Contoh Surat Pengunduran Diri

Posted on

Pada saat seseorang akan mengundurkan dari tempat kerja, secara umumnya mereka akan mencari contoh surat pengunduran diri atau surat resign yang sesuai dengan bidang kerjanya.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab apabila hendak menyampaikan niat untuk mengundurkan diri, harus dilakukan dengan cara yang baik, yakni dengan melalui surat resmi.

Pada masing-masing orang tentunya saling berbeda, dimana ada yang disebabkan oleh adanya tawaran pekerjaan lebih baik di tempat lain atau mungkin suatu rasa kecewa terhadap perusahaan.

Namun apapun alasan dalam pengunduran diri tersebut, maka tata cara untuk mengundurkan diri yang baik dan benar dari tempat kerja yakni dengan menyerahkan surat pengunduran diri secara resmi melalui surat. Nah Untuk memperjelas tema materi kita kali ini maka, mari kita simak aja ulasan dibawah ini.

Pengertian Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri

Apa itu Surat pengunduran diri? yakni merupakan sebuah pernyataan yang dibuat pekerja untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya. Surat ini biasanya ditujukan pada atasan pekerja di perusahaan.

Terdapat beberapa poin penting yang perlu dicantumkan dalam surat pengunduran diri. Komponen tersebut antara lain, tujuan surat, nama pengirim (beserta data singkat, misalnya usia, lama kerja, dan jabatan) dan alasan mengundurkan diri.

Namun selain pada komponen pertama ada juga yang wajib harus dituliskan, yang mana aturan-aturan lain dalam membuat surat pengunduran diri, yakni ;

  • Sebut nama atasan yang dituju dengan awalan “Kepada Yth. (yang terhormat)” atau “Yth.” saja tidak apa-apa.
  • Sebutkan nama lengkap, identitas singkat, serta jabatan dan lama kerja. Bila perlu sebutkan pula tanggal terakhir bekerja
  • Gunakan bahasa formal.
  • Menerangkan apa yang menjadi alasan anda untuk pengunduran diri dengan sopan, jelas, dan singkat. Misalnya karena sakit, pindah rumah. sebagainya. Jika alasan tersebut menyangkut orang lain dalam perusahaan, sebaiknya tidak disebutkan.
  • Sampaikan terimakasih kepada atasan dan seluruh bagian perusahaan, ditambahkan doa lebih baik lagi.
  • Boleh diketik, tapi lebih sopan apabila ditulis tangan.
Baca Juga :  Pengertian Pasar Bebas

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Struktur penulisan surat pengunduran kerja sebenarnya hampir sama dengan surat lamaran kerja, tetapi bedanya dalam penulisan surat pengunduran diri akan lebih sedikit terasa berbeda, karena dalam penulisannya harus mempertimbangkan etika dan penggunaan bahasa yang baik dan benar.

Jika kamu sekarang sudah siap untuk mengundurkan diri dari pekerjaan kamu, yuk langsung saja simak bagaimana cara membuat surat pengunduran diri. Kemudian hal yang harus anda perhatikan dalam penulisan surat pengunduran kerja.

Format penulisan surat pengunduran diri, layaknya seperti surat resmi yang biasanya kamu buat, harus memuat pada bagian-bagian surat seperti:

  • Tanggal dan tempat pembuatan surat
  • Nama dan alamat yang dituju
  • Isi surat dengan bahasa yang baik
  • Tanda tangan
  • (bila perlu) materai

Artikel Lainnya :

Tidak hanya dalam struktur penulisan saja, surat pengunduran diri juga memiliki beberapa syarat dan etiika yang harus diperhatikan oleh kita semua. Berikut ini dalam penulisan harus mempertimmbangkan etika serta bahasa penulisan yang baik, kepada atasan yang akan membaca surat kita nantinya, sebagai berikut.

