Pengertian Laba Rugi

Posted on

GuraAkuntansi.co.id Laba rugi merupakan bagian laporan yang penting dari sebuah perusahaan. Karna banyaknya pertanyaan, maka kali ini kita akan membahas tentang pengertian, fungsi, unsur-unsur dan juga contoh laporan laba rugi dalam akuntansi.

Pengertian Laporan Laba Rugi

Laporan Laba Rugi Akuntansi

Laporan laba rugi (income statement) adalah laporan keuangan yang melaporkan kinerja keuangan perusahaan dalam periode waktu tertentu. Laporan laba rugi meringkas jumlah biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan selama beroperasi serta keuntungan yang diperoleh perusahaan selama menjalankan usaha.

Laporan laba rugi merupakan bagian laporan yang penting dari sebuah perusahaan karena dari laporan ini terlihat pendapatan bersih perusahaan yang dapat dinilai bersama apakah perusahaan meraih keuntungan selama beroperasi atau justru merugi.

Fungsi Laporan Laba Rugi

Berikut adalah fungsi dari laporan laba rugi perusahaan :

  • Menyajikan informasi kepada pengguna informasi keuangan perusahaan mengenai keuntungan atau kerugian yang dihasilkan perusahaan saat beroperasi dalam periode waktu tertentu (periode sesuai dengan pelaporan)
  • Memperlihatkan tren perusahaan selama kelompok waktu tertentu dengan membandingkan income statement perusahaan dari tahun ke tahun dapat terlihat apakah perusahaan memiliki tren positif (perusahaan memperoleh keuntungan) atau tren negative (perusahaan mengalami kerugian) selama menjalankan usahanya
  • Membantu pengusaha menganalisis darimana keuntungan paling besar dihasilkan dan pengeluaran dari segi apa yang paling banyak memakan biaya sebab laporan laba rugi perusahaan berisi beberapa subtotal revenues maupun expenses perusahaan selama menjalankan usahanya.
  • Menjadi alat bantu untuk mengukur dan menganalisa perkembangan perusahaan.
  • Menjadi patokan bagi perusahaan untuk mengembangkan usahanya apabila ingin meningkatkan keuntungan yang didapat.
  • Menjadi alat bantu dalam menganalisa strategi perusahaan, apakah strategi yang selama ini telah diterapkan perusahaan sudah sesuai dan menghasilkan pendapatan sesuai yang diharapkan atau tidak sesuai dan perlu penggantian strategi demi terpenuhinya tujuan perusahaan.
  • Sebagai cerminan profil perusahaan bagi calon investor maupun kreditur yang akan melakukan transaksi bisnis dengan perusahaan.
  • Menjadi alat bantu untuk evaluasi kinerja perusahaan.
Baca Juga :  Akuntansi Pemerintahan

Unsur-Unsur dalam Laporan Laba Rugi

unsur dalam laporan laba rugi

Setidaknya ada 4 unsur yang ada dalam laporan laba rugi, berikut ini adalah ke empat elemen tersebut lengkap dengan penjelasannya :

  1. Pendapatan
    Pertama adalah unsur pendapatan, pendapatan atau revenues adalah arus kas masuk atau peningkatan aktiva lainnya dari perusahaan, atau ada penyelesaian liabilitas dalam periode tertentu. Hal ini terjadi karena adanya pengiriman barang atau produksi barang dan menyelesaikan jasa.
  2. Beban-beban
    Elemen beban-beban, merupakan sebuah catatan yang terjadi pada arus kelaur atau adanya penggunaan aktiva yang kemudia menimbulkan liabilitas selama periode tertentu. Misalnya karena adanya pengiriman atau produksi barang. (Pengertian dan Cara Mudah Menghitung Harga Pokok Penjualan)
  3. Keuntungan
    Provit atau keuntungan merupakan salah satu elemen yang ada pada laporan laba rugi. Elmem ini menunjukan pada adanya peningakatan ekuitas yang terjadi karena adanya transaksi pada perusahaan yang bersifar periferal atau seacara kebetulan dihasilan dari pendapatan atau investasi dari pemilik perusahaan.
  4. Kerugain
    Terakhir adalah elemen loss atau kerugian, meruapak elemen yang mengambarkan adanya penurunan ekuitas, hal ini terjiadi biasanya karena adanya transaksi perusahaan yang sifanya periferal atau secara kebetulan dihasilkan dari beban atau pendistribusian ke pemilik perusahaan. ([Lengkap] Contoh Jurnal Pembelian dan Jurnal Penjualan).

