Kingdom Monera

2 min read

Kingdom Monera – Organisme berjenis prokariotik termasuk dalam organisme tertua yang hidup di bumi. Terdapat dua contoh dalam kelompok organisme yaitu alga biru dan bakteri

Dalam sejarah awal pembentukan sebuah sistem klasifikasi Natura Systema, hanya ada tumbuhan, hewan, dan mineral. Tetapi kemudian klasifikasi mineral telah dihapus dari klasifikasi dalam makhluk hidup.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Kingdom Monera, beserta penjelasan lainnya. Untuk ulasan selengkapnya, yuk… Simak ulasan sebagai berikut.

Apa itu Kingdom Monera ?

Kingdom Monera merupakan adanya sebuah organisme prokariotik, organisme yang tertua di dunia. Terdapat dua contoh dari kelompok organisme tersebut, yaitu alga biru dan bakteri.

Organisme tersebut dapat hidup dan berkembang sekitar dua miliar tahun yang lampau. Organisme prokariotik ini awalnya diklasifikasikan ke sebuah Kerajaan Plantae, tetapi namun akhirnya dikeluarkan dari kelompok ini karena fakta bahwa sifat seluler alga dan bakteri yakni sangat berbeda dari anggota tanaman.

Kingdom-Monera

Anggota Monera termasuk organisme primitif yang dalam tubuhnya hanya terdiri dari satu sel, jadi Monera hanya bergantung pada reaksi metabolisme terhadap tubuhnya, termasuk sebuah proses reproduksi atau regenerasi.

Dalam sebuah proses pemuliaan yang dilakukan oleh kelompok ini juga sangat sederhana. Seorang individu baru hanya dapat dibentuk oleh pemisahan dua puluh menit oleh orang tua, sehingga dapat dikatakan bahwa jumlah spesies di bumi adalah yang terbesar.

Baca Juga :  Pengertian Benang Sari

Ciri – Ciri Kingdom Monera

Terdapat beberapa ciri-ciri dalam kingdom ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Bentuk Sel Bervariasi

Bentuk sel dalam kelompok Monera yakni sangat berbeda, ada yang bundar (kelapa), batang (basil), atau spiral, terdapat pula yang dijajah atau tidak. Bentuk sebuah koloni yang dapat terbentuk dalam sebuah kombinasi dua sel (Diplococus atau Diplobasil), rantai (Streptobasil atau Streptococcus), kubus (Sarcina), anggur (Staphylobasil atau Staphylococcus).

b. Memiliki Dinding Peptidoglikan

Dinding sel yang dapat membentuk bakteri dan ganggang biru-hijau berbeda dari sebuah tanaman. Dinding dalam monera yang terbuat dari peptidoglikan, sedangkan tanaman terbuat dari selulosa. Namun, beberapa dinding sel bakteri tidak terbuat dari kelompok archaebacter (Peptidoglikan).

Contoh-Kingdom-Monera

c. Jenis Sel Prokariotik

Semua anggota monera adalah sel prokariotik, yakni sebuah sel yang tidak mempunyai suatu inti sejati. Ini karena kurangnya sebuah membran nuklir di dalam sel. Jadi sel itu disebut sebagai nukleoid.

d. Tersusun Atas Satu Sel (Uniseluler)

Termasuk salah satu untuk menghilangkan bakteri dan ganggang biru-hijau dari sebuah kerajaan tumbuhan ialah bahwa tubuh terdiri dari bakteri dan ganggang biru-hijau (monera) dari suatu hanya satu sel.

e. Tidak Memiliki Organel Bermembran

Kurangnya membran inti berarti bahwa organisme Monera tidak mempunyai organel membran lainnya, misalnya retikulum endoplasma, kloroplas, mitokondria, lisosom, badan Golgi, dan vakuola. Adapun dalam sebuah organel yang terkandung dalam monera, antara lain nukleoida, membran sel, ribosom, mesosom, klorofil, beserta dinding sel.

Ruang Lingkup Kingdom Monera

Karena dalam sebuah struktur sel, sebuah kerajaan monera dapat dibagi dengan menjadi dua bagian, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Archaebacteria

Archaebacteria adalah sekelompok dalam bakteri tua dan karakteristik yang berbeda dari anggota sebuah Monera lainnya, yakni terhadap kelompok ini terjadi di tempat-tempat yang bersifat ekstrem. Sifat-sifat archaebacteria, yakni:

  • Mungkin resisten yang bersifat antibiotik.
  • Tidak mempunyai sebuah dinding yakni peptidoglikan.
  • Hidup di tempat yang ekstrem.
  • Memiliki dengan beberapa jenis terhadap polimer RNA.
Baca Juga :  Pengertian Mollusca

2. Eubacteria

Eubacteria merupakan sebuah kelompok bakteri dengan dinding peptidoglikan kaku, yang bertanggung jawab sebagai menjaga integritas terhadap sel dan dapat menentukan bentuk bakteri.

Manfaat Kingdom Monera

Kingdom Monera mempunyai dengan berbagai banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat di berbagai bidang, dari obat-obatan kesehatan, pertanian, dan industri.

a. Dalam Bidang Pertanian

Bakteri nitrifikasi merupakan sebuah bakteri yang dapat berkontribusi terhadap pembentukan senyawa nitrat di tanah. Bakteri yang dapat mengikat nitrogen bebas atau N2 meningkatkan suatu kesuburan tanah. Misalnya Rhodospirillum rubrum dan Clostridium pasteureanum.

b. Dalam Bidang Industri

  • Archeobacter xylinum sebuah produksi dalam Nata de Coco.
  • Lactobacillus casei terhadap pembuatan probiotik yogurt “Yakult”.
  • Cremoris dan Streptococcus Lactis yang dapat menghasilkan suatu keju bahan susu tersebut.

Enzim archaebacterial dapat ditambahkan ke sebuah deterjen atau agen pembersih sebagai meningkatkan sabun cuci dan sabun cuci pada pH tinggi dan suhu tinggi. Selain itu, dalam beberapa archaebacteria yang dapat digunakan sebagai mengobati polusi, seperti polusi minyak.

c. Dalam Bidang Farmasi

Manfaat dalam Kingdom di dalam bidang farmasi adalah bakteri penghasil antibiotik, ialah:

  • Streptomyces griseus terhadap produk antibiotik adalah streptomisin, yang dapat mengatasi di sebuah tipus, disentri, TB.
  • Streptomyces dengan antibiotik yang dapat dihasilkan.
  • Tetrasiklin yang dapat mengatasi sebuah infeksi coccus.
  • Streptomyces fradiae terhadap antibiotik secara buatan ialah neomycin, yang bisa mengatasi suatu TB.
  • Streptomyces dengan antibiotik yang dapat dihasilkan.
  • Streptomyces rimosus dengan produk antibiotik ialah teramycin, yang dapat mengatasi dalam sebuah tipus, urogeital, dan infeksi pneumonia.
  • Streptomyces aureofaciens dengan produk antibiotik ialah aureomycin, yang dapat mengatasi suatu batuk rejanpneumonia, dan infeksi mata.
  • Streptomyces venezuelae dengan sebuah produk antibi, otik ialah chloromycetin, yang bisa mengatasi sebuah Riketsiae.
Baca Juga :  Ciri - Ciri Kelelawar

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Kingdom Monera. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.