HCO3 (Bikarbonat)

Posted on

HCO3 (Bikarbonat) – Dalam ilmu kimia bikarbonat, anorganik, (nomenklatur IUPAC: hidrogen karbonat) diusulkan sebagai sebuah bentuk deprotonasi asam karbonat. Sebagai anion poliatomik dengan rumus kimia HCO-3, bikarbonat memainkan peran biokimia penting dalam sistem paparan pH

Ion hidrogen karbonat (Ion bikarbonat) adalah anion dengan rumus molekul HCO-3 dan massa molekul 61,01 dalton, yang terdiri atas atom karbon sebagai pusatnya, dikelilingi dengan tiga atom oksigen dalam adanya suatu pengaturan planar trigonal, satu atom hidrogen terikat pada satu atom oksigen. Karbonasi isoelektrik dengan asam nitrat HNO3.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaksan secara lengkap mengenai HCO3 (Bikarbonat). Untuk ulasan selengkapnya, yuukk.. Simak sebagai berikut.

Apa itu HCO3 (Bikarbonat) ?

Tes bikarbonat, yakni biasanya disebut sebagai tes CO2, yakni digunakan sebagai mendeteksi ketidakseimbangan elektrolit atau perubahan pH darah. Tes tersebut adalah bagian dari tes sebagai menganalisis ginjal (profil ginjal).

HCO3-Bikarbonat

Tes bikarbonat yakni bisa dilakukan untuk suatu bagian dari pemeriksaan fisik rutin atau dapat merekomendasikan bahwa mereka dapat mengembangkan gejala misalnya:

  • Lemah
  • Muntah berkepanjangan
  • Pusing
  • Kesulitan bernapas

Gejala-gejalanya adalah akibat dari ketidakseimbangan elektrolit, asidosis, atau alkalinitas (ketika tingkat asam atau basa dalam cairan dan jaringan tubuh tinggi).

Tes bikarbonat atau teskarbon dioksida yakni bisa memeriksa dengan adanya suatu kondisi yang memengaruhi kadar darah bikarbonat, termasuk beberapa ginjal, paru-paru, dan kondisi metabolisme. Tes-tes ini sering digunakan sebagai tes darah di laboratorium untuk mengidentifikasi dengan gejala penyakit.

Proses Bikarbonat

Anda tidak perlu membuat persiapan khusus sebelum ujian. Beberapa perawatan dapat memengaruhi hasil tes. Dokter Anda akan memberi tahu Anda untuk berhenti minum obat sebelum melakukan tes. Jangan menyela atau mengganti obat Anda tanpa memberi tahu dokter Anda.

Baca Juga :  Pengertian Asam

Hubungi dokter Anda jika Anda memiliki kekhawatiran khusus tentang risiko, tes, cara melakukan tes, dan hasil tes. Anda bertanggung jawab untuk mengambil darah medis. Lakukan hal berikut:

  • Dapat menempatkan dalam suatu tali elastis dengan di sekitar lengan atas untuk menghentikan aliran darah. Ini memfasilitasi injeksi pembuluh darah ke suatu pembuluh darah.
  • Dapat menempatkan ke sebuah kain gipsum atau kapas di tempat injeksi setelah injeksi selesai.
  • Dapat memberikan tekanan ke samping dan masukkan perban.
  • Dapat membersihkan di sebuah area yang akan disuntik dengan alkohol
  • Suntikkan jarum ke dalam vena. Mungkin diperlukan lebih dari satu jarum.
  • Masukkan tabung ke dalam jarum suntik untuk diisi dengan darah.
  • Jangan menggosok lengan Anda saat Anda mendapatkan cukup darah.

Sifat Kimia HCO3 (Bikarbonat)

Ion hidrogen karbonat (Ion bikarbonat) ialah dengan adanya sebuah anion dalam sebuah rumus molekul HCO-3 dan berat molekul 61,01 dalton; terdiri dari atom karbon sebagai pusat, dikelilingi dengan tiga atom oksigen dalam pengaturan planar trigonal, dengan atom hidrogen yang melekat dan merupakan salah satu atom yang berbentuk oksigen.

Natrium-Bikarbonat

Karbonasi isoelektrik dalam suatu asam nitrat HNO3. Ion bikarbonat memiliki muatan resmi negatif dan merupakan basa konjugat asam karbonat H2CO3. Pada saat yang sama, asam konjugat CO2-karbon adalah karbonat, seperti yang ditunjukkan dengan suatu reaksi kesetimbangan:

Garam bikarbonat yakni mempunyai sebuah bentuk ketika ion bermuatan positif terikat pada atom oksida bikarbonat negatif dan membentuk senyawa ionik. Sodium bikarbonat mengandung banyak bikarbonat yang mudah larut pada suhu dan tekanan standar dan berkontribusi terhadap kelarutan total, parameter umum untuk menguji dalam suatu kualitas air.

Cara Pakai Bikarbonat

Soda kue tersedia dalam bentuk tablet dan bubuk yang digunakan untuk minum. Sodium bikarbonat diminum dua kali sehari tergantung pada kondisi penggunaan.

Baca Juga :  Pengertian Polimer

Ikuti petunjuk dalam suatu label resep dan tanyakan dengan lebih lanjut terhadap dokter atau apoteker Anda. Gunakan natrium bikarbonat seperti yang diresepkan oleh dokter Anda. Jangan ambil lagi. kurang atau lebih ditentukan dengan dokter.

Ketika akan menggunakan sebuah natrium bikarbonat sebagai antasid, biasanya diminum 1 hingga 2 jam setelah makan dengan air penuh. Jika Anda menggunakan natrium bikarbonat karena alasan lain, dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan. Jangan memanggang roti dalam keadaan sepenuhnya berkembang.

Larutkan baking powder di 120 mililiter. Ukur dosis bubuk tersebut dengan cara hati-hati serta harus memakai takaran secara khusus.

Jangan menggunakan natrium bikarbonat yakni selama lebih dari 2 minggu kecuali dokter Anda menentukannya. Jika kesehatan Anda tidak baik setelah menggunakan natrium bikarbonat, hubungi dokter Anda. Jangan berikan natrium bikarbonat untuk anak yang di bawah 12 tahun.

Bikarbonat di Lingkungan

Bikarbonat adalah bentuk dominan karbon anorganik, yang dilarutkan dalam air laut dan air tawar. Sebagai contoh, ini adalah penyerapan penting dalam siklus karbon. Dalam suatu ekologi akuatik, dengan adanya sebuah aktivitas fotosintesis intensif tanaman air melepaskan gas oksigen ke dalam air pada siang hari, sehingga menghasilkan ion bikarbonat.

Hal ini dapat mengubah pH ke tingkat di mana alkalinitas dapat menjadi racun bagi beberapa organisme atau beracun bagi bahan kimia lain seperti amonia. Dalam kegelapan, ketika tidak ada fotosintesis, proses pernapasan tidak ada ion bikarbonat baru, melepaskan karbon dioksida dan yang dapat menyebabkan penurunan pH yang begitu cepat.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai HCO3 (Bikarbonat). Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.