Jurusan Bisnis Digital

Posted on

GuruAkuntansi.co.id – Bisnis Digital adalah salah satu jurusan kuliah bisnis paling mutakhir yang tersedia saat ini.  Siswa memperoleh pengetahuan dasar dari semua sektor perusahaan besar, yang diperiksa berdasarkan rantai penciptaan nilai operasional: pembelian, produksi, pemasaran dan penjualan. 

Penekanan khusus ditempatkan pada pemahaman strategis dan penerapan operatif dari sistem informasi dan komunikasi dan pada metode analisis data.  Program gelar dilengkapi dengan analisis dan desain model bisnis digital dan manajemennya (manajemen kinerja).

Fitur paling khas dari jurusan ini adalah analisis gangguan digital dan proses transformasi terkait di semua industri dan sektor korporasi, termasuk partisipasi aktif dalam implementasi dan evaluasi persyaratan digitalisasi.

 Perkembangan terkini dalam konteks model bisnis digital (mis. Ekonomi bersama, bisnis platform atau Perangkat Lunak sebagai Layanan), Big Data, Industri 4.0 (Internet of Things), otomatisasi proses robotik, blockchain, serta media sosial mengharuskan perusahaan untuk bertransformasi atau berkembang. 

Proses dan strategi yang ada agar dapat bertahan dalam menghadapi persaingan pasar.  Untuk memenuhi tantangan ini, perusahaan membutuhkan spesialis dan manajer yang terlatih dengan baik.

Apa yang dipelajari Di Jurusan Bisnis Digital?

Anda akan mempelajari dasar-dasar bisnis digital, termasuk cara membuka potensi teknologi dan cara menggunakan platform digital untuk meningkatkan kinerja bisnis. 

Anda akan mengembangkan perpaduan keterampilan bisnis teknis dan praktis di bidang pemasaran, akuntansi, ekonomi, dan teknologi.  Dan Anda akan mendapatkan wawasan berharga tentang bagaimana teknologi digital membentuk kembali dunia bisnis kontemporer.

Baca Juga :  Jurusan Teknik Industri

Jurusan kuliah bisnis digital akan mengajari Anda alat industri yang Anda perlukan untuk berhasil.  Belajar dari akademisi berpengalaman dan pemimpin industri, menggunakan data dan contoh kehidupan nyata.  Anda juga dapat memilih untuk magang dan mendapatkan pengalaman langsung yang berharga.

 Mahasiswa akan mempelajari hal-hal sebagai berikut :

1. Pelanggan dan Persaingan di Era Digital

Perluasan dan ketersediaan perangkat komputasi telah mengubah cara konsumen berinteraksi satu sama lain dan dunia komersial.  Modul ini membahas integrasi teknik digital dalam praktik pemasaran. 

Ada empat tema inti – pengumpulan informasi tentang pelanggan dan pesaing dan menafsirkan perilaku mereka;  pengembangan strategi untuk akuisisi, konversi dan retensi;  penggunaan alat digital dalam proses komunikasi dan evaluasi melalui analitik digital.

2. Keamanan Siber dan Teknologi Blockchain

Modul ini mengeksplorasi kepercayaan digital melalui tiga aspek yang terkait erat dengan bisnis digital: keamanan siber, manajemen risiko, serta teknologi dan aplikasi blockchain. 

Secara khusus, ini mempelajari prinsip dan pendekatan keamanan informasi, memeriksa kerangka kerja dan teknik yang digunakan untuk mengelola risiko secara efektif, dan menyelidiki dasar-dasar, aplikasi dan dampak dari blockchain dan cryptocurrency.

3. Inovasi dan Gangguan Digital

Modul ini memberi siswa pemahaman tentang tantangan dan praktik inovasi organisasi, didukung oleh apresiasi pendekatan teknologi dan manajerial untuk inovasi digital dan manajemen gangguan pasar. 

Melalui analisis studi kasus inovasi dunia nyata, siswa akan mengeksplorasi contoh historis dan masa kini tentang bagaimana teknologi digital berdampak pada pengembangan inovatif produk dan layanan digital baru, dengan fokus pada tantangan dan risiko utama terkait inisiatif inovasi digital dalam organisasi.

4. Memimpin Transformasi Digital

 Modul ini akan memungkinkan siswa untuk berkontribusi pada pengembangan strategi transformasi digital, inisiatif, model operasional, dan untuk mendukung implementasinya. 

Ini mencerminkan gangguan evolusi teknologi dan munculnya model bisnis yang mengganggu dari pesaing yang tidak terduga, yang menyoroti kebutuhan organisasi untuk mempersiapkan peralihan ke Industri 4.0.

5. Alat dan Teknologi untuk Bisnis Digital

Anda akan menjelajahi aspek konseptual dan teknologi dari sistem bisnis digital dan kekhawatiran yang timbul dari transformasi berkelanjutan mereka.  Tema utama dari modul ini adalah: landasan teoritis bisnis digital dan transformasi, membangun perusahaan digital dan teknologi Canggih untuk bisnis digital.

Baca Juga :  Passing Grade UNDIKSHA 2020/2021 : Fakultas + Jurusan

6. Prinsip bisnis digital

 Pelajari keterampilan untuk memadukan pengetahuan bisnis tradisional dengan praktik digital.  Buat model bisnis dan pengalaman pelanggan yang baru dan lebih baik.

7. Analisis data

Membantu bisnis untuk membuat keputusan yang tepat menggunakan proses berbasis data dan alat analitis.

