Pengertian Akuntansi Manajemen

Posted on

GuruAkuntansi.co.id Kali ini akan membahas tentang pengertian ekonomi syariah beserta prinsip, tujuan dan manfaatnya. Berikut penjelasannya…

Akuntansi dan manajemen adalah dua hal yang berkaitan. Akuntansi manajemen adalah sebuah sistem akuntansi yang mempunyai kaitan dengan penggunaan informasi akuntansi oleh tingkat manajerial sebuah organisasi.

Manfaat yang didapat dari akuntansi manajemen ini akan memberikan dasar pembuatan keputusan bisnis sehingga manajemen dapat lebih siap untuk mengelola dan melakukan fungsi pengecekan.

Pengertian Akuntansi Manajemen

Tujuan utama dari sistem akuntansi yaitu memberikan laporan keuangan untuk kepentingan pihak diluar perusahaan,

contohnya seperti manajer keuangan, manajer produksi, manajer pemasaran, dan pihak internal lainnya. Diatas merupakan penjelasan dari Akuntansi manajemen.

Informasi ini sangat berguna untuk pedoman pengambilan kebijakan untuk masa yang akan datang menurut data historis dari laporan keuangan.

PenerapanAkuntansiManajemenPerusahaan

 

Fungsi & Penerapan Akuntansi Manajemen

Berikut ini adalah penjelasan dari Fungsi dan Penerapan Akuntansi manajemen.

A. Memberikan informasi keuangan untuk kepentingan manajemen

Informasi tersebut dibutuhkan manajemen untuk bahan pertimbangan pengambilfan keputusan dan menilai hasil yang sudah dicapai.

Departemen Produksi bisa menjadi contohnya yaitu manajer di bagian produksi akan membutuhkan informasi,

Data akuntansi manajemen berkenaan dengan rincian biaya produksi, berapa harga pokoknya, hingga informasi mendalam mengenai harga produk per unit.

Baca Juga :  Manfaat Lembaga Keuangan

Akuntansi manajemen bisa juga digunakan sebagai panduan perencanaan oprasional terkait berapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk produksi inti dan berapa besar biaya overhead yang harus dibayarkan agar membantu operasional tersebut.

B. Mengukur, mengidentifikasi dan memberikan informasi keuangan

Ini memberi kesempatan adanya penilaian dan keputusan yang nyata dan tegas bagi manajemen yang menggunakan suatu informasi tersebu.

Di mana titik sentralnya bagi pihak-pihak dalam suatu organisasi perusahaan. Misalnya perhitungan biaya produk, perhitungan biaya suatu kegiatan, perhitungan biaya suatu departemen.

C. Untuk menyajikan suatu laporan sebagai satu kesatuan usaha

Untuk kepentingan pihak internal dalam rangka menjalankan proses manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.

Yang Membutuhkan Akuntansi Manajemen?

A. Manajer Pemasaran

Membutuhkan akuntansi manajemen untuk memperoleh informasi perusahaan yang berkaitan dengan modal kerja,

beban biaya, tingkat pengembalian investasi, tingkat pengembalian modal, dan berbagai macam jenis keuangan lainnya.

B. Manajer Keuangan

Membutuhkan data informasi mengenai rincian biaya harga pokok produksi seperti total biaya produksi, biaya per unit produk, beban tenaga kerja langsung, serta biaya overhead lainnya yang secara langsung berperan dalam proses produksi.

C. Manajer Produksi

Membutuhkan data informasi seluruh komponen biaya terkait dalam penetapan harga jual produk, penentuan sistem penjualan secara kredit atau tunai,

beban komisi penjualan, marketing fee, serta informasi nilai diskon untuk produk tertentu dalam rangka peningkatan volume penjualan.

Oleh karena itu suatu perusahaan harus menjalankan akuntansi manajemen dalam pengelolaan keuangan untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut.

Baca juga :

Agar lebih mudah dalam pelaksanaanya, Anda bisa mengandalkan software akuntansi online seperti Jurnal untuk memenuhi kebutuhan manajemen akuntansi perusahaan.

Baca Juga :  Pengertian Manajemen Organisasi

Jurnal memberikan berbagai fitur kemudahan dalam pengelolaan keuangan dan memberikan berbagai informasi keuangan yang dibutuhkan perusahaan.