, berikut contohnya yang bisa menjadi patokan anda dalam membuat surat keterangan usaha (SKU) sebagai berikut.

Contoh Surat Keterangan Usaha Kontrakan dan Warung Sembako

SURAT KETERANGAN USAHA
Nomor… /…. /SKU/……../XII/2012
Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Kelurahan…, Kecamatan…., (isi nama kota), dengan ini menerarangkan bahwa:
Nama:…….
NIK:……….
Tempat/Tanggal lahir:…………
Agama:………….
Pekerjaan:……….
Alamat:……….
Orang di atas berdasarkan Surat Pengantar Ketua RT 01/ RW 09 memang benar mempunyai nama usaha berupa:
Nama Usaha:…………………
Alamat Usaha:……………..
Demikian Surat Keterangan Usaha ini dibuat dan diberikan kepada yang bersangkutan agar bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.
Dikeluarkan Di:
Pada Tanggal:
Kepapal Kelurahan

(Isi Nama Lurah)
NIP:

Contoh Surat Keterangan Usaha Kepemilikan Perusahaan

SURAT KETERANGAN USAHA
Nomor… /…. /SKU/……../XII/2012
Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Kelurahan…, Kecamatan…., (isi nama kota), dengan ini menerangkan bahwa:
Nama:…….
NIK:……….
Jenis Kelamin:
Tempat/Tanggal lahir:…………
Agama:………….
Pekerjaan:……….
Alamat:……….
Sesuai dengan keterangan yang bersangkutan, benar nama tersebut mempunyai usaha sebagai berikut:
Nama Usaha:
Mulai Usaha Sejak:
Alamat Usaha:
Tujuan:
Demikian Surat Keterangan Usaha ini dibuat dan diberikan kepada yang bersangkutan agar bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Baca Juga :  Pengertian Market Share (Pangsa Pasar)

(Isi tempat surat dibuat, tanggal, bulan, tahun)
Kepala Desa (isi nama desa)
(Masukan Tanda Tangan)

(Nama Kepala Desa)

Sekian informasi mengenai contoh surat keterangan usaha atau SKU yang bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin membuat SKU untuk usaha dan bisnis anda.