Kerajaan Singasari

Posted on

Kerajaan Singasari – Kerajaan ini terletak di Jawa Timur pada 1222 dan telah didirikan dengan Ken Arok. Diperkirakan pada kerajaan ini terletak di wilayah Singasari, wilayah Malang.

Nama asli kerajaan ialah Kerajaan Tumapel dan memiliki ibukota nya di Kutaraja. Awalnya, Kerajaan Tumapel adalah wilayah bawahan Kerajaan Kadiri, dan pada saat itu Tunggul Ametung menjabat sebagai Aquwu atau Camat setara.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan membahas mengenai Kerajaan Singasari dengan jelas, singkat, dan mudah untuk dipahami. Yukk… Simak ulasan nya sebagai berikut.

Bagaimana Sejarah Singasari ?

Menurut Pararaton Tumapel pada awalnya hanya wilayah bawahan pada Kerajaan Kediri. Orang yang menjabat sebagai Akuwu (Setara Camat) Tumapel pada waktu itu merupakan Tunggul Ametung. Dia dibunuh dengan pengawalnya sendiri, Ken Arok, kemudian telah menjadi Akuwu baru.

Kerajaan-Singasari

Pada 1222 ada perseteruan antara raja Kertajaya dan Kadiri terhadap para Brahmana. Para Brahmana kemudian bergabung dengan Ken Arok, yang menjadi Raja Tumapel pertama bernama Sri Rajasa dari Amurwabhumi. Perang melawan Kadiri meletus di desa Ganter, yang dimenangkan dengan Tumapel.

Nagarakretagama menyebutkan telah berdirinya Kerajaan Tumapel pada tahun yang sama, tetapi tidak menyebut dengan nama Ken Arok. Dalam teks tersebut, pendiri Kerajaan Tumapel Ranggah Rajasa Sang Girinathaputra, yang berhasil telah mengalahkan Raja Kadiri Kertajaya.

Prasasti Mula Malurung atas nama Kertanagara pada tahun 1255, telah mengatakan bahwa pendiri Kerajaan Tumapel ialah seorang Bhatara Siwa. Mungkin nama ini ialah gelar anumerta Ranggah Rajasa, karena di Nagarakretagama roh pendiri kerajaan Tumapel disembah sebagai Siwa.

Baca Juga :  Kerajaan Kutai Kartanegara

Peninggalan Kerajaan Singasari

Contoh-Kerajaan-Singasari

Kerajaan kemuliaan telah meninggalkan sejarah dan peninggalan yang menunjukkan bahwa Kerajaan Singasari pernah ada. Berikut merupakan beberapa peninggalan dalam Kerajaan Singasari, diantaranya ialah:

1. Candi Singasari

Candi ini terletak di kabupaten Singasari, Kabupaten Malang, tepat di lembah antara Pegunungan Tengger dan Gunung Arjuna. Dalam buku Negarakertagama dan prasasti Gajah-Mada dari 1351 dinyatakan bahwa candi ini adalah tempat tinggal terakhir Raja Kertanegara.

2. Arca Dwarapala

Arca Dwarapala adalah sebuah peninggalan dalam Kerajaan Singasari, yang mempunyai bentuk monster yang sangat besar. Menurut petugas kebersihan tempat ini, dalam Arca Dwarapala adalah tanda bahwa telah memasuki Kotaraja.

3. Candi Jawi

Candi ini terletak di jalan raya antara Pandaan-Prigen dan Pringebukan dan sering keliru dianggap sebagai tempat ibadah umat Buddha. Namun sebenarnya, tempat ini adalah tempat di mana abu Raja Kertanegara disimpan.

4. Candi Jago

Candi Jago adalah salah satu peninggalan Kerajaan Singasari, yang arsitekturnya menyerupai teras bertingkat. Bentuk candi ini cukup unik, pasalnya menyatakan bahwa bagian atas candi hanya sebagian saja yang usai.

5. Candi Kidal

Salah satu peninggalan kerajaan Singasari adalah Kuil Kidal, yang didirikan sebagai penghormatan kepada raja kedua Singasari, Anusapati. Dia memerintah Singasari selama sekitar 20 tahun, yaitu sekitar 1227 hingga 1248.

6. Candi Sumberawan

Candi ini adalah satu-satunya stupa yang ditemukan di Jawa Timur dan terletak sekitar enam kilometer dari Candi Singasari. Kuil ini tidak hanya merupakan peninggalan kerajaan, tetapi juga digunakan dengan umat Buddha pada saat itu.

7. Prasasti Wurare

Isi prasasti ini adalah tugu peringatan penobatan patung Mahaksobhya di sebuah tempat bernama Wurare, sehingga prasasti tersebut bertuliskan nama prasasti Wurare. Ditulis dalam bahasa Sanskerta dan bertanggal 21 November 1289 atau 1211 Saka.

Baca Juga :  Sejarah Kota Surabaya

8. Prasasti Singasari

Kerajaan Singasari ini ditemukan di Singasari, Kabupaten Malang. Prasasti ini dibuat pada 1351 M dan ditulis dalam aksara Jawa. Penulisan prasasti ini dimaksudkan untuk memperingati pembangunan candi pemakaman yang dipimpin oleh Mahapatih Gajah Mada.

9. Prasasti Mula Malurung

Prasasti ini adalah sertifikat penghargaan dan ratifikasi desa Mula dan desa Malurung untuk seorang tokoh bernama Pranaraja. Prasasti ini dalam bentuk lempengan tembaga yang dikeluarkan oleh Raja Kertanegara pada tahun 1255 atas perintah ayahnya.

10. Prasasti Manjusri

Prasasti Manjusri adalah sebuah naskah yang dibuat tahun 1343 di bagian belakang patung Manjusri. Awalnya prasasti ini berada di Pura Jago, tetapi hari ini prasasti ini berada di Museum Nasional Jakarta.

Kerajaan Singasari adalah salah satu kerajaan di Jawa Timur yang berhasil pada waktu itu dan berhasil melakukan perubahan di kepulauan tersebut. Anda juga dapat mengunjungi berbagai peninggalan dari Kerajaan Jawa Timur.

Baca Juga :

Demikian pembahasan kali ini yang telah kami jelaskan dengan jelas dan singkat mengenai Kerajaan Singasari. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.