Contoh Surat Pribadi

Posted on

Contoh Surat Pribadi – Saat ini bidang telekomunikasi dan informasi tumbuh dengan cepat dan banyak tuntutan. Di masa lalu, masing-masing dari mereka mengirim pesan atau pesan melalui surat pribadi.

Sekarang Anda dapat dengan mudah bertukar pesan dan menjalin komunikasi melalui media elektronik misalnya dalam pesan singkat, panggilan video, dan bahkan obrolan.

Apa itu surat pribadi? Apakah masih digunakan sampai sekarang? Mengirim email yang dipersonalisasi ke teman, keluarga atau anggota keluarga jarang terjadi pada saat digitalisasi.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Contoh Surat Pribadi. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Surat Pribadi ?

Pengertian Surat Pribadi adalah sejenis surat pribadi yang berisi kebutuhan pribadi. Ini biasanya diekspresikan secara pribadi dan diucapkan kepada orang lain menggunakan bahasa non-standar atau tidak baku.

Secara umum, surat pribadi asli tidak memiliki aturan yang mengikat. Naskah pribadi dapat ditulis dengan gaya penulis mana pun. Sehubungan dengan etika dan penggunaan bahasa yang sopan, mereka harus dipertimbangkan karena latar belakang mereka dan orang-orang yang seharusnya mereka tulis.

Contoh-Surat-Pribadi

Ciri-Ciri Surat Pribadi

Adapun berbagai ciri-ciri dalam surat ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Tidak memiliki kop atau kepala surat.
  • Tidak mempunyai nomor pada surat.
  • Membuka dan menutup salam yang mencakup sesuatu yang lebih santai, informal.
  • Saat menggunakan bahasa (non-standar) gratis atas kebijakan penulis
  • Format surat tidak di tentukan atau bebas
  • Pengirim atau kata yang digunakan tidak terlalu formal atau bahasa tersebut sering digunakan. Rekaman harus tetap sopan, sopan, dan mudah dikenali oleh orang lain.
  • Selalu tambahkan salam privasi. biasanya kalimat itu berisi awal surat.
  • Bergantung pada penerima surat, gunakan bahasa yang berbeda untuk pengiriman.
  • Untuk menulis salam pembuka, menutup konten lebih disukai daripada menggunakan bahasa informal atau informal.
  • Format penulisan pribadi gratis, tergantung pada penulis.
  • Tidak ada huruf dan huruf di area surat seperti contoh untuk surat formal.
  • Konten serat ditulis untuk tujuan berkomunikasi dengan orang-orang terdekat kita dan bukan di tempat mereka.
Baca Juga :  Teknik Membaca Berita

Sistematika Surat Pribadi

Terdapat berbagai sistematika dalam surat ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat

Di dalam bagian ini yakni seorang penulis dapat menulis alamat dengan segera atau singkat dan jelas serta harus terdapat tanggal pengiriman.

b. Tujuan atau Alamat Surat

Biasanya dalam suatu bagian ini juga berisi nama penerima. Bagian ini dimulai secara tertulis dengan penulisan nama penerima.

c. Salam Pembuka

Ucapan pembuka adalah cara bagi penulis surat untuk memulai komunikasi melalui surat pribadi. Beberapa kata yang biasa digunakan sebagai salam meliputi:

  • Assalamualaikum
  • Dear …
  • Salam sejahtera

d. Pembuka Surat atau Paragraf Pembuka

Kalimat dalam paragraf pertama biasanya berupa pertanyaan tentang surat yang menerima pesan. Sebagai contoh,

“Halo Ika, apa kabar? Bagaimana kabarmu di Lampung, kamu harus sehat. Sudah lama kita tidak bertemu, pasti sekarang kamu menjadi seorang yang sukses bukan?”

e. Isi Surat atau Paragraf Isi

Dalam suatu bagian ini, serat menulis substansi atau tujuan serat. Surat pribadi juga harus memiliki bahasa yang jelas dan ringkas dalam bahasa yang mudah dipahami. Sebagai contoh,

“Ika, teman kecilku. Banyak yang telah melakukan di desa sejak kamu datang ke kota. Banyak infrastruktur telah dikembangkan oleh pemerintah, dan banyak yang sekarang bekerja di sini. Aku ingin mengajakmu untuk bekerja dalam bisnis keluarga yang mulai tumbuh … “

f. Penutup Surat atau Paragraf Penutup

Paragraf ini digunakan untuk menutup atau mengakhiri surat pribadi. Kata-kata yang paling umum adalah harapan, permintaan maaf, permintaan maaf, dan sebagainya. Sebagai contoh,

“Ika, itu saja dariku. Jika kamu punya waktu, tolong jawab. Jangan lupa, terima kasih kepada keluargamu …”

Baca Juga :  Pengertian Kata

g. Nama Pengirim dan Tanda Tangan

Bagian ini adalah bagian terakhir dari surat itu. Biasanya, area pengirim dan tanda tangan berada di sudut kanan bawah surat itu. Anda juga dapat menulis dalam surat di kiri bawah.

Contoh Surat Pribadi kepada Orang Tua

Kepada Mama Tercinta

Jalan Komarudin No. 02

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Halo mama, Apa kabar? Semoga mama selalu diberikan oleh Allah SWT dan panjang umur serta sehat selalu ya maa. Lani sangat merindukan ibu. Sudah berbulan-bulan sejak saya belum menemukannya. Tentu mama dan papa kangen dengan ika.

Ma, Alhamdulillah aku punya teman baik di sini bernama Shilfi. Adas manis sakit seminggu yang lalu dan ketika saya sakit saya harus merawat Lani. Shilfi membeli makanan untuk dikirim ke dokter. Ketika saya sakit, saya ingat ibu mendekorasi bubur Lani.

Bu, bagaimana kabarmu Randi, apakah kamu masih nakal atau tidak? Apakah Anda masih kesulitan memasak ibu? Dia sekarang harus lebih berani daripada saudara. Lani rindu diundang ke taman bersama saudara perempuanku di atas kuda. Lani ingin dibawa ke gunung yang belum pernah dikunjungi Lani.

Bu, bagaimana kabarmu Inggih, apakah dia masih nakal atau tidak? Apakah Anda masih kesulitan memasak ibu? Dia sekarang harus lebih berani daripada saudara. Lani rindu diundang ke taman bersama saudara perempuanku di atas kuda. Lani ingin dibawa ke gunung yang belum pernah dikunjungi Lani.

Mama, maafkan Ika karena liburan ini tidak bisa pulang karena Lani harus bermalam. Ini artinya saya tidak bisa bersama keluarga seperti biasa.

Hanya bisa bekerja di rumah sehingga Anda tidak harus pergi berlibur. Lanibakalan memiliki magang di Jakarta dengan perusahaan media. Saya tidak tahu seperti apa lingkungannya, tetapi saudara perempuan saya mengatakan tidak apa-apa.

Baca Juga :  Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Mama dan Papa selalu berdoa yaa untuk Ika. Ika berharap Lani baik-baik saja, oh ya, madu yang dikirim kemarin datang 2 hari yang lalu setelah meminum itu, tubuh Ika terasa cukup baik.

Sebelum ma, jangan lupa untuk menjawab surat itu, Lani benar-benar merindukan ibuku, dan bahwa ponsel Lani dapat dibenarkan langsung menghubungi Lani, anak ketika magang menikmati rumah dan bertemu dengan orang-orang yang baik. Istirahat.

Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Anak Tersayang

Ika Pertiwi

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Contoh Surat Pribadi. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.