Definisi Ekuitas Merek

Posted on

Definisi Ekuitas Merek –

Apa itu Ekuitas Merek ?

Pengertian Ekuitas Merek merupakan adanya suatu nilai tambah yang telah diberikan produk dan layanan. Nilai merek dapat tercermin dalam cara konsumen merasakan, berpikir, dan bertindak dalam kaitannya dengan merek, serta dalam harga, pangsa pasar dan keuntungan yang dapat ditawarkan oleh merek.

Khususnya, dalam suatu merek harus menciptakan asosiasi merek yang kuat, menghibur dan unik untuk pelanggan mereka. Tantangan bagi pemasar untuk membangun merek yang kuat adalah memastikan bahwa pelanggan mereka mempunyai pengalaman yang tepat.

Definisi-Ekuitas-Merek

Masuk ke dalam program pemasaran, layanan, dan program untuk menciptakan pengetahuan merek yang Anda inginkan. Dengan kata lain, pemasar harus mampu menjaga dan menepati janji merek. Ini adalah visi merek, apa merek itu dan apa yang harus dilakukan merek sebagai konsumen.

Nilai merek dari perspektif pelanggan (nilai merek berbasis pelanggan) berarti bahwa kekuatan merek adalah bahwa pelanggan melihat, membaca, mendengar, berpikir, belajar, dan merasakan.

Merek mempunyai sebuah nilai merek berbasis pelanggan yang positif ketika konsumen merespons lebih positif terhadap produk dan bagaimana memasarkannya ketika merek diidentifikasi daripada ketika merek tidak dikenal.

Memilih Elemen Merek

Menurut Kotler & Keller (2009: 269), elemen tersebut ialah adanya suatu alat merek untuk mengidentifikasi dan membedakan suatu merek. Ada enam kriteria utama untuk memilih elemen ini, diantaranya ialah:

  • Bisa Mengingat, betapa mudahnya mengingat dan mengenali elemen merek.
  • Berarti, elemen merek mana yang dapat Anda percayai dan bagikan kategori yang relevan. Apa merek itu tentang suatu produk atau tipe orang yang dapat menggunakan merek semacam itu.
  • Bisa Disukai, beberapa baik estetika elemen tersebut.
  • Bisa Ditransfer, dapatkah elemen merek digunakan untuk meluncurkan produk baru dalam kategori yang sama atau berbeda? Elemen merek adalah peningkatan nilai merek melintasi batas geografis dan segmen pasar.
  • Bisa Disesuaikan, cara mudah untuk merek barang dan pembaruan.
  • Bisa Dilindungi, bagaimana elemen merek dapat dilindungi secara hukum. Selain nama merek, moto juga efektif ketika membangun nilai merek. Ini berfungsi sebagai panduan untuk membantu konsumen dalam memahami merek dan menafsirkan maksud dari program pemasaran.
Baca Juga :  Pengertian Administrasi Niaga (Bisnis)

Mengelola Ekuitas Merek

Contoh-Ekuitas-Merek

Adapun cara dalan mengelola ekuitas ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Revitalisasi Merek

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk menyegarkan merek Anda adalah mengetahui sumber nilai merek apa yang dapat Anda gunakan. Kebangkitan merek diperlukan karena selera.

Adanya suatu preferensi konsumen berubah, muncul pesaing atau teknologi baru, atau jenis perkembangan lainnya dalam lingkungan pemasaran yang mungkin memengaruhi profitabilitas merek.

b. Penguatan Merek

Sebagai perusahaan jangka panjang, merek harus dikelola dengan baik sehingga nilainya tidak menurun. Dalam beberapa kasus, kegagalan untuk memperkuat merek menyebabkan hilangnya kesadaran merek dan kerusakan pada citra merek.

Fungsi dan Manfaat Ekuitas Merek

Nilai merek bisa mempengaruhi dalam adanya suatu kepercayaan konsumen dalam keputusan pembelian karena mereka memiliki pengalaman menggunakan merek dan dekat dengan karakteristik dan mereknya.

Nilai merek yakni mempunyai dengan beberapa fungsi dan keunggulan seperti:

  • Loyalitas pembelian yang diizinkan atau transaksi konsisten atau ketika konsumen tidak hanya pelanggan setia dihentikan, tetapi konsumen juga dapat memberikan saran atau merekomendasikannya kepada orang lain.
  • Percayai produk lain yang menggunakan merek.
  • Memungkinkan lebih banyak penjualan.
  • Jika perusahaan dapat menetapkan harga “premium” yang lebih tinggi, itu berarti biaya yang lebih rendah untuk perusahaan.
  • Diferensiasi dari pesaing dikenal dan berkelanjutan.
  • Memungkinkan fokus internal yang jelas.
  • Jadilah faktor dalam menarik orang-orang yang berkualitas sambil tetap membuat mereka “puas”.
  • Menciptakan toleransi konsumen untuk kesalahan produk atau perusahaan melalui loyalitas merek yang tinggi.
  • Hanya menarik konsumen dengan faktor merek untuk membuat keputusan pembelian.

Baca Juga :

Baca Juga :  Pengertian APBN dan APBD

Demikianlah pembahasan kali ini, yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Definisi Ekuitas Merek. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.