Fungsi Batang Pada Tumbuhan

Haii teman-Teman kembali lagi dengan kami guruakuntansi.co.id. Kali ini kita akan membahas tentang Fungsi Batang Pada Tumbuhan. Oke langsung saja kita mulai……

Pada umumnya setiap jenis Tumbuhan atau Tanaman, terdapat struktur-struktur organ tubuh dan memiliki fungsi yang berbeda-beda, yaitu Daun, Bunga, Batang, dan Akar, untuk menjaga pertumbuhan atau perkembangan hidupnya.

Tetapi pada kesempatan kali ini, kita bersama-sama hanya akan membahas tentang Fungsi Batang beserta dengan struktur-struktur yang terbentuk didalamnya.

Apa itu Batang?

fungsi batang pada tumbuhan

Batang merupakan salah satu bagian dari organ yang ada dalam tumbuhan. Batang merupakan sumbu bagi tumbuhan, bisa dikatakan bahwa batang merupakan tulang punggung atau tempat untuk bertumpu dan juga untuk tumbuh oleh organ tumbuhan bagian yang lain seperti daun dan akar.

Akar dan daun ialah sebagai pembantu batang dalam menjalankan fungsi batang pada tumbuhan secara lebih khusus. Organ yang ada dalam tumbuhan antara lain yaitu daun, batang, bunga, akar dan buah. Organ tersebut yang terdapat dalam tumbuhan mepunyai fungsi tersendiri untuk kelangsungan hidup bagi tumbuhan.

Baca Juga : Fungsi Personalia

Struktur Batang Pada Tumbuhan

Pada pembentukan batang pada suatu tumbuhan, mempunyai struktur-struktur yang ada dalam bagian batang, sebagai kelangsungan perkembangannya. Batang mempunyai 2 macam bentuk, yaitu Batang Monokotil dan Batang Dikotil.

Berikut dibawah ini merupakan penjelasan struktur-struktur Batang pada Tumbuhan Dikotil dan Monokotil yang terdapat dalamnya :

Struktur Batang Pada Tumbuhan Dikotil

Struktur batang pada Tumbuhan Dikotil, sebagai berikut ini :

  • Jaringan Epidermis

Jaringan epidermis ialah struktur yang ada pada Batang pada Tumbuhan Dikotil, yang tersusun dari sel-sel pipih yang rapat. Jaringan Epidermis mempunyai fungsi sebagai pemberi perlindungan kepada jaringan-jaringan yang ada pada bagian dalam batang.

  • Jaringan Lentisel

Suatu jaringan yang berupa lubang-lubang kecil terdapat pada bagian celah antara sel-sel pada kulit Batang suatu Tumbuhan, dan berfungsi sebagai tempat untuk melakukan proses pertukaran gas dan proses penguapan.

  • Jaringan Korteks

Suatu jaringan yang tersusun dari sel-sel Parenkim yang berfungsi sebagai jaringan dasar pada Batang suatu Tumbuhan. Jaringan Korteks ini juga terbentuk menjadi 2 macam bagian, yaitu Korteks bagian dalam dan Korteks bagian luar.

  • Korteks Bagian Dalam : Pada bagian Jaringan Korteks bagian dalam ini terbentuk dari sel-sel Parenkim, dan memiliki sebuah biji tertutup, dengan lapisan sel yang akan mengalami pembentukan lingkaran berisi butiran-butiran pati (seludang pati).
  • Korteks Bagian Luar : Pada bagian Jaringan Korteks bagian luar pada Batang terdiri dari sel-sel Kolenkim yang berkoloni atau bercampur menjadi satu bagian dengan sel-sel Parenkim, yang akan mengalami pembentukan lingkaran tertutup.
  • Jaringan Stele

Suatu jaringan yang fungsinya sebagai Silinder Pusat yang ada pada bagian dalam sebelah Endodermis. Jaringan Stele tersusun dari lapisan atas bagian luar dalam batang (Perisikel/Perikambium).

Pada Perisikel atau Perikambium sendiri mempunyai Empulur dan Berkas Vaskuler yang terdiri dari 2 macam bagian, yaitu Floem dan Xilem.

