Kebutuhan Primer

Posted on

Kebutuhan Primer – Manusia yakni memiliki berbagai macam kebutuhan yang harus dipenuhi agar dapat menjalani kehidupan yang berkualitas. Berbagai kebutuhan tersebut ternyata dibutuhkan tidak hanya untuk kehidupan tetapi juga untuk menunjukkan eksistensi manusia sebagai makhluk sosial.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menyampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Kebutuhan Primer. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut!!!

Kebutuhan Primer

Pengertian Kebutuhan Primer adalah suatu kebutuhan yang terkait dalam menjalani sebuah kehidupan yang layak. Kebutuhan tersebut yakni kebutuhan manusia yang harus dipenuhi dan sangat mendasar.

Kebutuhan utama diantaranya ialah pangan (food), sandang (sandang), dan papan. Tanpa adanya sebuah makanan, manusia akan mati. Kecuali tanpa sandang dan papan. Manusia akan mudah untuk terkena penyakit.

Contoh Kebutuhan Primer

Kebutuhan-Primerr

Berikut ialah contoh dalam kebutuhan primer:

1. Sandang (Pakaian)

Pakaian adalah adanya sebuah kebutuhan manusia dengan pakaian yang digunakan untuk melindungi tubuh kita dari panas dan dingin. Misalnya kemeja dan celana.

Pada zaman kuno, pakaian tersebut dibuat dari kayu dan kulit binatang. Namun seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, dewasa ini pakaian dibuat dari berbagai jenis benang tenun.

Manusia masih bisa hidup tanpa pakaian. Namun jika seseorang tidak mengenakan pakaian maka akan merasa kedinginan dan malu karena melanggar norma yang ada.

2. Pangan (Makanan)

Pangan adalah adanya sebuah kebutuhan manusia untuk makan dan minum agar dapat memperoleh energi untuk beraktivitas. Makanan (termasuk minuman) adalah kebutuhan dasar dan terpenting bagi setiap makhluk hidup. Karena tidak hanya manusia yang membutuhkan makanan, hewan dan tumbuhan juga membutuhkan makanan untuk dapat bertahan hidup.

Baca Juga :  Pengertian Permintaan (Demand) Dalam Ekonomi

Contoh pangan ini yakni termasuk dalam sebuah bahan makanan, diantaranya ialah sebagai berikut

  • Jagung, beras dan sagu
  • Sayuran dan buah-buahan
  • Daging
  • Susu
  • Gula
  • Telur
  • Garam yodium dan natrium
  • Minyak Tanah atau LPG
  • Minyak goreng dan margarin

3. Papan (Tempat Tinggal)

Papan adalah suatu tempat yang digunakan oleh masyarakat sebagai tempat tinggal dan sebagai tempat berteduh atau perlindungan dari hujan atau panas.

Seiring berjalannya waktu, rumah tersebut digunakan untuk sebuah tempat pertemuan keluarga. Namun, tidak semua keluarga memiliki rumah yang nyaman, bahkan ada yang tidak memiliki rumah.

Tentunya, manusia membutuhkan ruang dalam kehidupan yang dapat digunakan sebagai pelindung dan perlindungan dari hujan atau panas. Memang dalam jangka panjang, rumah juga dijadikan sebagai tempat wajib kumpul keluarga.

Memang tanpa papan nyawa manusia tetap dapat bertahan, namun tanpa space untuk kehidupan manusia tidak terlindung dari panas, angin malam yang dingin, hujan, binatang buas dan manusia yang mengalami gangguan kesehatan jiwa.

4. Keluarga

Keluarga yakni termasuk salah satu hal yang paling dibutuhkan orang. Segala macam hal yang kita pelajari dari keluarga dulu, misalnya ketika kita berbicara, pergi dan seterusnya.

Karena banyak hikmah yang bisa dipetik melalui keluarga, keluarga juga menjadi kebutuhan psikologis yang cukup penting.

Tidak semuanya masih berkeluarga, namun hidup mandiri dan berbeda. Jadi, bagi anda yang masih berkeluarga, terima kasih dan jaga baik-baik keluarga yang anda miliki.

5. Teman

Manusia adalah makhluk sosial yang tak dapat hidup sendiri, hingga kita membutuhkan satu dan yang lain dan saling membantu bisa bertahan. Semua orang harus memiliki teman, dan teman tentang Anda dapat belajar banyak dan mencapai rasa kasih sayang dan pengalaman yang berbeda.

