Contoh Surat Kuasa Pengambilan Sertifikat Tanah dan Cara Membuatnya

Posted on

Contoh surat kuasa pengambilan setifikat tanah adalah contoh surat kuasa yang akan anda perlukan ketika telah membeli tanah sedangkan anda berhalangan untuk mengambil sendiri. Bagi anda yang bingung cara membuatnya, anda bisa menyimak caranya sebagai berikut.

Pembelian property berupa tanah tentu anda harus memperhatikan segala aspek formal dan legal agar anda tidak tidak merepotkan Anda di kemudian hari, termasuk ketika pengambilan sertifikat tanah dimana ketika anda berhalangan untuk mengambil sendiri, anda bisa mempercayakan kepada orang yang anda beri amanat kepercayaan untuk menggantikan anda dalam mengambil sertifikat tanah dalam bentuk surat kuasa pengambilan serfikat tanah kepada orang tersebut untuk ditunjukkan kepada pihak yang terkait dengan sertifikat tanah tersebut.

Tentu saja hal-hal yang menyangkut sertifikat tanah tidak bisa sembarangan sebab sertifikat tanah merupakan bentuk dan bukti sah kepemilikan sebuah tanah, sehingga dalam penunjukan surat kuasa pastikan anda benar-benar memilih orang yang benar-benar bisa anda percayakan seperti pasangan, orang tua, dan keluarga dekat, dimana mereka tidak hanya sekedar mengambil fisik sertifikat tanah saja, tetapi memastikan surat sertifikat tersebut benar-benar asli serta melakukan komunikasi dengan pihak pemegang sertifikat sebelumnya mengenai kendala atau pertanyaan lain mengenai tanah tersebut yang tentunya akan menjadi masukan informasi untuk anda nantinya.

Surat Kuasa Pengambilan Sertifikat Tanah

Mengenal Surat Kuasa Pengambilan Sertifikat Tanah

Sebagai manusia biasa pastinya tidak luput dari sakit, atau halangan yang membuat sebuah rencana tidak berjalan sesuai yang diharapkan, termasuk ketika anda merencakan mengambil sertifikat tanah yang menjadi tanggung jawab anda, dimana setiap tanggung jawab wajib hukumnya untuk anda jalankan sendiri hingga selesai. Namun ketika hal terjadi diluar rencana anda, maka solusi yang bisa anda lakukan untuk diwakilkan oleh orang kepercayaan adalah dengan membuat surat kuasa yang merupakan surat pelimpahan tanggung jawab kepada seseorang untuk menyelesaikan tanggung jawab anda ketika anda berhalangan.

Baca Juga :  Aplikasi Klasemen Liga Inggris 2016/2017 Excel Otomatis

Jenis-Jenis Surat Kuasa

Perlu anda ketahui, bahwa ada beberapa jenis surat kuasa dan memiliki fungsi yang berbeda. Berikut jenis-jenis surat kuasa.

  • Surat kuasa istimewa dimana jenis surat ini memiliki sifat limitatif dan hanya terbatas untuk keperluan yang sangat penting dan hanya bisa diwakilkan oleh seseorang yang bersangkutan secara pribadi saja. Surat kuasa istimewa juga harus berbentuk akta notaris yang sifatnya sah dan legal di depan hukum.
  • Surat kuasa umum atau surat kuasa yang biasa digunakan untuk berbagai keperluan. Surat kuasa ini juga sifatnya cukup ringan dan tidak diiringi dengan tanggung jawab yang tinggi.
  • Surat kuasa khusus atau bentuk surat kuasa yang diberikan secara khusus dan hanya untuk mengurus satu kepentingan saja. Surat kuasa ini hanya bisa digunakan untuk mewakili sebuah kepentingan yang mendesak dari pemberi kuasa dan hanya bisa dilakukan secara terperinci saja.
  • Surat kuasa perantara dimana surat kuasa ini lebih umum disebut juga sebagai perwakilan untuk melakukan sebuah bentuk perbuatan tertentu dengan pihak ketiga untuk mencapai kesepakatan bersama.

Manfaat Surat Kuasa Pengambilan Sertifikat Tanah

Selain karena anda berhalangan, membuat surat kuasa pengambilan sertifikat tanah juga bisa karena adanya tujuan tertentu. Berikut beberapa kelebihan untuk memiliki surat kuasa pengambilan sertifikat tanah.

