Pemasaran (Marketing Concept) Menurut Para Ahli

Posted on

GuruAkuntansi.co.id Kali ini akan membahas tentang konsep pemasaran atau marketing concept menurut beberapa ahli.

Konsep Marketing (Pemasaran) dan sejumlah faktor mendasar yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan.

Artikel ini dimaksudkan untuk menjelaskan kepada anda pembaca tentang keberadaan filosofi pemasaran yang disebut konsep pemasaran.

Basu Swastha dan Hani Handoko (2000: 6)

Konsep pemasaran adalah filosofi bisnis yang menyatakan bahwa memuaskan kebutuhan konsumen adalah persyaratan ekonomi dan sosial untuk kelangsungan hidup perusahaan.

Dari definisi di atas, perusahaan memiliki konsekuensi bahwa semua kegiatan perusahaan harus diarahkan untuk mengetahui kebutuhan konsumen dan mampu memberikan kepuasan dalam memperoleh keuntungan dalam jangka panjang.

Ini berarti bahwa tujuan dari konsep pemasaran adalah untuk memberikan kepuasan pada keinginan dan kebutuhan konsumen.

Konsep pemasaran dapat dicapai dengan mencoba mengenali dan merumuskan keinginan dan kebutuhan konsumen.

Perusahaan dalam memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen harus mengembangkan kebijakan mengenai produk, harga,

promosi dan distribusi yang sesuai dengan kondisi target konsumen. Organisasi perusahaan yang menerapkan konsep pemasaran ini disebut organisasi pemasaran.

Berdasarkan uraian dari pengertian di atas dan merujuk pada pendapat para ahli, inti dari konsep pemasaran adalah:

  • KEBUTUHAN – Konsep paling mendasar yang mendasari pemasaran adalah kebutuhan manusia. Kebutuhan adalah keadaan perasaan yang membutuhkan pemenuhan hal-hal seperti makanan, pakaian, perumahan, harga diri, keamanan dan kasih sayang.
  • KEINGINAN – Konsep utama kedua dalam pemasaran adalah yang menyangkut keinginan manusia, yaitu kebutuhan yang dibentuk oleh budaya dan pribadi seseorang.
  • PERMINTAAN – Manusia memiliki kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas, tetapi sumber dayanya terbatas. Karena keterbatasan su, mereka memiliki kekuatan, mereka memilih produk yang menghasilkan kepuasan maksimal. Keinginan manusia akan menjadi tuntutan jika didukung oleh daya beli. Jadi permintaan adalah kebutuhan atau keinginan manusia yang didukung oleh daya beli.
  • PRODUK – Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dimiliki, digunakan, atau dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan. Pabrikan perlu tahu apa yang diinginkan konsumen kemudian menyediakan produk yang sedekat mungkin untuk memuaskan keinginan tersebut.
  • PERTUKARAN – Pemasaran terjadi ketika orang memutuskan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka melalui pertukaran. Pertukaran adalah kegiatan untuk mendapatkan barang / jasa yang diinginkan dari pihak lain dengan memberikan sesuatu sebagai gantinya.
  • TRANSAKSI – Transaksi mengandaikan adanya nilai yang dipertukarkan antara dua pihak. Transaksi melibatkan setidaknya dua barang atau jasa yang berharga, kondisi yang disepakati, waktu perjanjian dan tempat perjanjian.
  • PASAR – Konsep transaksi mengarah ke konsep pasar. Pasar adalah seperangkat pembeli nyata dan pembeli potensial suatu produk.
Baca Juga :  Pengertian Pasar Uang

Kotler dan Armstrong (2012: 10)

Konsep pemasaran (marketing concept) adalah konsep dengan fokus pada kebutuhan konsumen, filosofi ini lebih berfokus pada perasaan dan menanggapi apa yang dibutuhkan konsumen

Kotler dan Keller (2012: 18)

Sudut pandang konsep ini adalah dari luar ke dalam (outside-in perspektif), yaitu memahami apa yang dibutuhkan oleh konsumen dengan menyediakan produk yang tepat untuk kebutuhan konsumen daripada mencari konsumen yang tepat untuk produk Anda.

