Fraksi Mol

Posted on

Fraksi Mol –

Apa itu Fraksi Mol ?

Pengertian Fraksi Mol merupakan suatu unit konsentrasi yang menyatakan hubungan antara jumlah mol salah satu komponen larutan (jumlah mol pelarut atau jumlah mol yang larut) dan jumlah mol larutan.

Fraksi ditunjuk dalam simbol χ. Jika mengandung 2 komponen, zat B adalah pelarut dan A adalah pelarut, fraksi A disebut χ A dan χ B sebagai fraksi dalam zat terlarut.

Konsentrasi molekuler atau molar adalah ukuran kelarutan suatu larutan dalam kaitannya dengan jumlah zat dalam massa pelarut tertentu. Ini berbeda dari definisi molaritas berdasarkan volume larutan tertentu.

Fraksi-Mol

Unit molekul umum bahan kimia adalah mol / kg. Larutan dengan konsentrasi 1 mol / kg kadang-kadang dinyatakan sebagai 1 mol.

Kata turbulensi dibentuk dalam analogi dengan molaritas, yang merupakan konsentrasi molar dari larutan. Solusi dari solusi dapat diuji dengan menambahkan pelarut.

Solusi yang lebih sederhana, Moral (m), adalah molo padat dibagi dengan pon pelarut. Polaritas atau molalitas adalah konsentrasi larutan, yang menunjukkan jumlah mol terlarut dalam 1 kg atau 1000 g pelarut.

Perbedaan antara kebenaran dan turbulensi adalah bahwa molalitas adalah kelarutan atau konsentrasi molar (m) berbicara tentang volume molar dalam 1000 g pelarut.

Tetapi mol adalah pernyataan tentang kelarutan molar dalam setiap liter larutan. Kontur ditetapkan dengan notasi M dan satuan ini mol/liter.

Sifat Koligatif Larutan

Meskipun dalam suatu sifat pelarut tentu mencakup beberapa larutan, sifat-sifat pelarut tidak tergantung pada interaksi antara pelarut dan molekul pelarut.

Baca Juga :  Perpindahan Kalor

Tetapi pada jumlah pelarut yang larut dalam larutan. Sifat kolaboratif termasuk menurunkan tekanan uap dan meningkatkan titik didih serta mengurangi tekanan beku dan tekanan osmotik.

Tekanan uap cair dibuat sebagai hasil dari molekul cair yang meninggalkan permukaan. Semakin mudah menguap dalam molekul cairan, semakin tinggi tekanan uap cairan tersebut.

Akan tetapi, ketika tekanan cair dalam zat terlarut yang tidak diuapkan dilepaskan, partikel terlarut mengurangi penguapan molekul cair. Air laut mati adalah contoh dari penurunan tekanan uap pelarut dengan pelarut yang tak begitu mudah menguap

Fraksi Mol Zat Terlarut (Xt)

Rumus fraksi mol dalam suatu zat terlarut (Xt) adalah:

Fraksi-Mol-Zat

Keterangan:

  • Xt = Fraksi mol zat terlarut
  • Np = Jumlah mol zat pelarut
  • Nt = Jumlah mol zat terlarut

Fraksi Mol Zat Pelarut (Xp)

Rumus fraksi mol yakni untuk pelarut (Xp) adalah:

Fraksi-Mol-Zat-2

Keterangan:

  • Xp = Fraksi zat pelarut
  • Np = Jumlah mol zat pelarut
  • Nt = Jumlah mol zat terlarut

Proporsi mol dan pelarut adalah 1

Xt + Xp = 1

Rumus Fraksi Mol

Definisi moral adalah solusi dari solusi yang memberikan jumlah mol pelarut dalam 1 kilogram atau 1000 pelarut. Formula untuk molalitas adalah sebagai berikut:

fraksi-mol-biasa

Jumlah 1 kg Zat Pelarut / Mol Zat Pelarut

Fraksi cair mol (Xt) biasanya dirumuskan sebagai berikut:

Keterangan:

  • Xt = Fraksi zat terlarut
  • Nt = Jumlah mol zat terlarut
  • Np = Jumlah mol zat pelarut

Dalam fraksi itu yakni adanya suatu pelarut (Xp) dan biasanya diformulasikan sebagai berikut:

fraksi-mol-biasa-2

Hubungan Antara Molalitas Dengan Persen Massa

Persentase massa adalah unit konsentrasi yang juga dapat digunakan dalam larutan kimia. Misalnya adalah solusi paling umum yang kita miliki setiap hari, yakni alkohol 75% dan cuka 24%. Fraksi massa adalah jumlah zat terlarut dalam larutan 100 gram.

Baca Juga :  Pengertian Kalorimeter

Persamaan yang menunjukkan perhitungan persentase massa adalah:

fraksi-mol-biasa-3

Selain itu, arti normalitas adalah jumlah yang menunjukkan jumlah mol yang sesuai dengan zat terlarut dalam setiap volume larutan. Dalam satuan normalitas adalah normal (N), yaitu = mol/liter. Biasanya mempunyai beberapa rumus yakni:

N = ek/V atau N= n.a/V atau bisa juga N = M x a

Keterangan:

Mol sama dengan jumlah mol dikalikan dengan jumlah ion H + atau ion

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Fraksi Mol. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.