Fungsi Kelenjar Prostat

Fungsi Kelenjar Prostat – Jaringan epitel dalam prostat biasanya berupa kolom simpleks atau pseudostratificatum, yang dalam beberapa kasus ditutupi dengan epitel skuamosa atau kuboid.

Lobus Lateal dibagian kiri ke belakang ke kiri uretra, dipisahkan oleh alur vertikal yang rata di belakang prostat. Tutup ini juga mengandung banyak jaringan kelenjar.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Fungsi Kelenjar Prostat. Untuk ulasan selegkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Kelenjar Prostat ?

Kelenjar Prostat merupakan kelenjar eksokrin memiliki suatu ukuran walnut yang memiliki letak di antara kandung kemih dan penis di depan dubur. Fungsi prostat adalah sebagai memproduksi dan menyimpan jenis cairan, biasanya sperma (air mani).

Cairan yang dilepaskan dari prostat yakni dapat menyediakan makanan dan melindungi sperma. Selama ejakulasi, prostat membuat cairan ini bersama dengan sperma dari uretra untuk menghasilkan sperma (sperma).

Fungsi-Kelenjar-Prostat

Struktur Dan Bagian Kelenjar Prostat

Terdapat berbagai struktur dan bagian terhadap kelenjar ini, yakni:

Struktur Kelenjar Prostat

Prostat memiliki bentuk segitiga terbalik sekitar 4 cm, 3 cm dan 2,5 cm dan berat sekitar 20 gram. Prostat adalah kelenjar fibromuskular yang terbuat dari “serat otot polos yang dicampur dengan serat kolagen dan serat elastis”, yang dilengkapi dengan kapsul prostat yang terbuat dari “jaringan fibrosa yang mengandung pembuluh darah dan saraf” dan prostat “jaringan fibrosa”.

Baca Juga :  Rantai Makanan Ekosistem Laut

Sebagian besar kelenjar prostat terdiri dari kelenjar tubulus asinar kecil atau tubular asinar 30-50. Lapisan prostat adalah selaput lendir, submukosa dan lapisan perifer dari kelenjar utama.

Jaringan epitel dalam prostat biasanya berupa kolom simpleks atau pseudostratificatum, yang dalam beberapa kasus ditutupi dengan epitel skuamosa atau kuboid. Prostat menerima kekuatan nutrisi dan oksif dari prostat. Inti bagian dalam berasal dari aplexus prostat, “yang dapat berupa stimulasi atau stimulasi parasimpatis”.

Bagian-Bagian Kelenjar Prostat

Prostat yakni bisa dibagi menjadi 5 lobus, yakni:

  • Lobus Isthmus atau Aterior terdapat di bagian depan ada di depan uretra dan tidak memiliki jaringan kelenjar.
  • Lobus Medius terdapat di bagian tengah berada di antara uretra dan saluran ejakulasi. Bagian ini kaya akan jaringan kelenjar.
  • Lobus Posterior terdapat di bagian belakang adalah penutup di belakang uretra dan, menurut ejakulator, bagian ini juga termasuk jaringan kelenjar.
  • Lobus Lateral di bagian kanan di sebelah kanan uretra dipisahkan dari alur vertikal rata di belakang prostat, banyak jaringan kelenjar di lobus.
  • Lobus Lateal dibagian kiri ke belakang ke kiri uretra, dipisahkan oleh alur vertikal yang rata di belakang prostat. Tutup ini juga mengandung banyak jaringan kelenjar.

Cara Mencegah Penyakit Prostat

Adapun berbagai cara untuk menjegah penyakit ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Cukupi Kebutuhan Lemak Esensial

Asam lemak omega-3 dan mineral seng dapat meringankan gejala gangguan prostat. Makanan yang kaya akan katekin, terutama epigallicatechin “epigallocatechincgallate”, kekurangan sulfur, selenium, dan vitamin C.

Dapat mendukung kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk menghilangkan racun yang menyebabkan kanker “penyebab kanker”. Zat ini tidak hanya meningkatkan pembentukan enzim yang mengurangi sel tumor dan kanker, termasuk dalam penyakit kanker prostat.

Baca Juga :  Pengertian Mollusca

b. Menjalankan Pola Hidup Sehat

Paling mudah memakan buah-buahan yang mengandung antioksidan penting untuk prostat, seperti alpukat, tomat, dan kacang-kacangan. Gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan munculnya penyebab yang tidak diinginkan untuk prostat.

c. Periksakan Kesehatan Prostat Secara Rutin Ke Dokter

Ini berfungsi sebagai mengantisipasi dalam terjadinya gangguan prostat. Jika mereka dapat menemui masalah, mereka yakni bisa segera mencari perawatan.

d. Seringlah Mengonsumsi Sayuran Kubis

Beberapa hasil dalam adanya suatu penelitian menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi kubis dapat mengurangi risiko kanker prostat.

Fungsi Kelenjar Prostat

Adapun berbagai fungsi dalam kelenjar ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Menghilangkan 30 hingga 35% atau sepertiga cairan dari sperma. Cairan ini memberikan nutrisi dan melindungi sperma untuk bertahan hidup di vagina.
  • Prostat yang dapat mengelilingi uretra bisa bertindak dengan sebagai katup yang mencegah urin keluar kecuali terjadi stimulasi urin.
  • Prostas yang telah mengandung adanya suatu jaringan otot polos dan dengan demikian membantu memompa sperma melalui penis dengan kekuatan yang cukup untuk masuk ke dalam vagina dan untuk mendukung pembuahan sel-sel telur oleh sperma.
  • Dalam suatu sistem saraf prostat yakni dapat membantu ereksi penis.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Fungsi Kelenjar Prostat. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.