Kebutuhan Sekunder

Posted on

Materi pembahasan kali ini membahas tentang Kebutuhan Sekunder beserta pengertian, faktor dan contohnya. Berikut penjelasannya.

Dalam kehidupan sehari-hari tentunya manusia selalu memenuhi kebutuhan hidup demi keberlangsungan hidupanya. Tetapi, kenyataanya alat pemenuh kebutuhan yang tersedia memiliki jumlah yang terbatas.

Apa itu Kebutuhan Sekunder?

Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder adalah yang dalam pemenuhannya dilakukan setelah semua kebutuhan sudah terpenuhi dengan baik. Namun kebutuhan itu sendiri berperan sebagai kebutuhan pendamping atau penunjang

kebutuhan yang dalam pemenuhannya tidak mendesak atau tidak harus terpenuhi karena tidak akan mengamcam keberlangsungan hidup manusia.

Tetapi setiap manusia pasti tetap berusaha untuk memenuhi kebutuhan ini sebab jika kebutuhan ini tidak terpenuhi mungkin dapat menggangu kegiatan manusia.

Faktor Kebutuhan Sekunder

Semua manusia tentunya memiliki keinginan, rasa, dan ambis dalam menggapai sesuatu. Yang mana keinginan tersebut terbendung hingga menjadi suatu ambisi di dalam diri manusia. Jika ambisi tersebut telah terperpenuhi maka akan timbul perasaan yang puas atau lega.

Bisa diketahui bahwa keinginan, ambisi, dan rasa ingin yeng membendung inilah yang akan menjadi kebutuhan sekunder manusia. Jadi, bisa disebut bahwa ini sebagai keinginan manusia untuk dipenuhi dan dilaksanakan.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kebutuhan Sekunder

Dari pembahasan diatas, kami juga akan memberikan beberapa faktor yang terdapat pada kebutuhan sekunder.

Berikut ini adalah beberapa faktor dalam kebutahan sekunder diantaranya:

1. Faktor Perkembangan Zaman

Faktor perkembangan zaman adalah sebuah ungkapan yang dimaksud pada perputaran waktu yang tidak mudah untuk diprediksikan, sehingga hal ini menjadi kebutuhan pada perputaran zaman dahulu.

Baca Juga :  Pengertian Firma

Maka Perkembangan Zaman pada zaman dahulu dan zaman sekarang terlihat sangat cangih diantaranya terdapat smartphone dan beberapa teknologi yang lainnya.

2. Faktor Lingkungan

Faktor Lingkungan adalah faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan masing-masing individu sehingga dapat dikatakan bahwa hal ini memiliki kebutuhan yang berbeda – beda.

3. Faktor Adat Istiadat

Faktor adat istiadat adalah salah satu faktor yang membedakan dari beberapa suku, ras, dan kepercayaan dalam kehidupan masyarakat ataupun bernegara dari kalangan individu maupun kelompok.

4. Faktor Agama

Faktor Agama adalah salah faktor yang dapat mempengaruhi pada kebutuhan setiap individu atau pun secara berkelompok, sehingga umat muslim dapat bersatu dan saling menjaga perasaan antar agama.

Contoh Kebutuhan Sekunder

Kami akan membahas contoh dari kebutahan sekunder itu.

Setelah mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya kebutuhan sekunder seperti yang disebutkan di atas, kita dapat mengatakan bahwa adalah keinginan manusia yang terhambat. Bahwa beberapa contoh dari ini merupakan keinginan manusia yang harus dipenuhi.

Contoh dari di antaranya seperti hiburan, liburan, sepeda motor, handphone baru, majalah, kulkas, Mesin Cuci, ac, televisi, dan lain sebagainya. Di mana kebutuhan-kebutuhan tersebut bisa dipenuhi setelah seperti sandang, pangan, dan papan sudah terpenuhi. 

Contoh kebutuhan sekunder menjadi primer jika memang hal tersebut dibutuhkan sesegera mungkin, semisal awalnya Handphone tidak begitu dibutuhkan tetapi menjadi sangat dibutuhkan karena dapat memudahkan akses komunikasi transaksi yang lebih efektif pada saat ini yang memiliki fungsi utama membantu kegiatan untuk kerja sehingga dapat menjalani aktifitas hidup lebih baik.

Kita bisa ambil kesimpulan bahwa seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa ini sifatnya tidak mendesak dan bisa dipenuhi nanti setelah terpenuhi. Sehingga ini merupakan kebutuhan cadangan di mana kita bisa memenuhinya namun dengan catatan bahwa kita sudah terpenuhi sebelumnya. Sehingga, kita tahu, bahwa ini jangan dipenuhi atau dilaksanakan jika kita belum kita penuhi terlebih dahulu.

Baca juga :

Baca Juga :  Pengertian Wanprestasi

Nah demikianlah pembahasan tentang Kebutuhan Sekunder beserta pengertian, faktor dan contohnya. Semoga bermanfaat dan Terima kasih.