  • Padasaat menulis surat resign isinya harus ringan dan padat.
  • Memberikan ucapan terimakasih, kepada atasan dan juga perusahaan yang telah mengizinkan untuk bekerja diperusahaan.
  • Tidak menulis dan menampilkan sebuah kesan yang buruk mengenai perusahaan.
  • Menerangkan alasan anda harus jelas, mengenai pengunduran diri yang anda lakukan, dengan penulisan yang baik dan jelas.
  • Tidak lupa dalam penulisannya sertakan juga kutipan mengenai beberapa landasan hukum yang mendasari kamu mengajukan surat pengunduran diri. Bisa kalian ambil dari masa kontrak kerja atau peraturan perusahaan yang sudah dibuat.
  • Jika kalian mau, bisa menyelipkan cindra mata atau sesuatu kenang-kenangan yang bersifat berkesan kepada manager atau pada perusahaan, sehingga mengenang atas kepergian kamu dari perusahaan.
Baca Juga :  Perekonomian 4 Sektor (Terbuka)

Contoh Surat Pengunduran Hotel

Palembang, 04 Agustus 2017

Kepada
Yth Kepala Bagian HRD
Hotel Mimpih Indah
Jln. Merdeka Bangsa Palembang

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Dewi Putri Jelita
Tempat/Tgl Lahir: Medan, 23 Januari 1993
Alamat: Medan
Jabatan: General Accoaunting Hotel Mimpi Indah

Bersamaan dengan surat ini, saya ingin mengajukan pengunduran diri terhitung tanggal 06 Agustus 2017 dengan alasan ingin mendirikan usaha sendiri sesuai dengan cita-cita saya selama ini.

Adapun semua hal yang masih berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai General Accounting Hotel Mimpi Indah akan saya laksanakan sampai masa pengunduran saya.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pimpinan dan semua karyawan yang selama ini membimbing dan membantu saya dalam pekerjaan, dan saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian dari perusahaan Hotel Mimpi Indah, mohon maaf juga atas segala kesalahan saya selama bekerja.

Sekianlah surat pengunduran diri ini, yang saya buat dalam keadaan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak mana pun. Atas pengertian Anda, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Dewi Putri Jelita

Contoh Surat Pengunduran Resmi

Makassar, 18 Agustus 2017

Kepada
Yth. Kepala PT. Sejahtera Adil Makmur
di Jln. Jenderal Sudirman, no 11 Makassar
Makassar

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Pertaminus Jaya, berdasarkan surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan undang-undang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini;
Nama: Dimas Andrean Putra
Departemen: Pemasaran dan Informasi
Jabatan: Sales
No. Karyawan: B234 8907

Bermaksud mengundurkan diri dari PT. Apa SajaBoleh Jaya sebab ingin fokus membangun bisnis keluarga. Dengan dibuatnya surat ini dengan berdasarkan prosedur hubungan industrial dan tanpa ada maksud buruk.

Baca Juga :  Gerak Parabola

Saya berharap Anda dapat mengerti dan menerima permohonan saya, serta memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikianlahsurat ini saya buat dalam keadaan penuh kesadaran, atas dukungan dan bantuan yang Anda berikan selama ini, saya mengucapkan terima kasih.Hormat saya,

Dimas Andrean Putra

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Bank

Jakarta, 12 Januari 2018

Kepada Yth.
Bapak Rangga Murjana
HRD Manager PT BANK …. Tbk, KCL Bandar Lampung
Jalan Bakti Saham, Sukasari
Bandar Lampung

Dengan Hormat,

Dengan adanya surat ini, saya ingin mengajukan surat pengunduran diri sebagai karyawan di BANK Tbk, KCL Bandar Lampung

Nama: Joko Lukito
Alamat: Jl. Melinjo No. 13, Raja basah

Kemudian bersamaan dengan adanya surat ini, Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk belajar dan bekerja di BANK .. sebagai Admin Support (Verifikasi) selama tiga satu tahun.

Saya juga memohon maaf kepada seluruh jajaran manajemen BANK …. Tbk, KCL Bandar Lampung apabila selama ini ada hal yang tidak menyenangkan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap semoga BANK … tetap menjadi perusahaan perbankan terbaik di Indonesia dan terus semakin maju dan sukses.

Hormat saya,

Joko Lukito

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai contoh surat pengunduran diri, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.