Fungsi Bunga Pada Tumbuhan

Posted on

Haii Teman-Teman kembali lagi dengan kami guruakuntansi.co.id kita akan membahas tentang Fungsi Bunga Pada Tumbuhan. Oke langsung saja kita mulai…….

Daftar Isi :

Fungsi Bunga Pada Tumbuhan

fungsi daun pada tumbuhan

Fungsi bunga secara umum dan yang paling utama adalah untuk reproduksi. Hal ini sangat penting untuk tumbuhan karena bila tidak ada bunga, maka tumbuhan tidak dapat berkembang biak dan menjadi punah.

Baca Juga : Fungsi Personalia

Fungsi biologi bunga adalah organ seksual, sebagai wadah menyatunya gamet jantan (mikrospora) dan betina (makrospora) untuk menghasilkan biji. Sebenarnya bunga nerupakan analog dengan organ seksual pada hewan baru disadari secara ilmiah pada abad ke-17 di Eropa.

Sebagian bunga mempunyai warna yang cerah berfungsi sebagai pemikat hewan pembantu penyerbukan. Sebagian bunga yang lainnya menghasilkan aroma atau panas yang khas yang bertujuan untuk memikat hewan untuk membantu penyerbukan.

Bunga juga dianggap sebagai organ agar bertahan pada kondisi yang kurang menguntungkan bagi pertumbuhan. Beberapa tumbuhan akan segera membentuk bunga jika mengalami suhu rendah atau kekurangan air. Contoh yang paling dikenal adalah bunga kertas Bougainvillea. Bunga mengurangi metabolisme dan apabila tumbuhan mati, biji diharapkan telah terbentuk sebagai usaha sintasan (survival).

Dan ada 4 lagi fungsi bunga yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • Fungsi bunga yang paling utama dan paling vital adalah bunga sebagai alat untuk perkembangbiakan generatif.
  • Fungsi bunga yang kedua adalah untuk menarik burung, serangga maupun lebah agar hinggap dan melakukan penyerbukan.
  • Fungsi bunga yang ketiga adalah sebagai wadah atau tempat menyatunya gamet jantan dan gamet betina.
  • Fungsi bunga yang ke empat adalah untuk menghasilkan biji.

Tentu saja selain keempat fungsi bunga tersebut, kamu juga dapat menambahkan bahwa bunga dapat dinikmati oleh manusia keindahannya, yang paling penting adalah kamu sebagai manusia tidak merusaknya dan menghentikan perkembangannya.

Apa itu Bunga?

Secara Etimologis (Bahasa) istilah Bunga berasal dari Bahasa Latin, yaitu Flos merupakan hasil gabungan (Modifikasi) yang terbentuk dari sebuah Tunas (Batang dan Daun), dengan memiliki warna, dan berbagai macam bentuk yang sesuai dari kebutuhan pada suatu Tumbuhan itu sendiri.

Baca Juga : Rekening Koran

Bunga juga merupakan suatu Alat Reproduksi Seksual yang dimiliki sebuah Tumbuhan Berbiji Tertutup (Klasifikasi Magnoliophyta atau Angiospermae), yaitu Adanya Putik dan Benang Sari.

Struktur Dan Fungsi Bunga

Pada umumnya Bunga memiliki bagian-bagian struktur dengan fungsi yang berbeda-beda untuk perkembangan atau pertumbuhannya, yaitu sebagai berikut :

  1. Benang Sari

Memiliki fungsi sebagai Alat Reproduksi Jantan, yang merupakan Tangkai Sari terdiri dari 4 kotak sari atau Mikrosporangia.

  • Tangkai Bunga

Berfungsi sebagai tempat penyanggah dan penghubung antara Tangkai Bunga dengan Ranting Tumbuhan.

  • Dasar Bunga

Berfungsi sebagai tempat peletakan dan bertumpunya Mahkota Bunga dan bagian-bagian Bunga lainnya.

  • Kelopak Bunga

berfungsi sebagai pelindung Mahkota Bunga ketika masih berupa kuncup dan terbuka apabila Mahkota telah mekar.

  • Mahkota Bunga

Berfungsi sebagai Proses Penyerbukan yang dilakukan dengan dibantunya hewan-hewan serangga tertentu, untuk perkembangan dari Bunga itu sendiri.

  • Daun Pelindung

Berfungsi sebagai tempat cikal bakal Bunga yang akan mengalami pertumbuhan.

  • Kepala Putik (Stigma)

Berfungsi sebagai tempat masuk dan menempelnya Polen yang terdapat pada Kepala Sari, yang selanjutnya akan ditransfer ke bagian Inti Telur Tabung, Serbuk Sari (Ovarium)

  • Tangkai Putik (Stilus)

Berfungsi sebagai tempat penyanggah Kepala Putik agar tetap berada diposisinya sesuai dengan yang telah ditentukan.

  • Bakal Buah (Ovarium)

Berfungsi sebagai tempat terjadinya proses pembuahan, karena terjadinya proses peleburan yang dilakukan antara Gamet Jantan dengan Gamet Betina.

  1. Bakal Biji (Ovulum)

Berfungsi sebagai tempat terjadinya proses pembentukan Biji Matang, dan berperan aktif dalam pelestarian untuk generasi beikutnya.

Kelompok Bunga

Baca Juga : Filsafat Ekonomi Islam

Berdasarkan kriteria Bunga dikelompokkan menjadi 4 macam bentuk, yaitu Kelompok Bunga berdasarkan kelengkapan alat perkembangbiakannya dan Kelompok Bunga berdasarkan kelengkapan bagian-bagiannya, yaitu sebagai berikut ini :

  1. Kelompok Bunga Berdasarkan Kelengkapan Alat Perkembangbiakan

Pada jenis kelompok Bunga ini, terbagi menjadi 2 macam bentuk, yaitu Bunga Sempurna dan Bunga Tidak Sempurna, sebagai berikut :

  1. Bunga Sempurna

Jenis Bunga yang mempunyai dua Alat Kelamin berfungsi untuk perkembang biakkannya, yang tersusun dari Putik dan Benang Sari dalam satu Bunga.

Contoh Tumbuhan : Bunga Sepatu, Bunga Tulip, dll.

  • Bunga Tidak Sempurna

Jenis Bunga yang mempunyai satu Alat Kelamin berfungsi untuk perkembang biaknnya, yang tersusun hanya Kepala Putik atau Benang sari saja.

Contoh Tumbuhan : Bunga Salak, Bunga Pepaya, dan lain-lainnya.

  • Kelompok Bunga Berdasarkan Kelengkapan Bagian

Pada jenis kelompok Bunga ini, terbagi menjadi 2 macam bentuk, yaitu Bunga Lengkap dan Bunga Tidak Lengkap, sebagai berikut :

  1. Bunga Lengkap

Jenis Bunga yang mempunyai bagian-bagian yang lengkap didalam pembentukannya, yaitu berupa adanya Kelopak Bunga, Mahkota Bunga, Putik Bunga, dan Benang Sari.

Contoh Tumbuhan : Bunga Mawar, Bunga Melati, Bunga Anggrek dan lain-lainnya.

  • Bunga Tidak Lengkap

Jenis Bunga yang mempunyai bagian-bagian yang tidak lengkap antara salah satunya, baik berupa Kelopak Bunga, Mahkota Bunga, Putik Bunga atau Benang Sari.

Demikianlah penjelasan mengenai tentang Fungsi Bunga Pada Tumbuhan beserta dengan Pengertian, Struktur-Struktur, Fungsi, Kelompokya. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berguna untuk kita semua.