Surat kuasa bisa mencegah anda untuk dipermainkan oleh orang lain yang berniat “jahat”, sebab anda bisa memberikan kuasa kepada orang lain yang lebih paham dan mengerti tentang properti untuk menghindari terjadinya penipuan yang tidak anda inginkan.

Memberikan kesempatan pada ahli waris untuk memberikan kuasa kepada orang lain untuk memindah tangan tanah atas hasil waris tersebut.

Memberikan perasaan tenang bagi anda karena mengetahui bahwa anda bisa mewakilkannya kepada orang yang Anda percayakan terutama jika Anda berhalangan dan tidak mampu untuk mengambil sertifikat secara langsung.

Baca Juga :  Plat M Daerah Mana? Berikut Kode & Spesifikasi Plat Nomor

Syarat Membuat Surat Kuasa Pengambilan Sertifikat Tanah

Seperti surat dengan tujuan khusus lainnya, surat kuasa ini juga memliki beberapa poin penting yang harus anda perhatikan dalam pembuatannya. Berikut beberapa syarat pembuatannya.

Syarat pertama dalam membuat surat kuasa pengambilan sertifikat tanah adalah data diri pemberi kuasa yang jelas dan benar. Informasi data diri tersebut harus berisikan nama lengkap, alamat hingga nomor KTP.

Syarat yang selanjutnya adalah data diri penerima kuasa yang lengkap. Penerima kuasa harus menuliskan informasi data diri secara lengkap seperti nama, alamat dan nomor KTP. Siapa saja bisa menjadi penerima kuasa dan Anda hanya perlu memastikan agar orang tersebut bisa Anda percayakan.

Informasi yang lengkap mengenai properti atau tanah yang akan diberikan kuasanya. Pastikanlah agar nomor sertifikat dari tanah tertulis dengan jelas beserta lokasi dari tanah tersebut secara lengkap. Jangan lupa untuk memasukkan alasan utama untuk memberikan kuasa pengambilan sertifikat tanah kepada orang lain.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Sertifikat Tanah

Setelah memahami pengertian, tujuan serta syarat pembuatan surat kuasa pengambilan sertifikat tanah, maka berikut contoh surat kuasa yang bisa menjadi referensi anda dalam membuatnya.

Apabila Anda ingin memberikan kuasa kepada orang lain untuk pengambilan sertifikat tanah, berikut contoh surat kuasa pengambilan sertifikat tanah yang bisa Anda ikuti.

SURAT PEMBERIAN KUASA PENGAMBILAN SERTIFIKAT TANAH

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama lengkap : Budi Sholihin

Nomor KTP : 63783839397

Alamat lengkap : Jl. Kebayoran Lama No. 12 Jakarta

Nomor Telp : 087721361772

Dengan ini saya akan memberikan kuasa untuk mewakilkan saya dalam pengambilan sertifikat tanah kepada:

Nama lengkap : Nurul Putri

Nomor KTP : 638839328967

Baca Juga :  Plat D Daerah Mana? Ini Dia Informasinya + Cek Masa Berlakunya

Alamat lengkap : Jl. Kebayoran Lama No. 12 Jakarta

Nomor Telp : 0856672892903

Berikut ini adalah rincian dari sertifikat tanah yang akan diambil:

Nomor Sertifikat Tanah : 83772-13301-77488399

Lokasi Tanah : Jalan Pamugaran Raya No. 10 Beji, Depok

Demikianlah Surat Pernyataan Perjanjian Tanggung Jawab Properti ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun dan untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 10 Januari 2023

Penerima Kuasa Pemberi Kuasa

Nurul Putri Budi Sholihin

Surat Kuasa Pengambilan Sertifikat Tanah

Sebagai catatan, bahwa anda harus menulis surat kuasa dengan tujuan yang jelas agar penerima kuasa tidak bisa menyalahgunakan surat kuasa tersebut untuk hal yang bersifat negatif dan merugikan anda di kemudian hari.

Sekian informasi mengenai Contoh surat kuasa pengambilan setifikat tanah, yang semoga berguna dan bermanfaat. Terima kasih.