Definisi Gelombang

Posted on

Definisi Gelombang – Dalam sebuah gelombang yang dapat menyebar ialah terhadap gelombang, tidak zat antara. Dalam bentuk gelombang yang secara ideal dengan mengikuti adanya gerakan sinus.

Gelombang terdiri atas 2 jenis, yaitu gelombang longitudinal (longitudinal wave) dan gelombang transversal (transverse wave). Dalam pembahasan ini, kami akan menjelaskan yakni mengenai Definisi Gelombang, macam-macam, dan jenis-jenisnya. Untuk ulasan selengkapnya, yuk… Simak penjelasan nya sebagai berikut.

Apa itu Gelombang ?

Definisi Gelombang adalah adanya getaran di mana dalam sebuah getaran yang bergerak dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan media tertentu. Bahkan gelombang dapat bergerak tanpa dengan melalui sebuah perantara media seperti ruang hampa udara.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa adanya sebuah gelombang merupakan sebuah osilasi yang dapat diulang dan bisa merambat dengan melalui sebuah media tertentu atau tanpa media perantara. Atau gelombang merupakan adanya sebuah getaran yang dapat menyebar.

Definisi-Gelombang

Selain itu, poros berada di media karena perubahan dalam sebuah bentuk, yang bisa menyebabkan gaya pegas, hingga terhadap poros dapat menyebar dan energi dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain tanpa adanya sebuah media yang dapat bergerak dengan cara permanen.

Bentuk gelombang beradaptasi terhadap gerakan sinusoidal. Selain radiasi elektromagnetik dan kemungkinan radiasi gravitasi yang dapat berjalan melalui ruang hampa, gelombang terjadi dalam medium (disebabkan oleh adanya sebuah perubahan dalam bentuk yang bisa menghasilkan dalam sebuah gaya pegas).

Baca Juga :  Pengertian Kecepatan

Di mana gelombang berjalan dan energi dapat bergerak dari satu tempat ke sebuah tempat lain tanpa partikel media bergerak dengan cara permanen (tidak terdapat dalam perpindahan massa).

Media juga bisa disebut dengan ketentuan diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Terbatas, jika terhadap gelombang telah terbatas. Kemudian disebut dengan gelombang tidak terbatas.
  • Seragam, jika sifat fisik tidak dapat berubah pada titik yang sudah berbeda.
  • Isotropik, jika sifat fisiknya sama dengan arah yang telah berbeda.
  • Linear, jika adanya sebuah gelombang berada pada titik-titik tertentu dalam medium, mereka bisa ditambahkan.

Macam – Macam Gelombang

Terdapat beberapa sebuah macam-macam dalam gelombang, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Gelombang Menurut Arah Getaran

  • Gelombang Longitudinal
    Merupakan adanya sebuah gelombang yang dalam arah osilasinya yakni secara paralel atau bertepatan terhadap arah rambat. Misalnya pada sebuah gelombang pada pegas dan gelombang suara.
  • Gelombang Transversal
    Merupakan adanya sebuah gelombang yang arah dalam getarnya yakni secara tegak lurus dengan arah yang rambat. Misalnya gelombang pada tali, gelombang cahaya, gelombang permukaan dan lain sebagainya.
Contoh-Gelombang

2. Gelombang Menurut Medium Perantara

  • Gelombang Elektromagnetik
    Merupakan adanya sebuah gelombang yang tidak dapat membutuhkan terhadap medium dengan perambatan menengah. Misalnya cahaya tampak, sinar gamma (γ), sinar-X, inframerah, sinar ultraviolet, gelombang radar, gelombang radio, dan gelombang televisi.
  • Gelombang Mekanis
    Merupakan adanya sebuah gelombang yang propagasinya yang dapat membutuhkan medium melalui dengan perantara. Hampir semua dalam suatu gelombang ialah termasuk dalam gelombang mekanis.

3. Gelombang Menurut Amplitudo dan Fase

  • Gelombang Stasioner
    Merupakan adanya sebuah fasanya berubah (tidak sama) dan gelombang yang amplitudo yang dalam di setiap titiknya, di mana gelombang bergerak.
  • Gelombang Berjalan
    Merupakan adanya sebuah gelombang yang beramplitudo dan dalam fasanya sama dalam setiap titik terhadap gelombang.
Baca Juga :  Pengertian Mekanisme

4. Gelombang Stasioner (Diam)

Gelombang stasioner bisa terjadi karena adanya sebuah interferensi (penggabungan dalam 2 gelombang, yakni gelombang pantul dan gelombang masuk). Gelombang pantulan yang telah terjadi bisa dalam bentuk pantulan dengan puncak tetap.

Dalam pantulan pantulan juga bisa termasuk dalam kelanjutan dari gelombang yang masuk (fase bersifat padat). Namun, jika pantulan terjadi pada ujung yang tetap, gelombang yang dipantulkan mengalami inversi fasa (berbagai 1800 fase) dari gelombang yang masuk.

Jenis – Jenis Gelombang

Ada beberapa jenis dalam satu gelombang, adalah:

a. Gelombang Longitudinal

Gelombang logitudinal merupakan adanya sebuah gelombang yang merambat ke arah yang telah bertepatan dengan arah getaran di setiap bagian tersebut. Gelombang yang muncul berupa kerapatan dan ruang. Contoh terhadap gelombang jenis longitudinal misalnya pegas atau slingki dapat ditarik ke bagian samping dan kemudian dilepaskan.

b. Gelombang Transversal

Gelombang transversal merupakan adanya sebuah gelombang yang arahnya tegak lurus terhadap arah rambat. Gelombang terdiri dari bukit dan lembah, contohnya ialah gelombang air, benang bengkok, dan lain sebagainya.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Definisi Gelombang, macam-macam, beserta jenis-jenisnya. Semoga ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.