Jurnal Umum

Posted on

Jurnal Umum – Tempat pertama kali untuk mencatat sebuah transaksi, dalam pemakaian jenis buku jurnal dapat disesuaikan yakni berdasarkan sebuah kebutuhan setiap perusahaan.

Dalam pembahasan kali ini, akan menjelaskan secara singkat dan mudah untuk dimengerti, dalam buku jurnal ini memiliki pengertian, tujuan, prinsip dan ciri-cirinya. Untuk penjelasan lebih lanjut, yukk… Simak ulasan nya sebagai berikut.

Apa itu Jurnal Umum ?

Pengertian Jurnal Umum merupakan sebuah jurnal yang dapat untuk mengumpulkan dalam semua jenis bukti yakni sebagai transaksi keuangan yang akan dihasilkan dari semua transaksi dalam keuangan suatu perusahaan selama periode waktu tertentu.

Secara etimologis, kata jurnal berasal dari bahasa Perancis, yakni “Jour”, yang berarti hari. Jurnal umum ini dapat digunakan sebagai mencatat berbagai aktivitas sebuah transaksi keuangan secara kronologis yang berdasarkan tanggal dengan menentukan kelompok akun, nama transaksi, dan jumlah pokok dalam kolom kredit atau debit.

Jadi, dalam definisi Jurnal Umum secara singkat merupakan jurnal yang mencatat semua transaksi keuangan yang terjadi dalam periode waktu tertentu.

Jurnal-Umum

Fungsi Jurnal Umum

Dalam praktiknya, pada buku besar mempunyai suatu fungsi penting bagi perusahaan, terutama untuk perusahaan jasa, diantaranya ialah:

1. Fungsi Instruksi

Jurnal umum memiliki sebuah fungsi yakni dapat instruktif ketika memasukkan data ke dalam buku akuntansi. Dalam sebuah proses posting dalam buku besar tidak terbatas pada dokumen transaksi, tetapi merupakan perintah atau pernyataan dalam debit maupun kredit.

2. Fungsi Historis

Dalam buku besar, semua transaksi yang terjadi dicatat berdasarkan tanggal transaksi. Dalam hal ini, jurnal umum menggambarkan kegiatan perusahaan setiap hari berturut-turut dan terus menerus. Dengan kata lain, buku besar harus memiliki fungsi historis karena disimpan secara kronologis dan sistematis.

Baca Juga :  Manfaat Umum Akuntansi

3. Fungsi Analisis

Semua transaksi yang dicatat dalam jurnal dengan publik merupakam sebuah hasil dari analisis transaksi dalam bentuk sebuah pinjaman dan hutang yang akan terkena dampak. Dalam sebuah proses analisis ini dapat mencakup klasifikasi nama akun, pencatatan debit atau kredit, dan jumlah transaksi.

4. Fungsi Pencatatan

Semua transaksi yang terjadi di perusahaan dicatat dalam jurnal publik. Dengan cara ini, perubahan dalam biaya, modal, aset dan pendapatan harus terlebih dahulu dicatat dalam buku besar sehingga persiapan dalam akun tahunan secara entitas dan dapat dilakukan dengan benar.

5. Fungsi Informatif

Dalam buku besar memberikan berbagai informasi dan penjelasan untuk membuktikan penangkapan transaksi yang terjadi di perusahaan.

Bentuk Jurnal Umum

Deskripsi nomor:

  • Di dalamnya terdapat tanggal, bulan dan tahun acara dalam melakukan transaksi. Untuk bulan dan tahun, cukup menulis satu kali saja pada setiap halaman judul, kecuali saat berganti bulan atau tahun
  • Diisi dengan nomor bukti sebuah dokumen dalam transaksi.
  • Diisi dengan sebuah denominasi akun yang dapat dikreditkan.
  • Penjelasan singkat mengenai suatu transaksi (opsional).
  • Masukkan nilai nominal akun yang berada didebit.
  • Diisi oleh akun yang terkait dengan transaksi yang didebit atau dikreditkan.
  • Diisi dengan kode akun yang nomor nya telah dipindahkan atau telah terdaftar dalam buku besar.

Ketika dalam sebuah proses perekaman selesai, proses perekaman berikutnya adalah transfer setiap akun ke buku besar.

Manfaat Jurnal Umum

Berdasarkan terhadap perannya, dalam bisnis dapat diperoleh dengan jurnal umum, yakni:

  • Menerima sebuah informasi tentang kenaikan atau penurunan estimasi.
  • Untuk mengetahui sebuah jumlah yang telah diperkirakan yakni akan diposting ke perkiraan yang benar di buku besar, buat tanda (referensi).
  • Dalam pengetahuan tentang jumlah yang didebit atau dikreditkan, yang harus dikompensasi.
  • Untuk menentukan jumlah yang dapat diposting ke perkiraan yang benar sesuai dengan jumlah perkiraan dalam buku besar, buat tanda (referensi).
  • Untuk mengetahui jumlah yang harus dimasukkan dalam satu atau lebih perkiraan biaya.
Baca Juga :  Cara Cepat Belajar Akuntansi

Dalam jurnal ini, dapat menerima sebuah informasi, menentukan jumlah yang akan dimasukkan dalam perkiraan biayanya, penjelasan untuk membuktikan penangkapan transaksi yang terjadi di perusahaan.

Baca Juga :

Demikian pembahasan kali ini, mengenai Jurnal Umum, semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan dapat berguna bagi Anda semua…