Genre Musik

2 min read

Genre Musik – Musik telah menjadi bagian dari hidup kita. Rasanya dunia tanpa musik seni seperti memasak tanpa bumbu. Tergantung pada dunia dan kehidupan, musik juga bisa menjadi solusi untuk berbagai masalah.

Musik termasuk dalam kombinasi nada dan suara yang menciptakan ritme, ritme, tempo, melodi, dan harmoni. Salah satu jenis musik yang kita tahu adalah musik populer. Musik pop sendiri hadir dalam berbagai bentuk atau biasa disebut dengan genre.

Apa itu Genre Musik ?

Pengertian Genre Musik ialah mengelompokkan musik satu per satu. Musik juga dapat diklasifikasikan menurut kriteria lain seperti geografi. Genre dapat didefinisikan dengan teknik musik, konteks, gaya, dan tema musik.

Jenis musik yang sebenarnya tidak dapat di definisikan secara detail, mengapa? karena dalam tipe orang ini biasanya memberikan beberapa interpretasi dari satu sisi tanpa melihat dari sisi yang lain, walaupun biasanya ada dua tipe yang terakhir dalam sebuah lagu yang tetap didefinisikan dalam satu tipe.

Jenis-Jenis Genre Musik

Genre-Musik

Adapun berbagai jenis dalam musik ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Jazz

Jazz atau musik jazz pertama kali muncul dari Amerika Serikat, yang menggabungkan berbagai alat musik yang menciptakan suara baru. Musik jazz biasanya dikaitkan dengan kalangan tertentu. Jenis jijik ini sangat elegan dan bergaya.

Jenis musik ini sudah dikenal di Indonesia sejak tahun 1930-an. Di festival jazz, musisi menggunakan instrumen seperti sexophones, terompet, trombon, gitar dan piano.

2. Blues

Jenis musik populer berikutnya adalah musik blues. Blues yang berarti “sedih atau frustrasi” menjadi nama yang digunakan dalam genre musik. Terkadang beberapa dari mereka tidak sama dengan jazz dengan musik blues. Walaupun jenis musik ini sangat berbeda dari warna.

Baca Juga :  Pengertian Pasar Uang

Musik Blues sedih dan “lambat”. Dalam hal instrumentasi musik, musik blues sangat mirip dengan jazz. Musik Blues pertama kali diperkenalkan ke dunia pada tahun 1910 untuk mengekspresikan perasaan emosional di Amerika dan Afrika.

3. Funk

Funk adalah salah satu jenis musik yang paling populer. Anda harus ingat bahwa musik funk tidak sama dengan punk. Musik Funk berasal dari bagian Afrika dan Amerika, di mana RnB, jazz, dan soul.

Musik yang paling populer adalah gitar, bass dan drum. Irama itu kering dan pecah. Cukup banyak penggemar musik ini percaya bahwa funk dapat menjadi salah satu genre yang paling cocok untuk menari.

4. Gospel

Ini mungkin salah satu jenis musik yang paling tidak biasa, tetapi kita dapat dengan mudah menemukannya. Musik Injil adalah musik yang didominasi vokal dan dimulai pada acara-acara gereja Kristen. Warna musik terkait adalah penyatuan banyak genre musik. Musiknya sering ditampilkan di luar gereja dan dikenal di semua provinsi.

5. RnB

RnB dengan akronim Rhythym and Blues adalah genre musik yang berasal dari kombinasi jazz, blues, gospel dan pop. Jenis musik ini pertama kali diperkenalkan oleh komunitas Arfika pada tahun 1940-an. Musik RnB mudah didengar dan mudah didengar oleh banyak grup.

Contoh-Genre-Musik

6. Rock

Rock adalah jenis musik yang terus berkembang. Musik rock sangat disukai oleh banyak orang. Musik ini mencakup berbagai jenis musik dan pertama kali dikenal dunia pada tahun 1940-an.

Musik rock juga memiliki banyak jenis seperti yang berkembang, seperti rock progresif, rock alternatif, hard rock, punk rock dan banyak lagi. Musisi rock terkenal di dunia termasuk Kurt Cobain, The Beatles dan Mick Jagger.

Baca Juga :  Pengertian Persediaan

7. Electronic

Seperti namanya, fitur paling khas dari musik ini adalah bahwa jenis musik lain adalah menambahkan instrumen modern atau instrumen musik yang menyentuh aplikasi untuk meningkatkan musik. EDM lebih dikenal sebagai clubbing dan dimainkan oleh DJ atau joki disk. Musik ini menjadi semakin populer di Indonesia.

8. Metal

Musik kemacetan sebenarnya tidak sedekat musik rock. Itu membuat musik metal semakin keras. Jenis musik ini, yang telah dikenal sejak tahun 1970-an, adalah dalam bentuk pengembangan musik rock. Musik metal juga tersedia dalam berbagai bentuk seperti heavy metal dan black metal.

9. Raggae

Ragge adalah jenis musik yang dikembangkan di Jamaika pada akhir 1960-an. Jenis musik ini adalah kombinasi dari musik, ska dan rock mantap. Tempo musiknya lebih lambat dan suasananya santai, tetapi masih ada ketukan yang bisa Anda gerakkan.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Genre Musik. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.