Pembagaian Laba Pada Laporan Laba Rugi

Pelaporan laba rugi pada perusahaan terbagi menjadi beberapa laporan. Pelaporan tersebut meliputi laporan laba kotor, laba oprasi, laba sebelum pajak, laba besih, dan laba dari oprasi belanja.

Berikut ini adalah penjelasan dari pembagian laba pada laporan laba rugi perusahaan.

  • Laba Kotor
    Laba kotor merupakan hasil dair pengukuran pendapatan langsung yang ditermia oleh perusahaan atas penjualan produknya selama satu periode berjalan. Hal ini dapat diartikan bahwa laba kotor merupakan hasil pendapatan dari penjualan bersih yang dikurangi harga pokok penjualan. Disisi lain laba kotor ini menununjukan atau mengindikasikan secara langsung kemampuan perusahaan dalam menutupi biaya produknya.
  • Laba Operasi
    Laba oprasi ini dihasilkan dari selisih antara penjualan dengan seluruh biaya beban oprasi. Fungsi lain dari laba operasi adalah untuk menggukur seberapa jauh tingkat kemampuan perusahaan dalam memperoleh pendapatan dari kegiatan bisnis utamanya.
  • Laba Sebelum Pajak
    Laba seblum pajak merupakan laba yang dihasilkan sebelum dikeluarkanya pajak penghasilan yang ditentukan menurut Standar Akuntansi Keuangan. Disis lain laba ini tidak berpengaruh terhadap jumlah pajak penghasilan, yang sebenarnya hal ini bagi para pemakai laporan keuangan tidak mempengarughi dalam hal pengambilan keputusan.
  • Laba Bersih
    Laba bersih merupakan gambaran dari profitabilitas dari sebuah perusahaan. Atau bisa dikatan bahwa laba bersih merupakan kelebihan dari penjualan bersih terhadap harga pokok penjualan yang sudah dipotong dengan beban oprasi dan juga pajak penghasilan. ( [Lengkap] Penyusutan Metode Garis Lurus, Angka Tahun, dan Contoh Soal Saldo Menurun).
    Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi dari laba bersih dari perusahaan itu sendiri adalah pedapatan, beban oprasi, beban pokokpejualan, dan juga tarif dari pajak penghasilan.
  • Laba dari Oprsasi Berjalan
    Laba dari oprasi berjalan ini adalah merupakan laba yang diperoleh dari bisnis perusahaan yang sedang berjalan setelah bunga dan pajak. Laba ini juga dikenal dengan istilah laba sebelum pos luar biasa dan operasi dalam penghentian.
Baca Juga :  Pengertian Buku Besar

Pada dasarnya penyusuna laporan laba rugi amat lah mudah, benarkah demikian..? Ia memang sangat mudah, karena kita hanya perlu mengutip atau mengabil saldo-saldo pada akun pendapatan dan beban dalam kolom laba rugi di nerca lajur”.

Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan

Bentuk laporan laba rugi terbagi menjadi dua yaitu :

  • Single step income statement
    Dalam laporan laba rugi ini laba bersih diperoleh dari pengurangan pendapatan total dengan biaya total perusahaan.
    Alasan mengapa perusahaan menggunakan pencatatan laporan laba rugi nya dengan single step ini ialah karena perusahaan tidak menyadari adanya keuntungan sampai total pendapatan melebihi total biaya, selain itu beberapa perusahaan lebih memilih metode pencatatan ini karena formatnya lebih mudah dibaca dan lebih sederhana.
    Single step income statement
  • Multiple step income statement
    Laporan laba rugi dalam bentuk multiple ini menunjukkan beberapa langkah dalam menentukan laba bersih. Ada dua langkah yang berhubungan dengan kegiatan operasi utama di mana antara aktivitas operasi dan non-operasi dibedakan.

Baca Juga :

Demikian pembahasan tentang pengertian, fungsi, unsur-unsur, & contoh laporan laba rugi akuntansi. semoga bermanfaat.

Pengertian Laba Rugi
5 (100%) 1 vote[s]