8. Prinsip inovasi

Pelajari cara mengembangkan pola pikir inovasi dan melengkapi diri Anda dengan keterampilan bisnis untuk menerapkan perubahan organisasi yang efektif.

9. Gangguan digital

 Pahami cara memanfaatkan dan memanfaatkan kekuatan teknologi digital baru.

10 Pengetahuan bisnis tradisional

Belajar jurusan atau minor dan jadilah lulusan bisnis yang berpengetahuan luas.

Kuliah di jurusan bisnis digital didasarkan pada pelatihan administrasi bisnis umum, dilengkapi dengan metode analisis data dan selanjutnya dikembangkan oleh pelatihan sistem praktis (misalnya sistem toko web).

Pengetahuan dasar ini dilengkapi dan dilengkapi dengan konten kursus yang secara khusus disesuaikan dengan subjek digitalisasi seperti  data pintar, manajemen perubahan, pengadaan elektronik, pemasaran digital, dan perdagangan elektronik.  Melalui studi kasus ERP komprehensif tiga semester, siswa juga mengembangkan pemahaman terintegrasi tentang proses.

 Karena kurikulumnya mencakup sistem interdisipliner, Anda juga akan memperoleh pengetahuan mendalam tentang teknik presentasi (PowerPoint), spreadsheet (Excel), pengolah kata (Word), pemodelan data (Access), visualisasi proses (Visio) dan manajemen proyek (Proyek). 

Anda juga memiliki opsi untuk memperoleh sertifikasi pabrikan sebagai Master Microsoft Office di Pusat Tes Microsoft Office kampus sendiri atau memperoleh kualifikasi tambahan di Pusat Bahasa.

Prospek Kerja Jurusan Bisnis Digital

Jurusan Bisnis Digital

 Sebagai lulusan jurusan Bisnis Digital, Anda akan menjadi ekonom bisnis yang berkualitas dengan kemampuan untuk membantu membentuk implementasi proses transformasi digital dari perspektif bisnis,

organisasi dan teknologi informasi dan untuk menghasilkan keunggulan kompetitif bagi perusahaan dengan menerapkan pengetahuan  metode dan alat analisis yang diperoleh selama studi Anda.

Bidang aktivitas dapat ditemukan di hampir setiap departemen perusahaan, yaitu di sepanjang rantai penciptaan nilai dalam departemen pembelian, produksi, pemasaran & penjualan atau dalam tim spesialis di dalam perusahaan.

Bisnis Digital adalah program gelar yang mempersiapkan dan memenuhi syarat siswa untuk berbagai kemungkinan karir di antarmuka antara teknologi dan administrasi bisnis.  Ini termasuk:

Baca Juga :  Aplikasi Jadwal Liga Inggris 2016/2017 Lengkap 38 Pekan

1. Manajer proyek

 Tugas manajemen proyek meliputi inisiasi, pengelolaan, pengawasan dan pelaksanaan proyek di bidang digitalisasi.  Manajer proyek dengan berbagai aktivitas mereka memainkan peran kunci dalam memastikan keberhasilan proyek.

2. Ahli Analisis Bisnis & Ilmu Data

Business Intelligence, Predictive and Prescriptive Analytics berhubungan dengan transformasi dan analisis data.  Metode dan perangkat lunak modern digunakan untuk evaluasi informasi secara kualitatif dan kuantitatif.

3. Manajer Pemasaran Digital

 Pemasaran dalam konteks digital antara lain didasarkan pada bekerja dengan data untuk lebih memahami konsumen dengan menggunakan saluran komunikasi digital dan untuk membangun serta memelihara hubungan pelanggan yang positif.

4. Analis Proses Bisnis

 Sebagai penghubung antara teknologi dan departemen spesialis, analis bisnis memeriksa, menyusun, dan menentukan proses bisnis dan bertanggung jawab atas pemetaan digital dan otomatisasi. 

Dalam konteks ini, mereka mengkalibrasi persyaratan pemangku kepentingan dan membuat model, konsep, dan rencana.

5. Analis Bisnis & Manajer Kinerja

Sebagai koordinator dan mitra dalam perusahaan, mereka menganalisis dan menyusun model bisnis yang ada dan terus menyesuaikannya dengan faktor internal baru dan kondisi pasar yang berubah. 

Mereka bertanggung jawab untuk mendukung manajemen strategis, mengukur pencapaian tujuan dan memperoleh rekomendasi operasional dan strategis untuk manajemen perusahaan.

6. Konsultan bisnis, strategi dan manajemen

 Gunakan perpaduan unik antara keterampilan bisnis dan digital Anda untuk menciptakan solusi bagi tantangan operasional.

7. Analis pemasaran digital

 Kembangkan strategi digital dan bangun kampanye pemasaran di seluruh saluran.

8. Manajer solusi bisnis digital

 Bantu organisasi untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka dan mengembangkan solusi digital baru.  Anda juga akan bertanggung jawab untuk menerapkan perubahan dan memastikan keunggulan operasional.

9. Manajer pengembangan bisnis digital

Gunakan soft skill dan pengetahuan bisnis digital Anda yang luar biasa untuk menciptakan konsensus di antara para pemangku kepentingan.  Identifikasi peluang baru, buat perbaikan dalam proses internal, dan buat inisiatif baru.

10. Petugas media sosial

 Gunakan keterampilan bisnis digital Anda untuk menerapkan strategi media sosial.  Meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan upaya pemasaran, dan meningkatkan penjualan.

Baca Artikel Lainnya :