Fungsi Hati

Posted on

Fungsi Hati – Salah satu organ dalam tubuh kita yang memilikin fungsi sangan penting, organ tersebut dapat mengatur setiap kejadian pada diri kita.

Apalagi dalam dunia percintaan organ tersebut sering sekali menimbulkan rasa suka, duka dan bahagia.

Organ tubuh tersebut adalah hari, yaaa hati, apa itu hari langsung aja kita bahas peda kesempatan kali ini ….

Apa itu Hati ?

Pengertian Hati adalah salah satu organ terpenting bagi tubuh manusia. Organ-organ ini, sering disebut dengan liver, adalah organ terbesar dalam tubuh. Organ berwarna coklat ini beratnya kurang lebih 1,5 kilogram.

Itu terletak di bagian rongga perut bagian atas di bawah tulang belakang leher kanan. Organ terdiri dari dua bagian, kanan dan kiri. Atrium kanan adalah yang terbesar dan lima hingga enam kali lebih besar dari lobus kiri.

Fungsi-Hati

Fungsi Hati

Hati mempunyai begitu banyak fungsi untuk kesehatan umum Anda. Hati memecah racun dalam darah, menghasilkan protein dan mendukung pencernaan. Fungsi hati lainnya adalah sebagai berikut:

a. Menghancurkan Sel Darah Merah

Fungsi hati tidak hanya merusak sel darah merah, tetapi juga sel darah merah. Proses ini menciptakan fase coklat. Namun, jika fase ini pucat atau putih atau warna urin menjadi gelap, itu bisa menjadi tanda masalah di hati. Misalnya, hepatitis disebabkan dengan adanya suatu virus.

Selain dalam suatu warna urin dan fase, masalah hati yakni dapat ditandai dengan adanya suatu perubahan warna mata dan kulit. Paling sering, warna mata menjadi murni, yang menunjukkan penyakit kuning di tubuh. Penyakit kuning disebabkan terhadap akumulasi bilirubin.

Baca Juga :  Sumber Daya Alam Hayati

b. Membersihkan Darah

Fungsi lainnya ialah dapat membersihkan darah dari adanya suatu senyawa yang begitu berbahaya. Itu berasal dari minuman keras, obatan terlarang, sampai racun.

c. Memproduksi Protein

Organ tunggal ini dapat bertanggung jawab untuk produksi protein seperti albumin, yang digunakan untuk mempertahankan cairan dalam sistem peredaran darah tubuh. Protein yang bertindak sebagai faktor pembekuan darah dan sistem dalam kekebalan telah diproduksi terhadap hati.

d. Metabolisme Protein

Hati juga telah berperan dalam mendukung adanya suatu metabolisme protein dengan mengubah secara amonia menjadi urea, yang dilepaskan terhadap ginjal.

e. Penyimpanan Nutrisi

Hati telah memainkan peran penting terhadap suatu menyimpan nutrisi tubuh Anda. Contohnya termasuk zat besi, vitamin B12, A, D dan K dan asam folat.

f. Cairan Empedu dan Energi

Organ-organ tersebutbyakni dapat berperan dengan suatu produksi empanel, yang membantu mengendalikan pencernaan makanan. Selain itu, hati menyimpan energi untuk tubuh dalam bentuk glikogen dan mengubahnya menjadi glukosa ketika gula darah rendah.

g. Trigliserida dan Hormon

Organ-organ utama tersebut yakni dapat bertanggung jawab untuk produksi kolesterol dan trigliserida serta pembawa protein dan dengan demikian memungkinkan sirkulasi dalam darah. Tidak hanya itu, hati juga menghasilkan hormon pertumbuhan anak.

Anatomi Fisiologi Hati

Bentuk-Hati

Hati adalah kelenjar terbesar di tubuh dan beratnya 1-2,3 kg. Hati-hati di bagian atas rongga perut, yang menempati sebagian besar wilayah hypochondriac di bawah diafragma. Setiap lobus terdiri dari lobus polyhedral (multifaset).

Setiap lobulus terdiri dari sel-sel hati yang dapat dilengkapi dengan jaringan hati. Bagian depan dilindungi oleh tulang rusuk. Jantung adalah kelenjar terbesar di tubuh.

Jantung dibungkus kapsul elastis tipis dan sebagian tertutup oleh mukosa peritoneum. Mukosa peritoneum adalah pita pendukung yang menempelkan hati ke permukaan diafragma. Hati yakni mempunyai 4 lobus.

Baca Juga :  Pengertian Tulang Belikat

Dua lobus terbesar dan paling jelas adalah lobus kanan yang lebih besar, sedangkan lobus yang lebih kecil, berbentuk baji adalah lobus kiri. Dua lobus lainnya adalah Cadate dan Square, yang berada di permukaan belakang. Fisura portal adalah nama untuk permukaan belakang hati, di mana banyak struktur masuk dan keluar terhadap kelenjar.

Cara Menjaga Fungsi Hati

Anda tahu fungsi jantung Anda dengan sangat baik. Jadi pastikan hati Anda bekerja dengan cara yang sehat sehingga hati Anda bekerja. Berikut ini beberapa cara kerja hati, yakni:

  • Mempunyai makanan sehat.
  • Melakukan olahraga teratur.
  • Dapat melindungi tubuh Anda dari bahan kimia di udara.
  • Menghindari minuman keras.
  • Hindari zat yang tidak resmi seperti obatan terlarang.
  • Menghindari jarum kotor.
  • Mendapatkan vaksinasi terhadap hepatitis A dan hepatitis B.
  • Lindungi privasi perawatan pribadi seperti mencukur, dan menyikat gigi.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Fungsi Hati. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.