Struktur Batang Pada Tumbuhan Monokotil

Baca Juga : Jurnal Khusus Penjualan

Kedua kita akan membahas terlebih dahulu struktur-struktur Batang pada Tumbuhan Monokotil, sebagai berikut ini :

  1. Jaringan Epidermis

Jaringan ini merupakan struktur yang terdapat pada Batang pada Tumbuhan Monokotil, yang tersusun dari Sel-Sel pipih yang tersusun dengan rapat sehingga Batang pada Tumbuhan Monokotil ini terlihat besar, karena terdapat Bulu-Bulu dan Stomata. Jaringan Epidermis memiliki fungsi untuk memberikan perlindungan kepada jaringan-jaringan yang terdapat pada bagian dalam Batang.

  • Jaringan Lentisel

Suatu jaringan yang berupa lubang-lubang kecil terdapat pada bagian celah antara sel-sel pada kulit Batang suatu Tumbuhan, dan berfungsi sebagai tempat untuk melakukan proses pertukaran gas dan proses penguapan.

  • Jaringan Korteks

Suatu jaringan yang tersusun dari sel-sel Sklerenkim berada pada bagian bawah Epidermis dan berupa pada Kulit Batang. Kulit batang juga memiliki fungsi untuk memperkuat dan mengeraskan bagian-bagian luar pada batang.

  • Jaringan Stele

Suatu jaringan yang tersusun dari sel-sel Sklerenkim yang terdapat pada bagian Korteks dan tidak memiliki batas yang jelas antara keduanya. Jaringan Stele didalamnya memiliki Berkas Vaskuler yang akan menyebar ke seluruh bagian dari Empulur, terutama yang akan mengalami konsentrasi dengan mendekati bagian Kulit Batang.

Fungsi Batang Pada Tumbuhan

Baca Juga : Rekening Koran

Batang ialah salah satu bagian vegetatif dari tumbuhan yang memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :

  1. Penyokong atau Penopang.

Batang berfungsi sebagai penyokong atau penopang agar tumbuhan tetap berdiri tegak, selain itu sebagai tempat melekatnya daun, bunga, dan biji agar mudah mendapat cahaya matahari dan mudah terjadi penyerbukan serta penyebaran buah dan biji.

  • Sarana Transportasi atau Pengangkut.

Batang berfungsi sebagai pengangkut air dan garam mineral dari akar ke daun melalui pembuluh xylem untuk proses fotosintesis. Kemudian batang akan membawa zat-zat makanan dari hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan melalui pembuluh phloem.

  • Tempat Penyimpanan Cadangan Makanan.

Untuk sebagian tumbuhan, batang mempunyai fungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan. Misalnya, batang pada tumbuhan sagu. Makanan cadangan ini akan digunakan saat diperlukan.

  • Membantu Proses Pernapasan

Batang juga membantu proses pernapasan dari tumbuhan, karena oksigen dapat masuk melewati lentisel. Lentisel yaitu pori-pori yang terlihat kecil pada tumbuhan biasanya dan mempunyai fungsi sebagai tempat pertukaran gas.

  • Alat perkembangbiakan.

Batang berfungsi juga sebagai alat perkembangbiakan vegetatif. Batang dibentuk menjadi stek batang gunanya sebagai salah satu bentuk dari perbanyakan tanaman secara vegetatif. Metode perbanyakan tanaman dengan cangkok untuk menghasilkan tanaman baru dari induknya juga memanfaatkan batang atau cabang dari tumbuhan.

Fungsi lain dari batang pada tumbuhan, batang juga memberikan manfaat pada manusia untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Batang tumbuhan yang mengandung kayu dipergunakan untuk bahan bangunan rumah, furniture, bahkan untuk kayu bakar. Batang tumbuhan yang mengandung zat pati dapat kelola menjadi bahan makanan contohnya batang tebu untuk pembuatan gula, batang bambu untuk kebutuhan sehari-hari, batang pohon sagu yang diperas sarinya lalu didapatkan tepung sagu dan ada banyak lagi pemanfaatan batang tumbuhan dalam kehidupan manusia.

Demikianlah pembahasan kita kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita ya…

/* */