Jurnal Khusus Penjualan

Posted on

Jurnal Khusus Penjualan

Merupakan jurnal khusus yang dipakai untuk mencatat semua transaksi penjualan barang yang juga secara kredit.

Sehingga semua penjualan barang secara kredit akan dicatat dalam jurnal penjualan. Dalam transaksi penjualan barang dagang secara kredit mengakibatkan terjadi peningkatan piutang dagang serta penambahan penjualan.

Jurnal Khusus Penjualan, Penerimaan Kas, Pemberian, Pengeluaran dan Serba-Serbi Buku Harian

Hal yang perlu dicatat dalam jurnal penjualan:

1. Mencatat tanggal transaksi
2. Mencatat nama debitur/keterangan lainnya
3. Berikan tanda check (v) yang menandakan bahwa transaksi dalam jurnal tersebut sudah dialihkan bukukan ke buku besar pembantu
4. Mencatat syarat pembayaran
5. Mencatat jumlah transaksi sebagai penjualan dan piutang dagang

Penerimaan Kas

bisa dikatakaan sebagai jurnal yang berfungsi untuk mencatat transaksi keuangan yang terjadi dan bisa meningkatkan saldo kas perusahaan, seperti transaksi penjualan tunai, transaksi pelunasan piutang dan transaksi pendapatan lain-lain.

Yang masuk dalam kolom serba-serbi serta transaksi pengembalian barang yang sudah dibeli akibat tidak sesuai (mengalami kerusakan) secara tunai (retur pembelian). Maka akan dicatat pada jurnal penerimaan kas berikut dibawah ini contohnya

1). Pada saat terjadi transaksi penjualan barang dagang secara tunai maka otomatis akan berpengaruh terhadap meningkatnya saldo kas pada (debet) serta penambahan saldo penjualan pada (kredit).

2). Pada saat terjadi transaksi Pelunasan piutang maka akan berpengaruh terhadap peningkatan saldo kas pada (debet) dan pengurangan saldo piutang dagang pada (kredit). Jika ada potongan penjualan maka dicatat dengan mendebet akun kas serta potongan penjualan.

3). Pada saat terjadi pengembalian barang dagangan yang sudah dibeli secara tunai maka terjadi peningkatan kas dan pengurangan barang dagang yang sudah dibeli sebab adanya pengembalian barang (retur), Pencatatan yang dilakukan yaitu mendebet akun kas dan mengkredit akun retur pembelian sebesar barang yang dikembalikan.

Pembelian Kas

Adalah jurnal yang khusus dipakai perusahaan dagang dalam mencatat segala macam transaksi pembelian barang dagang, atau barang lainya secara kredit, sedangkan pembelian barang secara tunai akan dicatat dalam jurnal khusus pengeluaran kas.

Saat terjadi transaksi pembelian barang dagang secara kredit maka akan dicatat pada akun debet pembelian dan kredit dicatat sebagai akun utang dagang.

Namun jika transaksi ini terjadi secara berulang-ulang, akan lebih praktis lagi bila dalam pencatatan disediakan kolom khusus untuk Pembelian dan Utang Dagang.

Adapun transaksi-transaksi yang bisa dicatat dalam jurnal pengeluaran kas adalah :

1). Pembelian secara tunai
2). Pembelian barang lainnya contohnya seperti perlengkapan, peralatan dll
3). Pembayaran beban-beban
4). Pembayaran utang-piutang
5). Pengambilan uang untuk keperluan pribadi (prive)

Serba-Serbi Buku Harian

Buku harian merupakan media yang dipakai untuk mencatat transaksi koperasi secara ringkas, permanen dan lengkap serta disusun secara kronologis untuk referensi di masa selanjutnya.

Dalam konteks pembukuan, buku harian adalah catatan transaksi keuangan dengan dua ciri, yaitu deskriptif (tertib-kejadian) dan kronologis (tertib-waktu). Berikut dibawah beberapa macam buku harian

1). Buku harian penjualan

Buku harian ini dipakai untuk mencatatkan semua faktur penjualan.

2). Buku harian kredit penjualan

Buku harian kredit penjualan dipakai untuk mencatatkan semua nota kredit penjualan.

3). Buku harian pembelian

Untuk Buku harian pembelian dipakai untuk mencatatkan semua faktur pembelian.

4). Buku harian kredit pembelian

pada bagian Buku harian kredit pembelian dipakai untuk mencatat semua nota kredit pembelian.

5). Buku harian kas

biasa dikenal sebagai buku kas yang dipakai untuk mencatatkan semua dana yang diterima maupun dikeluarkan. Buku harian kas dibagi ke dalam dua jenis, yaitu buku harian penerimaan untuk uang yang diterima dan buku harian pengeluaran untuk uang atau dana yang dikeluarkan.

Baca Juga :

Demikianlah artikel tentang Jurnal Khusus Penjualan, Penerimaan Kas, Pembelian, Pengeluaran dan Serba-Serbi Buku Harian dari kami semoga bermanfaat.

Jurnal Khusus Penjualan
5 (100%) 1 vote[s]

Baca Juga :  Pengertian Capital (Modal)