Baca Juga :  Permasalahan Ekonomi Mikro

Dari keluarga, sekarang menjadi teman. Manusia adalah makhluk sosial, kita tidak bisa jauh dari orang lain, kita membutuhkan satu dan lainnya dan kita membutuhkan bantuan untuk bertahan hidup. Dari teman kita belajar dan tumbuh, dan dari teman kita dapat mengalami welas asih dan pengalaman yang tak terlupakan.

Kebutuhan-Primer1

6. Informasi

Informasi dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan lain. Sebagai manusia tentunya kita membutuhkan informasi tentang hal-hal di sekitar kita.

Dengan informasi tersebut, akan lebih mudah jika mereka telah memenuhi kebutuhan lain. Bahkan dengan informasi yang tersedia, manusia dapat memahami dunia dengan lebih jelas.

7. Pengetahuan

Pengetahuan ini hampir identik dengan pendidikan, tetapi sains memiliki cakupan yang lebih luas. Pengetahuan datang dalam berbagai bentuk, seperti ilmu formal dan non formal, dan life skill adalah ilmu untuk bertahan hidup.

8. Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting yang tidak dapat diabaikan karena negara dapat semakin maju dengan pendidikan.

Karena tidak hanya sandang, pangan dan akomodasi, tetapi juga pendidikan sangat penting. Oleh karena itu, negara juga menuntut agar anak dibesarkan dengan baik dan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

9. Pekerjaan

Bekerja adalah kebutuhan yang penting, jika digunakan kita akan mendapatkan penghasilan. Penghasilan atau uang yang Anda hasilkan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Misalnya: Anda bisa membeli minuman, makanan, pakaian, dan lain-lain dari kerja keras Anda.

10. Privasi atau Kebijakan

Kebijakan juga membutuhkan sesuatu yang penting, karena setiap orang membutuhkan privasi. Contohnya, ada beberapa topik sensitif yang hanya diketahui oleh satu orang tetapi tidak perlu diketahui. Oleh karena itu privasi merupakan kebutuhan dasar bagi setiap orang

11. Kedamaian

Kedamaian adalah contoh kebutuhan besar dalam hidup. Dengan damai, hidup harus lebih damai dan tidak khawatir memikirkan. Lingkungan yang aman, kesehatan yang baik, dan kebutuhan lainnya yang dapat membuat hidup lebih tentram merupakan kebutuhan setiap orang.

Baca Juga :  Pengertian Sistem Ekonomi Pancasila

12. Keamanan

Tentunya dalam masing-masing individu berharap dapat hidup di tempat yang aman dan nyaman, tidak hanya itu saja, namun daerah yang mereka kunjungi juga akan aman. Jadi jangan khawatir tentang efek negatif yang dapat ditimbulkannya.

13. Kasih Sayang

Kebutuhan dasar manusia lainnya adalah cinta. Orang membutuhkan cinta dalam hidup, dari keluarga, teman, atau siapa pun yang dekat. Dengan cinta, orang bisa lebih memperhatikan orang lain dan hal lain di sekitar mereka.

14. Mencintai dan Dicintai

Siapa yang tidak ingin dicintai? Sebagai orang normal, kita harus mencintai orang lain sebagai keluarga atau teman. Selain cinta, kami juga berharap bisa mencintai orang lain. Karena pentingnya cinta dan kasih sayang untuk membangkitkan cinta dan kasih sayang dapat di golongkan sebagai kebutuhan primer.

15. Identitas

Tentunya setiap orang ingin menjadi saat mereka dikenal di lingkungan sekitar sehingga orang lain di sekitar Anda bisa saling berinteraksi untuk kemudian menjalin pertemanan yang membuat hidup menyenangkan dan menyenangkan.

16. Dihargai dan Menghargai

Kehidupan manusia ingin dihargai, tetapi jika Anda akan memulai, Anda harus menghormati orang lain. Penghormatan dan penghormatan juga sangat penting dalam hidup, sehingga dapat digolongkan sebagai kebutuhan yang besar untuk membangkitkan rasa penghargaan dan penghargaan.

17. Menunjukan Prestasi/Kemampuan

Orang tersebut harus menunjukkan kinerja yang diyakini orang lain telah memperoleh pengalaman dan kehidupan.

18. Keselamatan

Masyarakat juga membutuhkan jaminan keselamatan, misalnya untuk mendapatkan pekerjaan, masyarakat harus mempertimbangkan faktor keselamatan dan jaminan keselamatan sebelum mengambil seorang karyawan.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Kebutuhan Primer. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.