Gotong Royong

Posted on

Pengertian Gotong Royong – Salah satu karakteristik orang Indonesia yang mendukung kehidupan sosial adalah bahwa saling mendukung tumbuh bersama karena nilai-nilai mereka yang bagus.

Nilai gotong royong ini ialah semangat yang diwujudkan dalam perilaku atau tindakan orang tanpa harapan melakukan sesuatu “untuk kebaikan masyarakat atau khusus”.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menyampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Gotong Royong. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Gotong Royong ?

Pengertian Gotong Royong adalah salah satu ciri masyarakat Indonesia, khususnya Bulukumba, sebagaimana disebutkan dalam Pancasila, prinsip ketiga yakni “persatuan Indonesia”.

Perilaku kolektif yang selalu dimiliki oleh kalangan masyarakat Indonesia. Kerja sama adalah kepribadian suatu bangsa dan budaya yang memengaruhi kehidupan dalam masyarakat.

Pengertian-Gotong-Royong

Kerja sama adalah kegiatan ikhlas dan sukarela. Kegiatan yang dilakukan bisa sederhana, lancar, dan mudah. Contoh kegiatan koperasi termasuk mempelajari fasilitas umum dan membersihkan lingkungan.

Sikap saling mendukung harus mencerminkan semua elemen atau lapisan masyarakat di Indonesia. Karena kesadaran setiap elemen atau lapisan masyarakat yang saling mendukung.

Karakteristik Gotong Royong

  • Rakyat Indonesia yakni mempunyai suatu kualitas unggul kepada rakyat dan bukan milik oleh bangsa lain.
  • Ciptakan rasa kebersamaan dalam setiap pekerjaan yang Anda lakukan.
  • Ini memiliki nilai mulia untuk generasi dalam kehidupan.
  • Menekankan nilai-nilai kemanusiaan, karena kegiatan bersama tidak mencerminkan semua pekerjaan bersama dalam gelar Sarjana.
  • Mempunyai sebuah makna berkontribusi terhadap kebahagiaan dan kedamaian melalui kehidupan dalam kehidupan sosial.
  • Sebuah aktivitas yang dilakukan oleh sukarelawan sukarelawan tidak menerima hadiah.
Baca Juga :  Sistem Pendukung Keputusan

Asas Kegotong Royongan

Adapun berbagai asas, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Setiap manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan manusia lain untuk berdamai secara fisik dan mental, untuk mencapai kesejahteraan manusia.
  • Manusia akan memiliki makna seumur hidupnya jika ia berada dalam kehidupan sesamanya.
  • Manusia mempunyai sebuah moral yang tinggi yang mempunyai perasaan cinta, cinta dan toleransi terhadap orang lain.
  • Mempunyai sebuah dasar iman dan pengabdian kepada Allah SWT.

Jenis–Jenis Gotong Royong

Adapun berbagai jenis-jenis dalam gotong royong ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Kerja Bakti

Dalam kerja bakti yakni dapat di definisikan sebagai kegiatan bersama dalam lingkungan sosial masyarakat sekitar. Kegiatan ini adalah bentuk bantuan dan bantuan tambahan.

b. Musyawarah

Pertimbangan adalah media untuk mencapai kesepakatan dan bekerja bersama untuk menyelesaikan penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan. Kesadaran juga dapat mengubah ide dan pendapat untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan.

c. Tanggap Bencana

Bantuan bencana dapat menjadi respons publik untuk bekerja bersama di saat bencana. Tindakan dalam adanya suatu perlindungan sipil ini didasarkan pada kepedulian masyarakat sekitar untuk membantu mereka yang membutuhkan.

d. Panen Raya

Tanaman ini merupakan persyaratan jika tanaman itu besar untuk semua jenis pertanian. Panen ini biasanya berlangsung dalam satu atau dua tahun, tergantung pada jenis tanaman.

e. Belajar Bersama

Studi bersama mencakup jenis dukungan timbal balik untuk membuat iklim kerja sama tersedia bagi siswa. Mencoba menangani materi yang sulit pada saat yang sama dan menyelesaikannya sesuai dengan pengetahuan dan kepercayaan saya adalah tujuan pembelajaran yang umum.

Manfaat Gotong Royong

Contoh-Gotong-Royong
  • Agar dalam sebuah lingkungan kita terasa bersih dan segar
  • Dapat mempromosikan rasa solidaritas di lingkungan masyarakat
  • Jadi kehidupan komunitas lebih tentang saling mendukung
  • Pekerjaan dilakukan dengan cepat, tanpa biaya atau uang atau RT/RW yang harus dibayar. Jika pembangunan fisik bangunan menghemat anggaran, biaya kerja akan berkurang melalui kolaborasi.
  • Tanpa menikmati persahabatan dan komunitas warga, para pejabat mengenal tetangga, bahwa buruh atau pekerja, para pedagang tahu bahwa Anda telah bekerja sebagai sopir, Anda tahu orang kaya terhadap orang miskin dan sebaliknya.
  • Keamanan lingkungan ditingkatkan melalui persaudaraan, saling menghormati dan pengertian.
  • Damai dan tenang, dapat ditemukan dengan bahwa di antara warga negara mereka selalu saling membantu.
Baca Juga :  Pengertian Rekonsiliasi Fiskal

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Gotong Royong. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.