Swasta (1996)

Menyatakan bahwa ada tiga faktor penting yang digunakan sebagai dasar konsep pemasaran, yaitu:

1. Orientasi Konsumen

Intinya, jika perusahaan ingin menerapkan orientasi konsumen ini, yang dimaksud adalah:

  1. Menentukan kebutuhan dasar pembeli untuk dilayani dan dipenuhi.
  2. Pilih grup pembeli tertentu sebagai target dalam penjualan.
  3. Tentukan program produk dan pemasaran.
  4. Melakukan penelitian pada konsumen untuk mengukur, menilai, dan menafsirkan keinginan dan perilaku mereka.
  5. Tentukan dan terapkan strategi terbaik, apakah berfokus pada kualitas yang baik, harga rendah atau model yang menarik.

2. Koordinasi dan Integrasi dalam Perusahaan

Untuk memberikan kepuasan optimal kepada konsumen, semua elemen pemasaran yang ada harus diintegrasikan.

Hindari konflik antara perusahaan dan pasar. Salah satu cara untuk menyelesaikan koordinasi dan integrasi ini adalah dengan menggunakan satu orang yang memiliki tanggung jawab untuk semua kegiatan pemasaran, yaitu manajer pembesaran.

Jadi dapat disimpulkan bahwa setiap orang dan bagian dari perusahaan berpartisipasi dalam upaya terkoordinasi untuk memberikan kepuasan pelanggan sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

3. Mendapatkan Laba Melalui Pemuasan Konsumen

Salah satu tujuan perusahaan adalah mendapatkan untung atau untung. Dengan laba ini perusahaan dapat tumbuh dan berkembang dengan kemampuan yang lebih besar. Sebenarnya laba adalah tujuan umum perusahaan.

Baca Juga :  Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham

4. Strategi Pemasaran

Merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan salah satu cara untuk mencapai tujuan suatu perusahaan. Ini juga didukung oleh pendapat Swastha.

Strategi adalah serangkaian desain besar yang menggambarkan bagaimana perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya, sehingga dalam menjalankan bisnis kecil, perlu dikembangkan melalui strategi pemasarannya.

Karena dalam kondisi kritis itu sebenarnya bisnis kecil yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat.

Konsep Pemasaran Dalam Implementasi

konsep pemasaran

Dalam pemasaran ada 6 konsep yang menjadi dasar untuk menerapkan kegiatan pemasaran suatu organisasi (Kotler, 2005: 15), yaitu:

1. Konsep Produksi

Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia di mana-mana dan murah.

Konsep ini berorientasi pada produksi dengan memobilisasi semua upaya untuk mencapai efisiensi produk yang tinggi yang didistribusikan secara luas.

Di sini tugas manajemen adalah memproduksi sebanyak mungkin item, karena konsumen dianggap menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya belinya.

2. Konsep Produk

Konsep ini mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan kualitas, kinerja, dan karakteristik terbaik.

Tugas manajemen di sini adalah membuat produk berkualitas yang oleh konsumen dianggap sebagai produk berkualitas tinggi dengan penampilan terbaik.

3. Konsep Penjualan

Konsep ini disetujui oleh konsumen. Maka organisasi harus disetujui penjualan dan promosi yang agresif.

4. Konsep Pemasaran

Konsep ini mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari kebutuhan dan keinginan pasar yang diharapkan memuaskan dan efisien dibandingkan dengan pesaing.

5. Konsep Pemasaran Sosial

Konsep ini berpendapat bahwa tugas organisasi adalah untuk menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan target dan memberikan kepuasan

yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripada pesaing sambil menjaga atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.

Baca Juga :  Pengertian Merger

6. Konsep Pemasaran Global

Dalam konsep global ini, manajer eksekutif mempertimbangkan semua faktor lingkungan yang memengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang baik. Tujuannya akhirnya terlibat dalam perusahaan.

Baca Juga :

Demikian pembahasan tentang konsep pemasaran atau marketing concept menurut beberapa ahli. Semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Pemasaran (Marketing Concept) Menurut Para Ahli
5 (100%) 1 vote[s]